Bandingkan tipe berkas pengangkut kolateral terbuka dan kolateral tertutup. Tuliskan juga contoh tumbuhannya masing-masing. 

Bandingkan tipe berkas pengangkut kolateral terbuka dan kolateral tertutup. Tuliskan juga contoh tumbuhannya masing-masing. 

Bandingkan tipe berkas pengangkut kolateral terbuka dan kolateral tertutup. Tuliskan juga contoh tumbuhannya masing-masing.undefined

Pembahasan

Tipe kolateral merupakan berkas pengangkut di mana xilem dan floem terletak berdampingan. Floem berada pada bagian luar dari xilem. Jenis-jenis tipe kolateral yaitu kolateral terbuka, kolateral tertutup, dan bikolateral.

Perbedaan antara tipe kolateral terbuka dan kolateral tertutup yaitu :

  1. Kolateral terbuka, jika di antara xilem dan floem terdapat kambium. Tipe ini dijumpai pada tumbuhan Dicotyledoneae (mangga, jarak, tomat, cabai, dan lain-lain) dan Gymnospermae (pinus, melinjo, cemara, dan lain-lain).
  2. Kolateral tertutup, jika di antara xilem dan floem tidak dijumpai kambium. Tipe terdapat pada Monocotyledoneae (padi, jagung, kelapa, tebu, dan lain-lain).undefined

Untuk memperdalam pemahaman kamu, kami menyarankan untuk membaca soal lainnya yaitu “Rumus kimia kalium oksida, difosfor pentaoksida besi(II) sulfida, aluminium sulfat berturut-turut adalah …. ” lengkap dengan jawaban dan pembahasannya.

Trending:   Bentuk molekul NH3 adalah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.