Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance, Pahami Dulu Sebelum traveling!
Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance, Pahami Dulu Sebelum traveling!

Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance, Pahami Dulu Sebelum traveling!

SITEKNONEWS – Bagi para pelancong, atau yang hoby traveling ataupun yang sering bepergian kerluar kota maupun keluar negeri, pahami yuk Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance, apa saja benefit yang didapat, kelebihan dan kekurangnnnya, asuransi perjalan terbaik apa saja, dan apa saja perusahaan Asuransi Perjalanan di Indonesia, perlindungan apa yang diberikan, bagaimana cara klaim, dan hal-hal penting dalam Asuransi Perjalanan (Travel Insurance).

Daftar Isi

Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance, Pahami Dulu Sebelum traveling!
Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance, Pahami Dulu Sebelum traveling!

Apa Itu Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)?

Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) ialah sebuah tipe asuransi yang ditujukan untuk memberinya pelindungan sepanjang Anda melancong. Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) memanglah tidak masuk ke tipe asuransi yang harus dipunyai. Asuransi ini diprioritaskan untuk Anda yang sukai lakukan perjalanan baik keluar kota sampai keluar negeri dan perannya yang cuman membuat perlindungan saat akan lakukan perjalanan saja.

Tetapi belakangan ini produk Asuransi Perjalanan cukup terkenal dilapisan warga dan karakternya yang lebih fleksibel dibanding tipe asuransi lain membuat beberapa warga ikut juga mempunyai produk Asuransi Perjalanan. Khususnya yang hoby traveling dan yang kerjanya memang mengharuskan teratur lakukan perjalanan ke sejumlah tempat. Liburan merupakan aktivitas yang disukai tiap orang, ditambah lagi untuk mereka yang mempunyai agenda aktivitas yang padat setiap harinya. Untuk beberapa orang repot, waktu liburan sebaiknya dipakai secara terbatas dan berkualitas. Sebagian orang pilih rekreasi ke luar negeri untuk isi waktu liburan mereka.

Trending:   Mengenal Asuransi Syariah

Saat sebelum lakukan perjalanan berlibur, umumnya kita akan menyiapkan beberapa penyiapan penting seperti ijin cuti, reservasi ticket pesawat dan tempat pemondokan, check persiapan paspor dan visa, dan mendaftarkan Asuransi Perjalanan. Asuransi Perjalanan dipakai untuk kepentingan genting jika saat perjalanan keluar negeri itu, terjadi beberapa hal yang tidak diharapkan dalam diri Anda. Asuransi ini karakternya sangat penting untuk jadi perhatian saat sebelum lakukan perjalanan ke luar negeri agar perjalanan Anda nyaman dan tidak berasa khawatir.

Kenapa Harus Mempunyai Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)?

Sudah banyak negara yang mengharuskan ke beberapa turisnya untuk harus mempunyai Asuransi Perjalanan (Travel Insurance). Bila tidak memiliki, beberapa wisatawan tidak dibolehkan masuk.

Misalnya beberapa negara di Amerika Eropa serta Asia yang telah berlakukan ketentuan harus mempunyai Asuransi Perjalanan ini saat akan berkunjung negaranya . Maka bila ingin perjalanan Anda nyaman, lancar dan terlindung karena itu tercatat jadi permilik Asuransi Perjalanan pasti benar-benar dianjurkan. Layaknya seperti pengajuan utang online, Anda dapat ajukan produk Asuransi Perjalanan melalui program perhatikan atau langsung lewat web perhatikan.

Trending:   Inilah Pengertian Asuransi - Jenis Asuransi & Contohnya

Apa Saja Perusahaan Penyuplai Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Terbaik di Indonesia?

Berikut beberapa lis perusahaan asuransi yang sediakan Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance terbaik di Indonesia:

  1. ACA – Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)
  2. AXA – Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)
  3. Zurich – Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)
  4. AIG – Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)
  5. Chubb – Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)
  6. Simas Insurtech – Asuransi Perjalanan (Travel Insurance
  7. Travellin Adira – Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)
  8. MSIG – Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Itulah sederet Perusahaan asuransi yang menyediakan jasa Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) terbaik di Indonesia. Bisa di cek setiap perusahaan asuransi, perlindungan apa saja yang diberikan ketika menggunakan Asuransi Perjalanan, premi yang harus di bayarkan dan lain sebagainya.

Apa Itu Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Keluarga dan Apa Harga Lebih Murah?

Asuransi Perjalanan keluarga bila disaksikan dari tipe terhitung dari grup Travel Insurance. Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) tipe ini akan membuat perlindungan perjalanan Anda dan Keluarga bagus untuk perjalanan lokal atau internasional. Sama dengan Asuransi Perjalanan yang lain, Asuransi Perjalanan untuk keluarga ini memikul ongkos klinis bila terjadi kecelakaan saat lakukan perjalanan, ganti rugi saat perjalanan diurungkan di luar kuasa, uang alternatif untuk barang yang lenyap dan uang kematian.

Trending:   Pahami Perbedaan Bank Dan Asuransi

Keuntungan lainnya beli Asuransi Perjalanan sekalian untuk keluarga ialah harga tambah murah karena Anda perlu beli 1 polis asuransi tetapi dapat membuat perlindungan semua bagian keluarga yang bakal turut serta diperjalanan. Asuransi Perjalanan untuk keluarga bisa diperoleh oleh dua orang dewasa dengan umur lebih dari 18 tahun atau untuk sekeluarga sekalian yakni terdiri ayah, ibu dan anak (optimal anak yang dipunyai 3).

Apa Itu Visa Schengen dan Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Visa Schengen?

Visa schengen ialah visa yang di alokasi untuk beberapa negara di Eropa. Untuk Anda yang ingin lakukan perjalanan ke beberapa negara Eropa karena itu harus mempunyai visa schengen. Dengan mempunyai visa schengen Anda akan dipermudahkan untuk lakukan perjalanan ke sejumlah negera di Eropa sekalian.

Dengan mempunyai visa schegen Anda masih tetap dapat lakukan perjalanan ke beberapa negara Eropa walau paspor Anda masih kosong tanpa history lakukan perjalanan keluar negeri awalnya. Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) untuk visa schengen harus dipunyai untuk beberapa pemilik visa schengen. Asuransi Perjalanan visa schengen ini dapat membuat perlindungan Anda dari bermacam resiko perjalanan seperti ongkos klinis, kehilangan barang, ketertinggalan penerbangan sampai ke rumor intimidasi dan kejahatan di negara yang didatangi.

Trending:   Top 10 Perusahaan Asuransi Terbesar di Dunia

Berikut ialah persyaratan yang perlu disanggupi untuk dapat ajukan visa schengen:

Formulir Permintaan Visa Schengen

Formulir ini dapat didapat dari tiap loket kantor kedutaan yang negaranya jadi tujuan perjalanan. Juga bisa untuk langsung mendownload dari web sah kedutaan.

Pas Photo

Persyaratan ukuran pas-foto untuk visa schengen ialah 3,5 cm x 4,5 cm dengan background putih, memakai baju resmi, tidak menggunakan penutup kepala dan yakinkan telinga Anda kelihatan dipotret.

Paspor

Persiapkan paspor asli dan foto copy yang ada stempelnya dengan batasan waktu berlaku minimum sepanjang 90 hari (tiga bulan) sesudah legalitas visa yang disuruh dengan minimal 2 halaman visa kosong. Ini penting karena akan ditempeli stiker visa.

Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Mempunyai visa schengen harus mempunyai Asuransi Perjalanan. Sudah banyak Asuransi Perjalanan yang sediakan tipe Asuransi Perjalanan untuk visa schengen.

Bukti Keuangan

Masukkan bukti keuangan, di mana bukti ini berbentuk rekening koran dengan periode waktu sepanjang 3 bulan akhir. Anda bisa mencetaknya dan dilegalisir oleh faksi bank berkaitan. Saldo keuangan Anda harus sesuai syarat saldo minimun yang diputuskan oleh kantor kedutaan.

Trending:   Asuransi Mobil ACA | Cara Klaim Asuransi Aca

Bukti Booking Ticket Pesawat

Saat lakukan perjalanan tentu saja Anda membutuhkan ticket. Booking ticket pesawat ini sebagai salah satunya persyaratan untuk ajukan visa schengen berupa tambahan. Booking ticket pesawat ini harus sesuai agenda pulang-pergi.

Bukti Pemesanan Pemondokan

Ini dapat didapat dari data pemesanan pemondokan lewat online Anda. Selainnya bukti pemesanan pemondokan, jika saat di eropa akan bermalam atau tinggal sementara di dalam rumah saudara atau rekan, harus menyertakan bukti pemilikan atau kontrak rumah, surat info asli dari Wali Kota di tempat, surat pengakuan dari pengundang yang mana didalamnya berapakah lama akan tinggal di tempat tinggalnya dimulai dari tanggal berapakah akan bermalam s/d tanggal berapakah akan tinggalkan tempat, surat agunan kembali lagi ke Indonesia dan foto copy KTP dan bukti pembayaran pajak pengundang.

Surat Info Kerja

Persyaratan ini diperlukan untuk menunjukkan jika Anda terlilit pekerjaan di negara asal dan tidak mempunyai arah untuk kabur ke negara lain bagus untuk argumen mencari pekerjaan atau jadi imigran gelap. Bila Anda seorang pebisnis harus mengikutkan SIUP atau surat ijin karier sesuai sektor Anda.

Itinerary (Gagasan Perjalanan)

Ini untuk memperlihatkan kemana sajakah negara yang bakal Anda datangi, kota mana yang akan Anda datangi, dari tanggal berapakah sampai tanggal berapakah Anda akan lama di negara apa, dan sebagainya. Gagasan perjalanan harus dicatat sedetil kemungkinan

Trending:   11 Produk Asuransi Mobil Terbaik dan Paling dipercaya di Indonesia

Apa Saja Pengecualian Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)?

Turut program asuransi sekarang ini relatif mudah, ditambah dengan semakin jumlahnya broker asuransi lewat cara online, akan tetapi pengetahuan pada faedah asuransi yang sering belum demikian bagus. Jasa asuransi, sebaik apa saja sudah pasti mempunyai pengecualian klaim asuransi di suatu kondisi tertentu.

Misalkan saja, bila Anda alami kecelakaan yang mewajibkan Anda untuk dirawat di dalam rumah sakit di tempat, Anda kemungkinan berasa tenang karena Anda mempunyai Asuransi Perjalanan, tapi karena kondisi tertentu klaim asuransi tidak diterima oleh rumah sakit yang tangani Anda.

Janganlah lekas mempersalahkan perusahaan asuransi atau rumah sakit, sebab bisa saja pemicunya ialah kondisi saat Anda alami kecelakaan itu di luar lingkup polis asuransi. Banyak hal umum sebagai pengecualian Asuransi Perjalanan akan diulas berikut:

Bencana kecelakaan atau sakit yang dirasakan seorang yang masuk ke dampak alkohol dan beberapa obat.

Mabok dan konsumsi beberapa obat terlarang memang terhitung dalam kelompok suatu hal yang ilegal di sejumlah Negara. Ditambah lagi bila Anda mabok sekalian memakai kendaraan atau lakukan hal yang beresiko bila dilaksanakan pada kondisi tidak sadar. Bila terjadi hal yang tidak diharapkan seperti kecelakaan jalan raya saat Anda berkendara pada kondisi mabok, umumnya rumah sakit tidak terima klaim asuransi Anda. Pasalnya hal ini dipandang seperti kekeliruan individu, jadi berpikiranlah kembali bila Anda ingin minum-minum sampai mabok.

Trending:   Cara Klaim Asuransi Kebakaran

Lakukan kecelakaan yang tersengaja

Tersengaja di sini tujuannya ialah bila Anda menyengaja membuat diri Anda nahas untuk mendapat uang Asuransi Perjalanan. Walau hal ini jarang ada, tapi seharusnya masih tetap jadi perhatian Anda dan jangan sekalipun cobanya.

Keadaan force majeure tidak membuat klaim asuransi Anda cair

Force majeure ialah keadaan di luar kekuatan Anda misalkan Anda terjerat pada suatu huru-hara atau kekacauan yang terjadi di Negara yang Anda kunjungi. Ada satu pengajuan yang dapat diambil, misalkan Anda sedang liburan ke Thailand dan terjerat dalam kekacauan kaus merah. Jika Anda cedera dalam kejadian itu, Anda tidak memperoleh klaim asuransi walau Anda ada pada kondisi itu secara tidak menyengaja. Karena itu, sedapat mungkin hindari liburan ke wilayah perselisihan dan tidak boleh turut serta di semua wujud kekacauan yang terjadi pada sebuah Negara.

Kondisi Sakit Sebelum keberangkatan

Jika Anda sakit saat sebelum perjalanan dan Anda ngotot dengan meremehkan anjuran dokter, karena itu asuransi Anda pun tidak bisa cair. Argumennya terang, meremehkan saran dokter.

Trending:   Inilah Kelebihan dan Keuntungan Asuransi Mobil All Risk atau TLO

Setelah itu hamil dan keguguran

Walau Anda alami keguguran di Negara arah, Anda masih tetap tidak mendapatkan klaim asuransi karena dari sejak awalnya lakukan perjalanan jauh saat hamil sudah sebagai resiko besar. Dalami dahulu persyaratan dalam Asuransi Perjalanan supaya Anda masih tetap terlindung sepanjang perjalanan ke luar negeri.

Olah Raga Ekstrim Profesional

Bila Anda turut serta dalam olahraga professional, misalkan balap mobil, seharusnya Anda cari asuransi tertentu bila Anda ingin terlindung saat ikuti olahraga profesional saat di luar negeri. Turut serta dalam moment olahraga dan dibayarkan saat sedang jalan-jalan ialah pengecualian untuk Asuransi Perjalanan.

Bagaimana Langkah Ajukan Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)?

Dibanding asuransi yang lain, mendaftarkan Asuransi Perjalanan lebih cepat dan mudah. Sekarang ini sudah banyak beberapa perusahaan asuransi yang sediakan service mendaftarkan Asuransi Perjalanan lewat internet. Maka, Anda tak perlu repot kembali berkunjung kantor asuransi bahkan mencari agent asuransi. Jalannya lumayan gampang semacam ini:

  • Datangi web perusahaan asuransi yang Anda tentukan
  • Isi data diri selengkapnya
  • Tentukan tujuan perjalanan (lokal atau internasional)
  • Tentukan arah dari perjalanan (rekreasi atau bisnis)
  • Tentukan lama waktunya perjalanan (sekali perjalanan atau perjalanan rutin)
  • Lalu tinggal pilih tipe asuransi yang mana sesuai keperluan dan bujet
  • Tentukan sistem pembayaran yang diharapkan (lewat transfer atau lewat kartu kredit)
Trending:   7 Keuntungan Memiliki Asuransi Dari Sekarang

Apa Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Dapat Dibeli Saat Saya Ada di Luar Negeri?

Asuransi Perjalanan tidak dapat diperoleh saat Anda sudah ada di luar negeri. Karena saat sebelum lakukan perjalanan, Anda harus lebih dulu tercatat sebagai pemakai Asuransi Perjalanan.

Panduan Pilih Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Pengetahuan mengenai Asuransi Perjalanan wajib dibutuhkan, saat sebelum Anda pilih produk Asuransi Perjalanan, minimal ada tiga hal yang penting jadi perhatian dan wajib ada sebelum anda pilih,  seperti rincian berikut:

Memahami Besarnya Pelindungan yang Diberi oleh Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Sebagai nasabah Asuransi Perjalanan, Anda harus mempelajari dengan detail hal apa yang dijamin. Sering terjadi keadaan bertumpang-tindih alias dobel perlindungan dari beberapa asuransi yang Anda punyai, sedang tertanggungnya sama. Janganlah sampai beli premi asuransi yang serupa dengan premi yang telah dipunyai.

Kami mengambil contoh, Anda cukup beli Asuransi Perjalanan yang memikul kehilangan barang karena telah mempunyai asuransi jiwa awalnya dibanding beli 2 produk dengan perlindungan yang serupa.

Trending:   Asuransi Terbaik di Indonesia Dan Produknya

Ketahui Waktu Pelindungan Asuransi Perjalanan (Travel Insurance) Anda

Baiknya Anda harus pilih Asuransi Perjalanan sesuai lama waktu lakukan perjalanan ingat Asuransi Perjalanan umumnya cuman akan memikul resiko saat lakukan perjalanan. Janganlah sampai Anda rugi kelebihan bayar premi karena telah pulang perjalanan tetapi premi yang Anda bayarkan rupanya untuk periode asuransi melewati periode perjalanan.

Luas Pelindungan

Rekreasi dengan resiko tinggi umumnya tidak dapat dilindungi Asuransi Perjalanan. Misalkan saja olahraga berlebihan, rekreasi alam liar, atau ke lokasi yang dipandang beresiko seperti ke wilayah perselisihan. Untuk kegiatan berlebihan umumnya perusahaan asuransi akan memutuskan premi tambahan di luar premi Asuransi Perjalanan secara umum.

Keadaan Kesehatan Tertanggung

Ketahui jika tiap tertanggung punyai kisah sakit dan secara umum perusahaan asuransi tidak memikul keadaan kesehatan yang sudah ada awalnya. Seharusnya Anda jujur, walaupun sepintas terlihat memberikan keuntungan sembunyikan keadaan kesehatan yang telah dirasakan awalnya, saat terjadi klaim, bisa jadi Anda ditampik.

Perusahaan asuransi umumnya akan minta perincian kisah kesehatan yang malah menyebabkan klaim ditampik, bila kedapatan Anda bohong. Untuk menghindar ini karena itu benar-benar disarankan untuk mengutarakan semua perincian kesehatan pada tahapan awalnya dengan sebetulnya hingga kasus klaim ditampik tidak Anda alami.

referensi : cermati.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *