10+  Cara Menjadi YouTuber Cocok Untuk Pemula, Asal Konsisten Pasti Berhasil!
10+ Cara Menjadi YouTuber Cocok Untuk Pemula, Asal Konsisten Pasti Berhasil!
10+ Cara Menjadi YouTuber Cocok Untuk Pemula, Asal Konsisten Pasti Berhasil!

10+ Cara Menjadi YouTuber Cocok Untuk Pemula, Asal Konsisten Pasti Berhasil!

SITEKNONEWS.COM – “ Hey guys, welcome back to my channel” merupakan perkataan yang kerap kita dengar jika nonton YouTube.

YouTube merupakan alat sosial untuk memberi dan menciptakan bermacam film. Dikutip dari informasi We Are Social, pada tahun 2021, 94% masyarakat Indonesia yang memakai internet mengakses YouTube. Ini meyakinkan jika YouTube ialah alat yang amat digandrungi banyak orang.

Tidak bingung, sih, YouTube memanglah sediakan bermacam konten yang kita butuhkan. Mulai dari konten yang informatif, edukatif, sampai menghibur juga ada. Terus menjadi hari, content creator di YouTube ataupun yang bersahabat disapa YouTuber juga kian banyak.

Telah jadi rahasia biasa jika membuat konten di YouTube memanglah dapat menciptakan duit. Sebab itu, ada banyak orang yang mulai berlatih menjadi YouTuber. Apakah kalian salah satunya? Bila iya, ayo kita ikuti serempak cara menjadi YouTuber selanjutnya ini!

Cara menjadi YouTuber

Ingin coba jadi YouTuber? Ini dia 11 cara menjadi Youtuber yang dapat kalian coba, ikuti sampai habis, betul!

1. Cara menjadi Youtuber = Seleksi niche ataupun ceruk konten

Cara jadi YouTuber yang awal merupakan, memilah niche konten. Niche merupakan jelukan ataupun konten yang khusus dan fokus. Ada banyak amat sangat jenis konten yang dapat terbuat oleh seseorang YouTuber. Kalian dapat memilah niche cocok apa yang kalian gemari ataupun kuasai. Seleksi juga niche yang topiknya dapat jadi beraneka ragam ataupun tidak ada habisnya untuk diulas.

Misalnya, fashion( haul, try on, mix and match), musik, gaming, teknologi, pendidikan, beauty( skincare, makeup), kesehatan, DIY, gaya hidup, dan yang lain.

Ketahui channel YouTube GadgetIn tidak? Channel ini fokus ke niche teknologi lebih khusus ke review gadget terkini. Jika kalian buka channelnya, isinya tentang review HP, PC, laptop, dan gadget yang lain.

Memastikan niche konten, buat kalian jadi lebih fokus pada sesuatu poin ataupun aspek dan dapat menangkap audiens yang relevan. Tidak hanya itu, kalian jadi dapat fokus berlatih lebih dalam lagi dan membuat konten yang lebih bermutu lagi untuk para pemirsa.

2. Cara menjadi Youtuber = Atur tujuan yang mau dicapai

Menjadi YouTuber, pasti ada tujuan yang mau digapai. Ilustrasinya, ingin memiliki banyak subscriber, memiliki banyak viewers, dapat monetisasi konten, dan yang lain. Untuk menggapai tujuan itu, dapat diawali dengan menata sasaran yang realistis.

Misalnya, dalam durasi 1 tahun, subscriber channel YouTube kalian wajib menggapai 5000 orang. Ataupun film YouTube kalian menggapai 1000 viewers dalam 2 pekan, dan sasaran yang lain.

Dengan menata sasaran yang terukur ini, kalian dapat jadi lebih antusias untuk buat konten dan mempromosikannya, sebab ada‘ suatu’ yang mau digapai. Jika targetnya tidak tercapai juga dapat jadi materi penilaian. Bisa jadi ada yang kurang dari strategi promosinya, kontennya, penyampaian pesannya, ataupun pandangan yang lain.

3. Membuat pemograman ilham konten

Sehabis ketahui niche konten yang ingin digarap, berikutnya merupakan membuat pemograman ilham konten apa saja yang hendak terbuat.

Untuk menolong cara pemograman konten, kalian dapat melaksanakannya dengan:

  • Mengenali target audiens
  1. Siapa yang akan menonton video ini?
  2. Berapa umurnya?
  3. Apa jenis pekerjaan mereka?
  4. Kenapa mereka menonton video ini?
  5. Jam berapa biasanya mereka menontonnya?

Dan pertanyaan lainnya yang bisa membantu kamu menentukan persona audiens. Dengan tahu persona audiens, bisa mempermudah proses penentuan konten, cara menyampaikan, konsep, strategi promosi, dan lainnya.

  • Lihat kompetitor

Kamu bisa melihat kompetitor dengan niche serupa untuk mencari ide lalu terapkan prinsip ATM alias Amati, Tiru, dan Modifikasi. Meniru di sini maksudnya bukan plagiat, ya. Tapi membuat konten yang topiknya mungkin sama, tapi sudut pandang yang beda, dengan kualitas yang lebih baik, dengan konsep yang beda, dan modifikasi lainnya yang membuat konten tersebut menjadi sesuatu yang baru.

  • Riset kata kunci

Mencari ide juga bisa dilakukan dengan riset kata kunci atau melihat topik yang lagi banyak dicari. Kamu bisa pakai beberapa tools buat riset kata kunci seperti Google Trend, Ubersuggest, Semrush, dan lainnya.

4. Cara menjadi Youtuber = Membuat channel YouTube

Tahap berikutnya untuk menjadi YouTuber merupakan membuat channel YouTube. Cara membuat akun dan channel YouTube tidak sulit, kenapa. Cara lengkapnya telah sempat diulas tadinya, kalian dapat amati di mari.

Kalian dapat memakai julukan channel yang istimewa seperti Nihongo Mantappu, ataupun julukan individu juga bisa. Janganlah kurang ingat untuk memenuhi seluruh section yang butuh diisi di YouTube. Semacam, gambar profil, lukisan banner, cerita, kabar kontak, dan yang lain.

5. Mempersiapkan alat- alat untuk membuat konten

Untuk buat film YouTube, kalian tentu butuh sebagian perlengkapan. Tidak wajib langsung mendanakan di alat- alat yang mahal ataupun handal amat sangat di dini. Kalian dapat mulai dengan menggunakan perlengkapan yang ada misalnya, kamera HP, memakai ring light untuk pencerahan, dan microphone.

Tidak hanya itu, janganlah kurang ingat untuk menata tempat syutingnya. Yakinkan tempatnya apik supaya pemirsa tidak salah fokus, lumayan sinar, dan tidak bising supaya tidak sangat banyak noise di videonya.

Janganlah kurang ingat untuk menginstal dan menekuni aplikasi edit film, semacam Adobe Premiere, Sony Vegas, dan yang lain.

6. Cara menjadi Youtuber = Untuk agenda upload film ke YouTube

Agenda upload konten ke YouTube dapat menolong kalian jadi lebih tidak berubah- ubah dan tertib dalam memproduksi konten. Ada timeline nyata untuk mulai penciptaan, editing, dan unggah film. Tidak hanya itu, audiens juga jadi ketahui bila mereka hendak memperoleh konten informatif, menghibur, ataupun edukatif terkini dari saluran YouTube kalian.

Jika kalian terkini mulai dan seluruhnya sedang dicoba sendiri, tidak harus mendesakkan untuk unggah film tiap hari. Itu dapat amat meletihkan, sebab mulai dari mencari ilham, buat naskah, take film, editing, sampai advertensi seluruhnya digarap sendiri.

Kalian dapat coba agenda mingguan, misalnya tiap pekan unggah 1 ataupun 2 film ke YouTube. Supaya lebih tertib, kalian dapat membuat jadwalnya dengan cara buku petunjuk, ataupun memakai tools semacam Trello ataupun Notion.

7. Cara menjadi Youtuber = Penciptaan konten&editing

Cara penciptaan ini dapat dipecah menjadi 3 langkah ialah pra penciptaan, penciptaan, dan post penciptaan.

  • Tahap pra produksi yang terdiri dari: menentukan ide, membuat skrip, outline video, mempersiapkan alat-alat untuk take video seperti kamera (kamera HP atau kamera profesional), lighting, mengatur tempat, microphone, dan lainnya.
  • Tahap produksi: proses syuting atau pengambilan video. Pastikan sesuai dengan outline yang dibuat, improvisasi boleh, asal semua informasi yang harus disampaikan tidak terlewat.
  • Tahap post produksi: mengedit video dan quality control. Memastikan konten video sudah bagus untuk dibagikan mulai dari audio, background musicfootage, filter, dan lainnya.
Trending:   Cara Membuat Daftar Pustaka di Word

8. Mengiklankan video YouTube

Menjadi YouTuber, berarti kalian juga wajib menjadi marketer dari kontenmu. Advertensi konten dapat dicoba melalui media sosial yang kalian memiliki semacam Instagram, Tiktok, tim WhatsApp, dan sahabat terdekat.

Mengiklankan konten memanglah tidak mudah, memerlukan kestabilan dan lalu berlatih supaya banyak orang ketahui jika film YouTube yang kalian untuk ok amat sangat untuk ditonton.

9. Bangun engagement dengan audiens

Tidak beda jauh serupa alat sosial yang lain, engagement dengan audiens di YouTube juga butuh dilindungi. Sebagian triknya semacam tidak berubah- ubah upload film, berhubungan melalui kolom pendapat, pikirkan untuk membuat film yang banyak direquest audiens, live streaming, premiere, dan yang lain.

10. Optimasi dengan SEO YouTube

SEO YouTube merupakan cara optimasi film dan channel YouTube untuk tingkatkan peringkatnya. Dengan SEO, audiens dapat dengan gampang menciptakan film ataupun channel YouTube kalian di mesin pencarian YouTube, Google, dan mesin pencarian yang lain.

Dikutip dari brightedge. com, selanjutnya sebagian panduan optimasi SEO YouTube:

  • Optimalkan meta deskripsi dan deskripsi video
  • Tambahkan CTA untuk mempromosikan video YouTube kamu yang lainnya
  • Riset keyword untuk menentukan ide konten yang sedang banyak dicari audiens
  • Masukkan kata kunci di beberapa bagian seperti: judul, thumbnail, deskripsi, transkip, link, CTA, dan tag.

11. Analisa dan evaluasi

Sehabis seluruh jenjang telah kalian lewatkan dan film awal sukses diunggah, coba jalani observasi dari film awal itu.

Cermati gimana banyak orang merespons film kalian, lihat pendapat, ada feedback untuk diperbaiki ataupun tidak. Amati apakah sasaran views, like, dan kenaikan jumlah subscriber telah berhasil ataupun belum. Sehabis itu, coba lihat kurang lebih apa yang wajib diperbaiki dan ditingkatkan. Bisa jadi dari bagian editingnya, penyampaian kontennya, ataupun promosinya.

Tahap awal pasti tidak sering sempurna, sebab itu butuh terdapatnya cara berlatih dan penilaian. Jika ada satu ataupun 2 pendapat kejam yang menjatuhkan, tidak apa- apa, janganlah sampai mematahkan antusias kalian. Peruntukan itu selaku dorongan untuk membuat konten yang terus menjadi bagus lagi kedepannya. Antusias, betul!

Itu ia 11 cara menjadi YouTuber untuk pemula yang dapat kalian coba. Mudah- mudahan menolong dan berguna, betul! Untuk berlatih lebih dalam lagi menjadi seseorang Content Creator handal, kalian dapat amat sangat kepoin kelas- kelas yang ada di Keterampilan Academy. Kalian dapat berlatih cara membuat konten film, storytelling, podcast, dan sedang banyak lagi. Ayo, berlatih jadi Content Creator era saat ini bersama Keterampilan Academy!