Bika Ambon Berasal Dari Daerah Medan, Sumatra Utara
Bika Ambon Berasal Dari Daerah Medan, Sumatra Utara

Bika Ambon Berasal Dari Daerah Medan, Sumatra Utara

SITEKNONEWS.COM – Bika Ambon Berasal Dari Daerah asal bika ambon merupakan kuliner khas Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon sendiri merupakan sebuah kue berwarna kuning yang berbentuk pipih di mana dataran kue memiliki pori- pori yang cukup besar dan bagian bawahnya sedikit keras karena terkena panas dari bawah dataran loyang.

Bika ambon disajikan dengan potongan persegi serta memiliki citarasa yang legit dan kenyal di lidah bahkan memiliki aroma pandan yang kokoh. Dikala mengikuti nama kue bika ambon bisa jadi banyak yang bimbang mengapa nama kue dan asal kue ini amat berlainan. Walaupun kue ini bernama bika ambon tetapi kue ini bukan berawal dari Ambon karena bika ambon merupakan kuliner khas Medan, Sumatera Utara.

Bikang Ambon Berasal Dari Daerah
Bikang Ambon Berasal Dari Daerah

Asal usul Nama Bika Ambon

Nama bika sendiri diperoleh dari nama kue khas Melayu ialah bika atau bingka kemudian ditambahkan bahan pengembang dari Nira atau tuak Enau alhasil kue yang diperoleh menjadi berlainan dan kue bika atau bingka. Karena kemajuan era, kue bika ambon bukan cuma berwarna kuning saja tetapi pula ada warna yang lain cocok dengan rasanya bagus itu rasa pandan, cokelat, keju, sampai rasa durian.

Kawan di medan yang sangat banyak ditemui pedagang bika ambon ialah di jalur majapahit bahkan menjadi pusat pemasaran bika ambon di medan semenjak tahun 1980- an. Bika ambon bahkan dihidangkan dengan es krim pada tahun 1970- an.

Jadi walaupun terdapat tutur ambon, kue bika ambon bukan berawal dari Ambon yang merupakan ibukota Provinsi Maluku. Memanglah awal mulanya nama kue bika ambon kerap diperdebatkan tetapi bersamaan berjalannya waktu bika ambon menjadi kue khas medan yang amat terkenal bahkan menjadi bawaan kuliner yang harus dicicipi dikala ke medan.

Asal Mula Bika Ambon

Ada banyak narasi yang tersebar mengenai asal mula bika ambon ini. Narasi awal terdapat yang berkata kalau nama Bika ambon dipanggil begitu karena kue ini awal kali dijual di simpang Jalan. Ambon Sei Nanai Medan dan mulai terkenal. Tetapi terdapat pula yang berkata kalau nama bika ambon berawal dari seseorang masyarakat Ambon yang berkelana ke Malaysia dengan membawa kue bika. Karena rasanya yang lezat, beliau balik ke medan tanpa balik ke ambon lagi alhasil bika ambon kesimpulannya mulai amat populer di Medan.

Trending:   Link Pendaftaran CPNS Kota Batam 2021 | Formasi Jadwal dan Soal SKD

Sedang ada narasi lain ialah di mana tadinya ada sebuah daerah bernama Amplas yang dibagi menjadi 2 area ialah area timur dan barat bengawan. Bagian timur bengawan diucap dengan“ kebon” karena memiliki perumahan buruh atau asrama dan cacao serta ladang tembakau sebaliknya pada bagian barat bengawan diucap dengan“ pabrik” karena memiliki pabrik pengerjaan latex.

Terdapat pula yang menggambarkan kalau bika ambon dipublikasikan oleh seseorang buruh transmigran dari Jawa yang awal kali membuat kue bika ambon kemudian memasarkannya di Medan. Pada waktu itu tempat pemasarannya di Kesawan, Sepur Api, Perniagaan, dan sekelilingnya dan jarak dari Amplas ke Medan membutuhkan waktu tempuh dekat 1- 2 jam.

Banyak orang Belanda nyatanya menggemari bika ambon yang kemudian membuat warga generasi Tionghoa memperoleh ilham buat membuat dan menjual kue bika ambon ini. kesimpulannya bika ambon amat membuat banyak yang mulai berbisnis bika ambon. Nama bika ambon sendiri berawal dari Bika Amplas- Kebon yang kemudian menjadi Bika Ambon.

Walaupun sedemikian itu, sampai dikala ini sedang belum terdapat yang dapat membenarkan asal usul kue Bika Ambon. Bika ambon tidak hanya selaku bawaan khas Medan pula kerapkali menjadi kue Idulfitri buat para pengunjung karena bika ambon memanglah memiliki rasa khas yang nikmat dan legit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.