ATA Chapter - Pengertian dan Daftar Sistem Penomoran
ATA Chapter - Pengertian dan Daftar Sistem Penomoran

ATA Chapter – Pengertian dan Daftar Sistem Penomoran

SITEKNONEWS.COM – ATA Chapter, Pesawat terbang ialah sarana transportasi udara paling banyak digunakan untuk keperluan komersial. Keahlian mengangkat banyak orang dan barang dengan jarak tempuh yang jauh, membuat transportasi ini lalu bertumbuh dengan sangat cepat.

Pesawat sendiri dilahirkan dengan banyak sekali komponen. Banyaknya bagian penyusun pesawat membuat pengklasifikasian komponen itu jadi sangat rumit. Untuk menyederhanakan hal terebut, digunakanlah sebagian kombinasi angka dan huruf. Kode itu dibuat dan disetujui dalam ATA( Air Transportation Association).

Apa Itu ATA?

Air Transport Association merupakan organisasi perdagangan yang beranggotakan maskapai penerbangan dari seluruh dunia. ATA dibuat untuk membantu maskapai- maskapai penerbangan dari seluruh dunia supaya bisa bersaing secara sah dan terciptanya harga yang murah.

Trending:   Bagian yang menunjukkan situasi awal cerita disebut ...

Apa Itu ATA Chapter?

ATA Chapter Ialah sistem penomoran yang dibuat oleh ATA( Air Transportation Association). ATA Chapter digunakan sebagai standar penomoran referensi untuk dokumentasi pesawat terbang. Sistem ini dibuat supaya pilot maupun teknisi sanggup mengidentifikasi dengan cepat meski pesawat dengan pabrikan negara manapun.

Tidak cuma teknisi dan pilot saja, tetapi supaya para pelajar, administrator, dan sedang banyak lagi yang lain bisa mempelajari dan menginventaris peralatan apa saja yang terdapat dalam pesawat terbang. Hendak namun, sistem penomoran ATA ini telah lumayan tertinggal era. Persisnya mulai tahun 2015, sistem ini telah tidak digunakan lagi.

Daftar ATA Chapter

Semacam yang telah kita tahu, kalau industri penerbangan termasuk sektor yang heavy regulation( banyak peraturannya), tidak hanya sektor kesehatan dan migas. Hal itu diakibatkan, bila pesawat mengalami kecelakaan di atas langit, hingga nyaris seluruh orang bisa meninggal.

Trending:   Berikut adalah contoh kalimat imperatif, kecuali ….  

Oleh sebab itu, risiko kecil dengan ditemukan baut dalam suatu pesawat, hingga penerbangan hendak ditunda dan seluruh baut dalam pesawat hendak dihitung bersama ditentukan apakah baut itu berawal dari pesawat ataupun tidak.

Untuk memudahkan inspeksi itu, butuh dicoba yang namanya dokumentasi. Dengan terdapatnya kode dokumentasi, hingga anomali sekecil apapun bisa dideteksi dengan gampang sebab informasinya komplit.

Daftar ATA Chapter
Daftar ATA Chapter

1. Daftar Umum

Semacam judulnya, ATA Chapter pada daftar ini bermuatan keadaan yang sedang bertabiat umum. Sebagian hal semacam SOP dalam penerbangan, ceruk informasi, pemeliharaan, posisi parkir, aircrew, dan sedang banyak hal yang lain hendak diidentifikasi memakai kode ini.

ATA Chapter ini diawali dari ATA 00 hingga ATA 18. Bila bagian ini diiringi dengan betul, hingga jasa yang hendak diperoleh oleh penumpang dipastikan hendak melegakan. Tidak cuma itu, kebijaksanaan pemeliharaan pesawat pula hendak aman dan gampang diidentifikasi apakah telah cocok dengan SOP ataupun tidak.

Trending:   Apa penyebab langkanya hewan dan tumbuhan? 

Apalagi, ketentuan mengenai apa yang bisa dicoba dan tidak bisa dicoba oleh pilot pula diidentifikasi pada ATA Chapter di daftar umum ini. Alami saja, sebab memanglah jangkauan babnya yang sedang sangat besar.

TA NUMBER ATA CHAPTER NAME
ATA 00 GENERAL
ATA 01 MAINTENANCE POLICY
ATA 02 OPERATIONS
ATA 03 SUPPORT
ATA 04 AIRWORTHINESS LIMITATIONS
ATA 05 TIME LIMITS/MAINTENANCE CHECKS
ATA 06 DIMENSIONS AND AREAS
ATA 07 LIFTING AND SHORING
ATA 08 LEVELING AND WEIGHING
ATA 09 TOWING AND TAXIING
ATA 10 PARKING, MOORING, STORAGE AND RETURN TO SERVICE
ATA 11 PLACARDS AND MARKINGS
ATA 12 SERVICING
ATA 15 AIR CREW INFORMATION
ATA 16 CHANGE OF ROLE
ATA 18 VIBRATION AND NOISE ANALYSIS (HELICOPTER ONLY)

2. Aircraft System

Pada daftar ini, permasalahan yang dicermati berbentuk tubuh pewasat babat dan sistem pendukungnya. Hendak namun, daftar ini tidak bermuatan mengenai struktur pesawat atau pangkal tenaga. Karena, keadaan itu hendak diulas pada ayat berikutnya.

Trending:   Kelompok besaran berikut yang merupakan besaran pokok adalah .... 

Khusus aircraft system, bagian yang dicermati dengan memanfaatkan chapter ini, semacam materi bakar apa yang digunakan ataupun apakah lampu pesawat menyala. Tidak hanya itu, sistem AC pula termasuk ke dalam dokumentasi yang wajib dicoba pengecekan secara teratur.

Semacam apakah sistem informasi dalam pesawat terbang, baik dikala di bumi maupun telah terbang ke udara senantiasa saja didokumentasikan dengan sangat apik.

ATA 20 STANDARD PRACTICES- AIRFRAME
ATA 21 AIR CONDITIONING
ATA 22 AUTO FLIGHT
ATA 23 COMMUNICATION
ATA 24 ELECTRICAL POWER
ATA 25 EQUIPMENT /FURNISHINGS
ATA 26 FIRE PROTECTION
ATA 27 FLIGHT CONTROLS
ATA 28 FUEL
ATA 29 HYDRAULIC POWER
ATA 30 ICE AND RAIN PROTECTION
ATA 31 INDICATING / RECORDING SYSTEM
ATA 32 LANDING GEAR
ATA 33 LIGHTS
ATA 34 NAVIGATION
ATA 35 OXYGEN
ATA 36 PNEUMATIC
ATA 37 VACUUM
ATA 38 WATER / WASTE
ATA 39 ELECTRICAL – ELECTRONIC PANELS AND MULTIPURPOSE COMPONENTS
ATA 40 MULTISYSTEM
ATA 41 WATER BALLAST
ATA 42 INTEGRATED MODULAR AVIONICS
ATA 44 CABIN SYSTEMS
ATA 45 ONBOARD MAINTENANCE SYSTEMS (OMS)
ATA 46 INFORMATION SYSTEMS
ATA 47 INERT GAS SYSTEM
ATA 48 IN FLIGHT FUEL DISPENSING
ATA 49 (AIRBORNE) AUXILIARY POWER UNIT
Trending:   Frekuensi pernapasan akan meningkat pada kondisi  ...

3. Struktur

Bagian ini bermuatan dokumentasi mengenai struktur berarti dalam pesawat terbang. Struktur itu bisa berbentuk bagan pesawat, barang, pintu, dan bermacam bagian berarti yang lain. Struktur ini hendak diperiksa tiap harinya saat sebelum pesawat pergi bebas alas.

TA NUMBER ATA CHAPTER NAME
ATA 50 CARGO AND ACCESSORY COMPARTMENTS
ATA 51 STANDARD PRACTICES AND STRUCTURES – GENERAL
ATA 52 DOORS
ATA 53 FUSELAGE
ATA 54 NACELLES/PYLONS
ATA 55 STABILIZERS
ATA 56 WINDOWS
ATA 57 WINGS

Dokumentasi pada chapter ini nyatanya hendak sangat membantu teknisi yang lagi melaksanakan pengecekan. Mereka bisa memeriksa tiap bagian semacam jendela pesawat, baut, dan lain serupanya tanpa terlampaui satupun. Profesi mereka hendak jadi terus menjadi cepat dan sedikit kekeliruan pula.

4. Propeller atau Rotor

Bagian baling- baling digunakan untuk tingkatkan kecekatan angin. Angin itu setelah itu dimanipulasi sedemikian muka, alhasil bisa mengangkut pesawat terbang. Oleh sebab itu, kondisi baling- baling dan rotor yang mendukungnya wajib senantiasa prima.

Trending:   Siapa nama ibu dari Nabi Ishaq ‘alaihissalam?
ATA 60 STANDARD PRACTICES – PROP./ROTOR
ATA 61 PROPELLERS/ PROPULSORS
ATA 62 MAIN ROTOR(S)
ATA 63 MAIN ROTOR DRIVE(S)
ATA 64 TAIL ROTOR
ATA 65 TAIL ROTOR DRIVE
ATA 66 FOLDING BLADES/PYLON
ATA 67 ROTORS FLIGHT CONTROL

5. Power Plant

Suatu pesawat terbang terkini bisa berfungsi dengan baik bila tenaga yang memasok mesinnya ada dengan baik. Oleh sebab itu, minyak pelumas mesin, perapian, sistem pembakaran, dan sebagian yang lain wajib ditentukan bertugas dengan baik.

Profit saja, pengecekan itu hendak tertolong dengan dokumentasi memakai kode daro chapter ini. Tujuannya, supaya hal ini tidak terlewatkan sedikitpun.

TA NUMBER ATA CHAPTER NAME
ATA 71 POWER PLANT
ATA 72 ENGINE
ATA 72T ENGINE – TURBINE/TURBOPROP, DUCTED FAN/UNDUCTED FAN
ATA 72R ENGINE – RECIPROCATING
ATA 73 ENGINE – FUEL AND CONTROL
ATA 74 IGNITION
ATA 75 BLEED AIR
ATA 76 ENGINE CONTROLS
ATA 77 ENGINE INDICATING
ATA 78 EXHAUST
ATA 79 OIL
ATA 80 STARTING
ATA 81 TURBINES (RECIPROCATING ENGINES)
ATA 82 WATER INJECTION
ATA 83 ACCESSORY GEARBOX (ENGINE DRIVEN)
ATA 84 PROPULSION AUGMENTATION
ATA 85 FUEL CELL SYSTEMS
Trending:   Danau Kelimutu Di Flores Termasuk Jenis Danau

6. Miscellaneous

Pada bagian ini, terdapat chapter yang membuktikan dokumentasi mengenai simulasi penerbangan. Simulasi ini kerap dicoba oleh pilot untuk memperbaharui pengetahuannya. Tidak cuma pilot, pesawat yang terkini dibuat pula wajib melampaui serangkaian proses simulasi.

ATA NUMBER ATA CHAPTER NAME
ATA 91 CHARTS
ATA 97 WIRING REPORTING
ATA 115 FLIGHT SIMULATOR SYSTEMS
ATA 116 FLIGHT SIMULATOR CUEING SYSTEM

Dalam industri penerbangan, terdapat banyak hal yang butuh dicermati. Banyaknya peraturan dimaksudkan untuk menjamin keselamatan dari penumpangnya. Supaya penumpang merasa aman, hingga butuh dicoba pengecekan dengan bantuan dokumentasi yang sudah dibuat lebih dahulu. Dokumentasi itu memakai ATA Chapter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.