Apa Itu Kurva Lorenz
Apa Itu Kurva Lorenz

Apa Itu Kurva Lorenz?

SITEKNONEWSKurva Lorenz adalah presentasi grafis dari ketimpangan pada sebuah sistem. Khususnya kurva lorenz ini digunakan untuk pengukuran koefisien gini, yakni salah satu indikator target pembangunan dalam rancangan ABPN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara)

Pemerataan pembangunan masih menjadi sebuah isu utama dalam pelaksanaan penyelanggaraan negara. Di Indonesia atau di negara internasional memiliki pekerjaan rumah yang berat, yakni memastikan bahwa hasil dari kegiatan perekonomian dapat dinikmati secara merata oleh seluruh warna negaranya.

Meski demikian ketimpangan ekonomi merupakan hal yang sangat mutlak terjadi mengingat tidak semua orang memiliki akses sumber daya yang sama. Mengendalikan ketimpangan ini mmerupakan tugas rumah yang harus dilekukan secara bersama-sama dengan cermat berdasarkan data yang valid.

Trending:   Download Game Lost Life Mod APK Fitur Unlimited Money 2022

Inilah alasan utama mengapa kurva lorenz sering dihubungkan dengan koefisien gini yang merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam pembangunan.  Selain itu juga sebagai tolak ukur fundamental suatu negara yang perlu diketahui.

Kurva lorenz adalah gambaran besaran ketimpangan

Kurva lorenz dikembangkan oleh seorang ahli ekonom yang berkebangsaan Amerika Serikat bernama Max Lorenz pada tahun 1905. Max Lorenx mengembangkan grafik yang mempresentasikan jumlah populasi berbanding dengan total pendapatan komulatif.

Dengan demikian dapat dikatakana ffbahwan kurva lorenz adalah kurva pengeluaran kkomulatif yang dapat membandingkan distribusi dari seuatu variabel tertentu misalnya pendapatan dengan distribusi seragam. dalam hal tersebut variabel adalah komulatif penduduk.

Dalam Kurva Lorenz disertai dengan garis diagonal lurus  dengan kemiringan 1. Dimana Kemiringan ini mewakili kesetaraan distribusi pendapatan atau nilai kekayaan yang dimiliki. Selanjutnya dibagian bawah ada kurva lorens yang menunjukkan distribusi yang bisa di amati.

Trending:   Centang Biru di PES 2021 Mobile - Blue Pots PES 2021

Area yang bersada di antara garis lurus dengan garis lengkung inilah yang dinamakan koefisien gini. Pada koefisien gini inilah bagian yang menunjukkan ketimpangan ekonomi yang terjadi pada objek pengamatan.

Ketimpangan dalam kurva lorenz

Pada dasarnya kurva lorenz ini dapat digunaan untuk mengukur ketimpangan apapun bentuknya. Menghitungnya dapat dimulai dengan mengukur secara empiris nilai kekayaan atau total pendapatan , serta bagaimana distribusi dari nilai kekayaan tersebut pada sekelompok masyarakat.

Data yang telah didapat kemudian disajikan dalam bentuk grafis yang bisa digunakan langsung sebagai kurva lorenz. Meurut ahli ekonom data yang disajikan dengan kurva lorenz, dapat memberikan informasi yang lebih terperinci mengenai distribusi kekayaan dari sebuah sekelompok masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan pada kurva lorenz secara visual menampilkan distribusi pada tiap persentil. Kurva lorens ini dapat menunjukkan secara tepat di persentil pendapatan mana variasi terhadap garis kesetaraan terjadi, dan besaran ketimpangan yang terjadi.

Trending:   Download Minecraft Mod Combo APK 2022

Koefisien gini

Meski dapat digunakan untuk mengukur ketimpangan dalam berbagai objek sistem apa saja, kurva lorens ini juga terkenal untuk melihat koefisien gini, yaitu indikator mekroekonomi yang mewakili ketidaksetaraan  ekonomi.

Pasa prinsipnya semakin  jauh kurva dari garis lurus diagonal maka dapat disimpulkan semakin tinggi tingkat ketimpangan ekonomi dari objek yang digunakan.

Ukuran ketidaksetaraan  yang disajikan atau yang dipresentasikan merupakan ketimpangan agregat yang angkanya berada dalam kisaran nol sampai satu.

Pada pengukuran koefisiesn gini data jumlah penduduk di sajikan oleh garis horizontal, sedangkan data total pendapatan yang dimiliki oleh masing-masing penduduk diwakili oleh garis vertikal.

Sementara garis diagonal lurus merupakan patokan pemerataan sempurna. Dimana semakin dekat koefisien gini dengan angka 0 maka kurva akan semakin dekat dengan garsi lurus diagonal.

Bias dalam kurva lorenz dan koefisien gini

Meski telah banyak digunakan secara luas dan telah menjadi slah satu indikator resmi dalam sebuah pembangunan, kurva lorenz masih saja menunjukkan bias dibandingkan dengan kondisi sebenarnya. Bias ini dapat terjadi karena berbagai sebab salah satunya adalah karena data yang digunakan tidak mewakili dengan situasi yang sebenarnya.

Trending:   Emoji Mix by Tikolu, Ini Link Download Emoji Mic by Tikoalu APK 2022 Terbaru

Kurva ini sangat sensitif terhadat input data, dimana data yang digunakan dapat saja dimanipulasi. Namun secara umum kurva in tetap memiliki manfaat untuk memberikan gambaran kasar ketimpangan yang terjadi disuatu sistem.

Demikianlah sedikit ulasan tentang kurva lorenz, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published.