Cara Membeli Saham Secara Online, Ternyata Cuma Begini!
Cara Membeli Saham Secara Online, Ternyata Cuma Begini!

Cara Membeli Saham Secara Online, Ternyata Cuma Begini!

Cara Membeli Saham Secara OnlinePasar saham (stock market) bisa tampak seperti tempat yang menakutkan bagi seseorang yang baru berinvestasi. Tetapi membeli saham secara online sebenarnya cukup mudah setelah Anda memahami beberapa dasar tentang di mana membelinya dan bagaimana cara memperdagangkannya.

Mari kita lihat apa yang perlu Anda ketahui jika Anda baru memulai perdagangan saham dan membangun portofolio.

Membeli Saham Secara Online: Panduan Langkah-demi-Langkah

1. Buka akun pialang (brokerage account)

Jika ini adalah pertama kalinya Anda membeli saham secara online, Anda perlu membuka akun pialang dengan salah satu dari beberapa pialang seperti Fidelity, Schwab atau Webull. Proses pembukaan rekening cukup sederhana dan tidak memakan waktu lebih dari beberapa menit. Anda harus memberikan informasi dasar tentang diri Anda dan orang lain di akun.

2. Depost Dana pada Akun Anda

Langkah selanjutnya adalah menyetor dana ke akun Anda sehingga Anda memiliki uang untuk diinvestasikan. Ini dapat dilakukan dengan mengirimkan cek fisik melalui surat, tetapi jauh lebih mudah untuk mengatur transfer elektronik. Untuk mentransfer uang secara elektronik, Anda harus memberikan informasi tentang rekening dan lembaga keuangan tempat Anda ingin mentransfer uang. Uang Anda akan masuk ke akun Anda dalam beberapa hari.

3. Teliti saham yang Anda minati

Sebelum Anda membeli saham, Anda harus melakukan riset tentang perusahaan yang Anda pertimbangkan. Pastikan untuk membaca laporan tahunan perusahaan atau laporan 10-K yang diajukan ke Securities and Exchange Commission (SEC) dan laporan triwulanan terbaru untuk lebih memahami bisnis dan hasilnya.

Sebelum Anda melakukan pembelian, Anda harus dapat menjelaskan bagaimana perusahaan menghasilkan uang, bagaimana perbandingannya dengan pesaing, dan menurut Anda seperti apa bisnis itu dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Jangan lupa untuk melihat valuasinya, atau apa yang Anda bayarkan versus apa yang Anda dapatkan sebagai pemegang saham.

4. Order Saham Yang Ingin Anda Beli

Setelah Anda memilih saham untuk dibeli, Anda perlu melakukan order perdagangan. Anda mungkin akan memiliki beberapa opsi saat melakukan order. Berikut adalah dua jenis yang paling umum:

  • Market Order: Market order berarti perdagangan Anda akan segera dieksekusi pada harga terbaik yang tersedia. Jenis pesanan ini tidak menentukan parameter harga apa pun, sehingga harga yang Anda bayarkan mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari harga terakhir. Pesanan pasar paling cocok untuk perusahaan yang sangat likuid yang memperdagangkan sejumlah besar saham setiap hari, karena pesanan Anda tidak mungkin menggerakkan harga saham ke satu arah atau lainnya.

 

  • Batas pesanan (Limit Order): Jenis pesanan ini hanya mengisi perdagangan Anda pada atau di atas harga saham tertentu. Misalnya, jika Anda menempatkan pesanan batas beli pada $10,00, perdagangan tidak akan terjadi kecuali seseorang bersedia menjual pada atau di bawah $10,00. Ini memberi Anda lebih percaya diri pada harga yang Anda bayarkan saat memasuki perdagangan, tetapi Anda menanggung risiko bahwa harga tidak akan pernah mencapai batas Anda. Limit order bagus untuk saham yang tidak memperdagangkan banyak saham dan kapan pesanan Anda dapat mempengaruhi harga saham. Ini biasanya terjadi dengan saham berkapitalisasi kecil atau mikro. Limit order juga berguna untuk saham dengan spread bid-offer yang besar atau volatilitas yang tinggi.

Anda juga diberikan pilihan berapa lama order perdagangan harus valid dan apakah order harus ‘semua atau tidak sama sekali’, artinya jika Anda tidak dapat membeli semua saham yang diminta, order tidak akan dieksekusi. Pesanan berlaku sampai akhir hari perdagangan atau “tahan sampai dibatalkan”, yang berarti pesanan biasanya tetap terbuka selama 60-90 hari atau sampai dieksekusi.

Apakah Aman Membeli Saham Secara Online?

Ya, aman untuk membeli dan menjual saham secara online selama Anda menggunakan broker yang memiliki reputasi baik. Anda bahkan memiliki perlindungan jika pialang gagal berkat Securities Investor Protection Corporation (SIPC). Didirikan pada tahun 1970, SIPC melindungi klien pialang anggota SIPC hingga $500.000 di semua akun perusahaan, termasuk maksimum $250.000 untuk uang yang tidak diinvestasikan.

Di mana saya bisa membeli saham online secara gratis?

Saat ini, Anda dapat membeli saham tanpa komisi dari sebagian besar broker online. Charles Schwab, E-Trade dan Robinhood menawarkan perdagangan saham dan ETF bebas komisi. Robinhood bahkan menawarkan opsi bebas komisi dan perdagangan mata uang kripto.

Bisakah Membeli saham secara online tanpa broker?

Membuka akun dengan broker online adalah cara termudah untuk berinvestasi secara online. Beberapa perusahaan mengizinkan investor untuk membeli saham langsung dari mereka dan berpartisipasi dalam rencana reinvestasi dividen, tetapi broker online adalah pilihan yang baik bagi kebanyakan orang. Mereka menawarkan platform yang mudah digunakan dan perdagangan bebas komisi. Mendaftar untuk akun baru hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Apa yang diperlukan untuk membeli saham secara online?

Untungnya tidak terlalu banyak. Anda memerlukan akun broker dengan broker online yang dapat dibuka hanya dalam beberapa menit dengan beberapa informasi pribadi dasar, dan cara untuk mendanai akun Anda. Dana dapat disimpan dengan cek atau transfer kawat.

Trending:   Download dan Cara Menggunakan RTI Business Untuk Investor Saham

Saham mana yang harus diperdagangkan secara online dan mana yang tidak?

Selama Anda memahami bisnis perusahaan yang Anda beli, hampir tidak ada saham yang dikunci untuk perdagangan online. Saham dividen (Deviden Stock), saham teknologi, dan segala sesuatu di antaranya tersedia untuk perdagangan online. Anda bahkan dapat memperdagangkan opsi secara online, tetapi sebagian besar broker masih membebankan sedikit biaya untuk melakukannya. Pastikan Anda melakukan riset sebelum membuat langkah apa pun atau hanya berspekulasi. Namun, saham penny (Penny Stock), yang didefinisikan SEC sebagai saham yang dijual dengan harga kurang dari $5 per saham, harus diperlakukan dengan hati-hati karena mereka bisa sangat fluktuatif dan rentan terhadap manipulasi.

Berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membeli saham secara online?

Tidak terlalu. Sebagian besar broker online tidak memiliki persyaratan pembukaan akun minimum, dan perdagangan saham fraksional sekarang memungkinkan investor untuk membeli perusahaan favorit mereka hanya dengan $5. Karena saham dari banyak perusahaan terkemuka saat ini dijual seharga ratusan atau ribuan dolar, beberapa pialang menawarkan investor kesempatan untuk membeli sebagian saham hanya dengan beberapa dolar.

Kesimpulan

Membeli saham secara online adalah proses yang cukup sederhana setelah Anda memahami beberapa istilah dan proses utama. Tetapi hanya karena itu mudah bukan berarti itu mudah. Pastikan Anda meneliti setiap perusahaan dengan cermat sebelum membeli (atau menjual) sahamnya untuk lebih memahami risiko yang terlibat dalam berinvestasi di saham individu.