5 Jenis Investasi Bagi Pemula
5 Jenis Investasi Bagi Pemula

5 Jenis Investasi Bagi Pemula

SITEKNONEWS – Bagi pemula yang  ingin melakukan investasi tentu harus tahu jenis investasi apa yang cocok bagi pemula dan memiliki resiko paling rendah, untuk itu simak artikel 5 Jenis Investasi Bagi Pemula berikut ini.

5 Jenis Investasi Bagi Pemula

Apa itu investasi?

Investasi adalah bentuk penanaman modal atau aset dari individu atau perusahaan untuk jangka waktu tertentu guna mencapai mencapai nilai pengembalian yang tinggi di masa depan. Atau  dapat dikatakan secara singkat investasi adalah penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan dikemudian hari.

Secara finansial investasi ini dapat diartikan sebagai usaha seseorang untuk menyimpan uang dalam bentuk aset keuangan seperti saham atau obligasi dengan harapan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan di kemudian hari.

Dalam melakukan investasi ini tentu memerlukan sebuah modal, dimana modal ini dapat berupa uang atau sumber daya lain yang memiliki nilai tinggi.

Trending:   7 Aset Kripto yang Prospektif di Tahun 2022

Saat ini sudah banyak sekali jenis dari investasi, mulai dari investasi yang membuthkan modal kecil hingga investasi yang membutuhkan dana besar.

Namun bagi pemula yang ingin mesuk ke dunia investasi tentu harus memehami terlebih dahulu apa itu inestasi lalu bagaimana cara melakukannya, jenisnya apa saja, keuntungan dan resiko dari investasi dan masih banyak lagi yang perlu dipahami. Setelah memahami semua itu tentu baru bisa memilih sebuiah investasi yang sesuai dengan modal dan kemempuan yang dimiliki.

Untuk itu berikut ini adalah 5 Jenis Investasi Bagi Pemula yang memiliki tingkat resiko kecil.

5 Jenis Investasi Bagi Pemula

1. Tabungan

Tabungan juga merupakan salah satu investasi yang memiliki resiko yang kecil, namun jenis investasi ini tentu memiliki keuntungan yang tidak terlalu besar. Namun jika memiliki modal yang cukup besar tentu berbeda lagi, karena keuntungan atau bunga yang diberikan oleh pihak bank bergantung dari jumlah tabungan yang miliki oleh nasabah.

Trending:   Awas!! 172 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Yang Ditutup 2021

Dengan tabungan juga bisa digunakan untuk mencapai tujuan finansial yang besar asal rajin meyisihkan pendapatan dan memasukkan ke dalam tabungan. Ketika tabungan sudah besar maka dapat digunakan untuk membeli apa yang diinginkan atau juga bisa untuk modal melakukan ivestasi yang memiliki profit yang lebih besar kedepannya.

2. Deposito

Deposito meupakan salah satu produk yang dimiliki oleh setiap Bank. Deposito ini hampir mirip dengan tabungan perpedaan terdapat pada jangka waktu penempatan modal untuk mendapatkan keuntungan atau bunga yang lebih besar.

Ketika uang atau modal sudah di deposito dalam kurun waktu yang telah dis epakati maka uang atau modal tersebut tidak bisa diambil oleh pemilik. Jika terpaksa di ambil oleh pemilik uang maka akan dikenakan denda sesuai dengan perjanjian di awal deposito.

Dana yang di investasikan dengan sistem deposito di sebuah bank akan memberikan keuntungan yang cenderung konsisten sesuai dengan besaran keuntungan yang telah di sepakati pada awal melakukan deposito di setiap periode waktunya. Besaran keuntungan yang diberikan tentu berbeda-beda disetiap bank, untuk itu harus jeli dalam memilih bank untuk melakukan deposito.

Trending:   Investasi di OVO Cara Daftar dan Keuntungannya

3. Emas

Emas merupakan jenis investasi yang memiliki tingkat resiko yang cukup rendah, oleh sebab itu maka jenis investasi ini sangat cocok bagi pemula. Karena tingkat resiko yang rendah tentu hal ini akan berbanding lurus dengan keuntungan yang akan didapat oleh pelaku investasi ini.

Namun jenis investasi emas ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena semuaorang tahu jika harga emas di tiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Tentu ini bisa menjadi peluang yang cukup lumayan jika bandingkan dengan menyimpan uang dirumah.

Bagi yang memiliki modal yang kecil tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur investasi emas dengan modal yang cukup kecil. Sehingga ketika uang yang diinvestasikan sudha mencukupi 1 gram emas bisa di konversikan menjadi emas melalui pihak yang menyediakan layanan tersebut, misalnya Penggadaian.

Trending:   Pengertian dan Jenis Obligasi Konversi

4. Surat Berharga Negara (SBN)

Investasi Surat Berharga Negara adalah surat berharga yang diterbitkan dan dijamin oleh pemeritah. Jenis investasi SBN ini merupakn jenis investasi obligasi, yaitu surat utang jangka menengah atau jangka panjang. SBN ini berbeda dengan obligasi lainnya, karena dalam SBN ini pemodal akan menginvestasikan modalnya untuk mendanai program prioritas pemerintah guna memajukan pemerintah.

Secara umum Surat Berharga Negara (SBN) ini dikelola  secara konvesional dan syariah. Jadi pemodal bisa memilih jenis SBN yang dikelola secara konvesional dan juga bisa memilih SBN yang di kelola secara syariah.

Jenis Surat Nerharga Negara (SBN) yang dikelola secara konvensional antara lain adalah Savings Bond Ritel (SBR) dan juga Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI) yang bisa diperjual belikan dipasar sekunder untuk mendapatkan keuntungan tambahan berupa Capital gain.

Sedangkan yang ingin memilih Surat Nerharga Negara (SBN) yang dikelola dengan sistem syariah dapat memilih dua tipe yaitu Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Ritel Indonesia (SR).

Trending:   Video Goyangan Gisel Terbaru, Cuma 19 Detik

5. Reksa Dana

Investasi Reksa dana merupakan jenisn investasi yang cocok bagi pemula. Karena konsep pada reksa dana adalah menager investasi (MI) akan mengumpulkan dana dari para investor, dan akan menginvestasikan dana tersebut ke berbagai intrumens investasi yang sesuai reksa danannya.

Secara tidak langsung investasi jenis reksa dana ini pemodal akan berinvestasi ke saham, obligasi dan juga pasar uang sekaligus.

Jenis Investasi reksa dana ini terdapat empat jenis reksa dana yang bisa digunakan sesuai tujuan finansial pemodal, yaitu:

  1. Reksa dana pasar uang
  2. Reksa dana pendapatan tetap
  3. Reksa dana Campuran
  4. Reksa dana Saham

Tugas pemilik modal adalah memilih manager investasi yang memiliki track record kinerja yang baik, sehingga uang telah di investasikan benar-benar memebrikan keuntungan sesuai dengan harapan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang 5 Jenis Investasi Bagi Pemula. Dan hal yang perlu diperhatikan adalah apapun pilihan investasi harus mengelola dan memilih investasi dengan bijak, disamping itu lakukan monitoring secara berkala untuk mengevaluasi kinerja dari investasi yang telah dilakukan.

Trending:   Panduan Buka Rekening Saham Online : Mandiri Sekuritas sampai BNI Sekuritas

Terimaksih, semoga bermanfaat !