Cara Memulai Investasi Cryptocurrency
Cara Memulai Investasi Cryptocurrency
Cara Memulai Investasi Cryptocurrency

Cara Memulai Investasi Cryptocurrency

SITEKNONEWS – Tahukah Anda bagaimana cara memulai investasi cryptocurrency? Simaklah ulasan di artikel ini, agar Anda mengetahui mengenai investasi cryptocurrency.

Saat ini investasi konvensional atau jenis modern seperti cryptocurrency terus mengalami perkembangan yang pesat. Cryptocurrency makin populer dikalangan investor, salah satu yang paling populer adalah Bitcoin.

Yang terbaru nilai Bitcoin menunjukkan angka lebih dari 73% dalam waktu satu tahun. Hal ini sudah melebihi keuntungan konvensioanl di pasar saham.

Bitcoin merupakan satu diantara jenis lain dari cryptoccurency.

Berikut ini cara memulai investasi cryptocurrency:

1. Pastikan Bitcoin Exchange

Sebenarnya Bitcoin merupakan teknologi opensource, tapi ada nilai tukar yang berbeda dalam transaksi investasi cryptocurrency. Sehingga tidak ada perusahaan legal yang menjual aset crypto ini. Jadi pastikan terlebih dulu di mana akan membeli Bitcoin.

Bitcoint Exchange sebagai perantara aset investasi cryptocurrency, contohnya pialang saham. Jika Anda ingin membeli di bursa pastikan untuk memilih di bursa mana yang akan dibeli.

Pada awalnya aset kripto diciptakan oleh programer bernama Satoshi Nakamoto. Dengan maksud untuk menyelesaikan masalah pada kekurangan mata uang krypto besar.

Tujuan diciptakannya bitcoint adalah untuk menyelesaikan masalah pada kekurangan mata uang kripto besar.

Berikut ini dua pilihan bursa yang terpopuler:

  1. Coinbase, adalah pertukaran crypto yang memberikan jaminan kerugian jika terdeteksi pelanggaran keamanan atau kecurangan transfer.
  2. Bitfinex, adalah pertukaran crypto yang digunakan untuk mengoptimalkan pedagang dan pemberi pinjaman di tingkat selanjutnya.

2. Pilih Bitcoin Wallet

Ada Bitcoin Wallet yang dipakai untuk menyimpan koin krypto saat Anda membeli Bitcoin. Atau sering disebut sebagai dompet digital.

Berikut ini macam-macam dompet yang bisa diperoleh:

1. Hot wallet, dompet yang bisa dioperasikan oleh pemilik atau penyedia crypto. Kelebihan dari dompet ini memberikan kenyamanan karena koin krypto bisa diakses melalui internet atau aplikasi.

Miselium dan Electrum merupakan Hot wallet yang paling populer.

Kekurangan dari dompet ini adalah jika sistem yang ada diretas, maka ini menjadi risiko bagi pemilik koin.

2. Cold wallet, dompet yang paling aman untuk menyimpan koin cryptomu. Sebenarnya Cold wallet adalah yang berbentuk portabel sama dengan flash disk. Biasanya dengan harga 60 – 100 dollar.

Yang terpopuler yaitu Ledger Nano dan Trezor.

Apabila Anda ingin berinvestasi koin krypto dalam jumlah sedikit cukup gunakan hott wallet dan sebaliknya jika dalam jumlah yang cukup besar gunakan cold wallet.

3. Bitcoin Wallet Terhubungkan ke Rekening Bank

Jika sudah menentukan bitcoin wallet mana yang dipilih, maka selanjutnya harus terhubung antara wallet dengan rekening bank yang dimiliki. Ini akan bermanfaat saat akan melakukan transaksi jual atau beli bitcoin dalam investasi cryptocurrency. Selain itu juga bisa menghubungkan langung dengan akun pertukaran crypto.

4. Beli Bitcoin

Langkah selanjutnya berarti Anda sudah bisa melakukan transaksi beli Bitcoin. Harga Bitcoin bisa mencapai ratusan dolar, namun saat pertukaran crypto kemungkinan bisa membeli pecahan dari satu koin dengan biaya investasi mulai dari 25 dolar.

Ingat investasi Bitcoin memiliki risiko dan Anda harus berhati-hati untuk  menentukan tingkat toleransi risiko dan harus menggunakan strategi investasi sebelum memutuskan untuk membeli Bitcoin berapa pun.

5. Kelola Investasi Bitcoin

Setelah Bitcoin terbeli, crypto bisa digunakan untuk transaksi online atau disimpan dengan jangka waktu tertentu, dengan asumsi nilai jual cypto akan meningkat.

Atau bisa melakukan transaksi harian dalam investasi cryptocurrency maksudnya membeli kemudian menjual kembali koin crypto tersebut kepada sesama pemilik Bitcoin lainnya yang difasilitasi oleh bursa mata uang crypto.

Demikian ulasan mengenai langkah-langkah untuk memulai investasi cryptocurrency. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Trending:   Aplikasi Trading Crypto Terbaik dan Terpopuler 2021