Cara Menggunakan Google Meet di Laptop
Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

SITEKNONEWS.COM – Cara menggunakan Google Meet di Laptop merupakan salah satu cara untuk melakukan vidio telekonferensi untuk kegiatan meeting abik untuk tujuan kegiatan pekerjaan atau untuk kegiatan pembelajaran.

Pemakaian layanan vidio Google meet ini sangat berguna menggantikan kegiatan yang mengharuskan bertemu secara langsung atau bertatap muka dan digantikan secara virtual.

Salah satu aplikasi yang cukup populer digunakan untuk menggantikan pertemuan tatap muka adalah aplikasi Google meet.

Layanan yang di sediakan oleh Google ini mampu menampung sekitar 100 orang dalam satu sesi meeting virtual. Layanan ini disediakan gratis, sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya apapun ketika menggunakan layanan Google Meet.

Namun ada syarat yang harus dipenuhi sebelum menggunakan layanan ini yaitu harus memiliki akun google.

Daftar Isi

Cara Menggunakan Google Meet di Laptop

1. Masuk ke situs Google Meet

Untuk membuka laman ini maka masukan kata Google Meet di kolom pencarian Google. Maka akan muncul dari situs Google Meet.

2. Masuk akun atau buat akun

Setelah masuk ke laman situs Google Meet maka gunakan akun yang dimiliki untuk masuk ke situs tersebut. Atau bisa menggunakan semua akun yang terhubung ke Google.

3. Klik Join atau Start Meeting

Untuk mulai menggunakan Google Meeting di laptop maka klik Join atau klik Start Meeting pada menu di laman Google Meet. Dari situ akan di dapat Meeting ID atau Identitas untuk melakukan meeting secara langsung bisa juga mendapatkan Link meeting dan juga Passwordnya.

4. Tuliskan judul pada meeting

Berikan judul pada meeting yang akan dilakukan, misalnya tema pada meeting tersebut. Judul akan otomatis terlihat atau tampil di laman layar peserta meeting.

Trending:   Download Kamu Bahasa Sunda Baduy Yang diluncurkan Kantor Bahasa Sunda

5. Berikan akses untuk mikrofon dan kamera

Memberikan akses pada mikrofon dan juga kamera merupakan hal terpenting dalam meeting secara virtual menggunakan Google meet. Selanjutnya dapat dilakukan setting dan tes mikrofon serta kamera sebelum meeting dimulai apakah sudah sesuai yang dibutuhkan.

Cara Memulai Google Meet

1. Klik Join Now atau Present

Bagi yang menjadi host saat virtual meeting maka dapa memilih tombol present. Yang artinya bisa memulai virtual meeting dengan mengundang peserta lainnya dengan cara membagikan link dan password untuk melakukan join ke dalam meeting.

Sedangkan bagi anggota meeting dapat memilih tombol Join Now untuk bergabung dengan room virtual meeting yang telah dibuat, hanya dengan memasukan meeting ID dan Password. Ketika sudah bergabung maka dapat melakukan interaksi percakapan secara langsung.

2. Berikan Link untuk Join pada Peserta lain

Trending:   Cara Menebalkan, Miring atau Di Coret Tulisan Di WA

Jika menjadi host maka dapat membagikan link dan password kepada peserta meeting lainnya. Dengan link dan password tersebut maka anggota akan bergabung di room meeting.

Tips Menggunakan Google Meet

1. Pastikan koneksi internet lancar

Dengan koneksi internet yang lancar maka proses meeting juga akan berjalan dengan lancar. Dimana vidio tidak terjadi lag dan komukasi pun tetap berjalan dengan baik.

2. Carilah tempat yang tenang

Mencari tempat yang tenang ini bertujuan agar saat mendengarkan suara dari google meeting tidak terganggu kebisingan dari sekitar, sehingga dapat memahami materi yang disampaikan. Namun jika sulit mencari tempat yang tenang atau sepi sebaiknya menngunakan  headset.

Demikianlah cara menggunakan google meet dilaptop yang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil !

Leave a Reply

Your email address will not be published.