Cara Klaim Asuransi Kebakaran
Cara Klaim Asuransi Kebakaran

Cara Klaim Asuransi Kebakaran

SITEKNONEWS – Bagaimana cara klaim asuransi kebakaran? Ini penting diketahui oleh semua pengguna Asuransi Rumah. Memang, Asuransi untuk property khususnya untuk asuransi rumah sangatlah penting. Untuk jaga keamanan dan kenyaman bagian keluarga Anda yang tinggal di sana. Ditambah lagi asuransi kebakaran dapat jaga asset bernilai Anda, bukan hanya propertinya saja. Bila memang setiap saat terjadi beberapa hal yang betul-betul tidak Anda harapkan, asuransi kebakaran benar-benar berguna selainnya jaga rumah Anda, asset maupun harta benda yang dapat terlindung karena ada asuransi itu.

Adapun proses klaim asuransi kekabaran itu sesuai penandatanganan kontrak pada awal, bila memang yang tidak tertanggung turut terserang bencana, perusahaan asuransi tidak menukar rugi pada suatu hal yang tidak tertanggung sesuai kesepakatan pada awal.

Untuk melakukan klaim asuransi kebakaran, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika mengalami kerugian kepada rumah atau tertanggung mengalami kebakaran. Berikut step by step proses Klaim Asuransi Kebakaran:

Trending:   7 Keuntungan Memiliki Asuransi Dari Sekarang

Melapor pada penanggung

Langkah pertama adalah tertanggung harus selekasnya memberitahu pada pihak penanggung mengenai peristiwa bencana yang dirasakan dan seterusnya memberikan info tercatat mengenai hal ihwal yang dijumpai berkenaan peristiwa rugi.

Dalam melaporkan objek tertanggung kepada penanggung (Perusahaan Asuransi) perlu melengkapi berkas pendukung pengajuan klaim asuransi kebakaran diantaranya :

Surat Pernyataan

Anda harus selekasnya memberikan laporan peristiwa ke penanggung (Perusahaan asuransi). Laporan pendahuluan ini dapat dikatakan secara lisan atau surat, email, faximile dan sebagainya.

Laporan rugi

Setelah anda melaporkan kejadian peristiwa yang menimpa tertanggu, seterusnya Anda harus isi laporan tercatat yang berisi hal yang Anda kenali berkenaan rugi/kerusakan yang disebabkan oleh kejadian itu dan form tersesbut dipersiapkan oleh perusahaan asuransi yang berisi data sebagai berikut:

Trending:   Asuransi Mobil ACA | Cara Klaim Asuransi Aca
  1. Tempat, tanggal dan waktu berlangsungnya kebakaran/kerusakan
  2. Pemicu kebakaran/kerusakan
  3. Besarnya rugi menurut taksiran tertanggung yang diperlengkapi dengan segala hal yang terbakar, hancur, lenyap, hancur, dan tertolong
  4. Info yang lain yang menurut tertanggung perlu dikatakan pada pihak asuransi
Cara Klaim Asuransi Kebakaran
Cara Klaim Asuransi Kebakaran

Dokumen Pendukung Klaim Asuransi Kebakaran

Pelapor atau tertanggung harus dapat memberikan dokumen pendukung proses klaim asuransi kebakaran kepada penanggung / Perusahaan Asuransi. Dokumen pendukung ini seperti buku catatan, foto objek tertanggung dan kerugian yang dialami, laporan dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) dan sebagainya.

Riset polis Asuransi Kebakaran

Sesudah terima pernyataan ada rugi, penanggung akan lakukan riset berkenaan keaslian (legalitas) polis, yakni:

  1. Apa penanggung mempunyai kebutuhan atas objek yang alami kebakaran/kerusakan
  2. Apa kebakaran/kerusakan terjadi dalam periode waktu pertanggungan
  3. Apa premi sudah dibayar/dibayarkan
Trending:   11 Produk Asuransi Mobil Terbaik dan Paling¬†dipercaya di Indonesia

Riset Klaim Asuransi Kebakaran

Jika legalitas polis sudah terverifikasi, seterusnya penanggung akan lakukan pengecekan/riset di atas lapangan untuk ketahui:

  1. Pemicu berlangsungnya kebakaran/kerusakan
  2. Tempat berlangsungnya kebakaran/kerusakan
  3. Jumlah rugi yang dirasakan (taksiran)
  4. Jumlah harga tersisa dari bangunan/barang/mesin yang tidak terbakar/hancur (taksiran)
  5. Bila Anda kebenaran ada di tempat di saat berlangsungnya kejadian, karena itu Anda harus:
    • Selamatkan dan jaga harta benda yang dipertaruhkan dan atau kebutuhan yang dipertaruhkan, dan mengizinkan seseorang selamatkan dan jaga harta benda maupun asset bernilai Anda yang lain.
    • Memberikan kontribusi seutuhnya pada pihak asuransi atau wakilnya atau faksi yang lain ditunjuknya untuk lakukan riset atas rugi dan kerusakan yang terjadi.
    • Jaga keselamatan harta benda dan atau kebutuhan yang dipertaruhkan yang berharga.

Pemilihan Loss Adjuster

Penggunaan Loss Adjuster adalah ketika objek tertanggung memilki kerumitan dan dalam jumlah besar, maka penanggung akan menggunakan jasa Loss Adjuster, karena pasti memakan waktu yang lebih lama. Jika hasil survey kasus klaimnya simple, maka akan di tangani oleh penanggung sendiri. pemilihan loss Adjuster dilakukan oleh pihak pananggung (perusahaan Asuransi) dengan persetujuan tertanggung.

Proses Assesment baik dilakukan oleh pihak asuransi sendiri ataupun di limpahkan kepada Loss Adjuster, tertanggung harus tetap menyerahkan dokumen pendukung klaim asuransi kebakaran. Setelah hasil laporan assesment kalura, tertanggung harus mempelajari laporan tersebut.

Trending:   Asuransi Mobil Garda Oto All Risk | Contoh Perhitungan Premi Garda Oto All Risk

Proses Penyampaian

Proses dari pengatasan klaim baik oleh penanggung sendiri atau Loss Adjuster, akan dijumpai legalitas klaim. Dalam soal klaim dipandang benar, penanggung akan memberitahu ke tertanggung jumlah ganti kerugian yang dibayarkan atau sebagai tanggung-jawab penanggung. Tapi jika klaim dinyatain invalid, karena itu penanggung akan memberitahu ke tertanggung jika klaim ditampik dibarengi argumennya.

Bila jumlah ganti kerugian yang dibayar tidak disetujui oleh tertanggung, karena itu tertanggung memiliki hak menunjuk Loss Accessor untuk memandang ulangi rugi itu.

Proses Penyelesaian

Sesudah diraih persetujuan berkenaan jumlah ganti kerugian, faksi penanggung akan menyiapkan pembayaran klaim. Penanggung akan melakukan pembayaran ganti kerugian selambatnya sesuai tenggang saat yang sudah diputuskan.

Begitu keutamaan asuransi kebakaran untuk Anda yang mempunyai property, khususnya rumah. Anda bisa pelajari berkenaan argumen yang jadikan asuransi kebakaran itu wajib.

Trending:   Asuransi Terbaik di Indonesia Dan Produknya

Sumber: AturDuit.com

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
Asuransi Kebakaran Bank Bri - Tarif Premi Asuransi Kebakaran - Asuransi Kebakaran Online- Asuransi Kebakaran Merupakan Asuransi Yang Bertujuan Untuk Mengganti Kerugian Karena Kejadian - Asuransi Kebakaran Kpr Btn - Asuransi Kebakaran Kpr - Asuransi Kebakaran Jasindo - Asuransi Kebakaran Bumiputera - Asuransi Kebakaran Bri - Asuransi Kebakaran Bni - Asuransi Kebakaran Bca - Akuntansi Asuransi Kebakaran - Asuransi Kebakaran Axa Mandiri - Asuransi Kebakaran Askrindo - Asuransi Kebakaran Allianz - Asuransi Kebakaran Adalah - Asuransi Kebakaran Aca - Asuransi Kebakaran - Artikel Contoh Kasus Asuransi Kebakaran - Artikel Asuransi Kebakaran -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *