Apa Itu DNS Server? Inilah Jawabannya
Apa Itu DNS Server Inilah Jawabannya
Apa Itu DNS Server Inilah Jawabannya

Apa Itu DNS Server? Inilah Jawabannya

Domain Name System (DNS) adalah direktori nama domain, program yang menerjemahkan nama domain, seperti facebook.com atau twitter.com, menjadi IP yang diperlukan oleh pengguna untuk mengakses sumber daya online tersebut.

DNS Server bisa jadi rumit, karena tidak ada informasi dalam satu basis data, tetapi ia ada di direktori di seluruh dunia dengan banyak DNS Server.

Mengapa DNS Server Penting?

DNS Server dapat berubah lebih cepat, terutama di area yang tidak memiliki jangkauan web terbaik (Afrika, Amerika Selatan, Oseania.) Waktu kueri untuk Oseania, sementara Yandex memiliki sisa 350,24 md. Diperlukan waktu hingga setengah detik bagi browser Anda untuk membuka situs baru.

Ini adalah contoh yang bagus, jujur ​​saja. Pengguna Eropa atau AS mungkin melihat kurang dari 30 md peralihan antara layanan DNS dan ini mungkin karena perangkat lunak atau router mencari alamat yang dapat digunakan kembali, jika ada maka penundaan ini akan dimulai. Namun, DNS Server yang lambat dapat menunda penjelajahan untuk acara tertentu dan mencoba opsi lain, meskipun semua opsi gratis, adalah ide bagus.

Bagaimana cara menemukan layanan DNS Server tercepat?

Kecepatan DNS bergantung pada banyak faktor, seperti lokasi Anda, jarak dari server web Anda, dan apakah server memiliki daya dan bandwidth yang cukup untuk menangani kueri yang Anda terima.

DNS Jumper adalah alat freeware yang menguji layanan DNS umum untuk menemukan pekerjaan terbaik untuk Anda.

Program ini memiliki banyak pilihan, tetapi tidak sulit untuk digunakan. Untuk membukanya, klik Faster DNS> Start DNS Report dan dalam beberapa detik Anda akan melihat daftar layanan DNS yang diatur oleh kecepatan.

Namun, jumper DNS dapat digunakan secara efektif untuk memeriksa kinerja server dari lokasi Anda, tetapi tidak akan berusaha memberikan jawaban pasti untuk waktu yang lama.

Apa Itu DNS Server? Inilah Jawabannya
Apa Itu DNS Server

DNSPerf menguji layanan DNS yang berbeda setiap menit dari lebih dari 200 lokasi di seluruh dunia dan memberikan hasil gratis di situs web mereka. Ini memberi Anda gambaran umum tentang praktik terbaik dan juga memberi Anda gambaran tentang bagaimana layanan dibandingkan di berbagai negara, serta waktu pengiriman.

Bagaimana cara mengubah DNS Server saya?

Prosedur untuk mengubah layanan DNS berbeda-beda tergantung pada perangkat keras dan persyaratan sistem operasi.

Biasanya, Anda harus mulai dengan mengidentifikasi nama depan dan nama tengah untuk layanan DNS yang ingin Anda gunakan. Alamat IP mudah dilihat di jaringan server, jadi Cloudflare DNS misalnya menggunakan 1.1.1.1 dan 1.0.0.1.

Cara termudah bagi pengguna rumahan untuk memperbarui router adalah dengan menggunakan alamat baru. Sebagian besar aplikasi akan menggunakan pengaturan DNS baru, tanpa kebutuhan tambahan.

Untuk melakukan ini, Anda perlu masuk ke router (kata sandi default dapat dicetak pada sumbernya) dan memeriksa nama DNS primer dan sekunder. Buat struktur nilai saat ini jika ada masalah, lalu ganti dengan server nama yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda mengalami masalah, hubungi penyedia layanan DNS Anda untuk instruksi pengaturan. Perhatikan bahwa Anda dapat menggunakan rekomendasi penyedia DNS lain jika Anda mempertimbangkan untuk mengubah server nama IP ke opsi pilihan Anda. OpenDNS, misalnya, memiliki panduan khusus untuk berbagai jenis perangkat seluler pada sistem pendukungnya.

Jika router Anda tidak berfungsi dengan baik, Anda perlu mengubah pengaturan DNS untuk setiap perangkat. Cloudflare adalah panduan singkat dan mudah di sini, meskipun jaringan OpenDNS lebih mendalam.

Bagaimana cara menemukan DNS Server saya saat ini?

Jika Anda mengalami masalah koneksi jaringan atau mungkin berpikir Anda perlu mengubah DNS Server, yang terbaik adalah melihat DNS Server yang Anda gunakan saat ini.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengunjungi DNSLeakTest.com dan klik tombol Konfigurasi Pilih. Dalam beberapa detik, sistem biasanya akan menampilkan alamat IP DNS Server, nama host, dan terkadang (jika ada) nama ISP Anda.

Setelah itu hidup menjadi sulit karena ada beberapa pilihan yang masuk akal. Perangkat Anda dapat dikonfigurasi untuk menggunakan DNS Server tertentu; atau tanyakan jalur Anda untuk memberi Anda DNS Server terbaik untuk server; atau mereka mungkin tidak tahu apa-apa tentang DNS Server dan router lainnya akan diperbaiki sepenuhnya.

Di Windows, Anda dapat mulai dengan mengetik IPCONFIG / ALL di jendela baris perintah. Hubungi administrator jaringan Anda dan periksa DNS Server yang disebutkan dalam daftar.

Apa Itu DNS Server? Inilah Jawabannya

Jika ada alamat IP DNS yang menunjuk ke router, 192.168.x.x, ini menunjukkan apakah router menangani semua permintaan DNS. Masukkan IP di browser, masuk ke router jika perlu dan DNS Server Anda akan terdaftar di pengaturan.

Trending:   Link Pendaftaran CPNS Kabupaten Kubu Raya 2021 | Formasi Jadwal dan Soal SKD

Bagaimana cara memeriksa layanan DNS Server?

Jika browser Anda memberi tahu Anda bahwa “alamat IP server tidak dapat ditemukan”, meskipun menurut Anda alamat itu dapat ditemukan dan diperoleh, itu karena mungkin ada masalah dengan DNS Anda. Tetapi Anda tidak ingin mengalami masalah saat mengubah layanan DNS untuk melihatnya.

Pengguna Windows dapat menggunakan baris perintah nslookup.exe untuk melihat hasil DNS Server individu tanpa mengkhawatirkan pengaturan sistem.

Jalankan cmd.exe untuk membuka jendela baris perintah, lalu ketik:

nslookup website.com

Kemudian klik Enter (ganti site.com dengan lokasi situs yang ingin Anda unduh).

Nslookup menggunakan layanan DNS standar untuk melihat alamat IP situs a.com. Jika Anda mengatakan “site.com tidak dapat ditemukan”, DNS Server Anda tidak memiliki dokumen untuk server itu.

Kemudian beri tahu operator untuk menggunakan layanan DNS yang berbeda saat memasukkan perintah seperti:

nslookup website.com 8.8.8.8

Alamat 8.8.8.8 menggunakan Google DNS – ganti dengan layanan DNS pilihan, seperti 1.1.1.1 untuk Cloudflare.

Jika nslookup mengembalikan kesalahan menggunakan beberapa server, ini tidak sama dengan masalah DNS. Jika server mengembalikan IP atau lainnya, Anda dapat mencoba mengonfigurasi sistem untuk menggunakan DNS yang Anda gunakan dan lihat apakah ada perbedaan.