Cara menghitung harga emas dunia terbaru
Cara menghitung harga emas dunia terbaru

Cara menghitung harga emas dunia terbaru

SITEKNONEWS – Cara menghitung harga emas ini perlu diketahui apalagi jika ingin melakukan investasi emas, maka dari simak ulasan tentang Cara menghitung harga emas dunia terbaru dibawah ini.

Cara menghitung harga emas dunia terbaru

Sebagai calon investor didunia investasi emas tentu harus tau seperti apa cara menghitung emas dunia dan apa saja pengaruhnya ke harga emas di dalam negeri.

Emas merupakan sebuah produk komoditi yang dipasarkan secara internasional, Harga emas internasional ini  merupakan acuan harga emas di berbagai negara tak terkecuali Indonesia.

Untuk melihat harga emas di pasar internasional maka dapat melihat melalui website financial, atau juga bisa mengunjungi website yang fokus di emas yaitu Goldprice.org atau yang lainnya.

Trending:   Stockbit Aplikasi Saham Online Terbaik Bagi Semua Investor

Ketika mengujungi website maka akan terdapat dua jenis harga yang pertama adalah Gold Spot dan Gold, maka harga yang dijadikan acuan adalah yang terdapat pada Gold Spot.

Selanjutnya ada dua macam harga yaitu Bid Price dan Ask Price. Maksud dari kedua harga tersebut adalah Bid Price merupakan harga “kami beli” sedangkan Ask Price merupakan harga “kami jual”. Jadi jika menjadi pembeli hargayang dijadikan acuan adalah harga Ask Price, sedangkan jika menjadi penjual maka harga yang menjadi acuan adalah harga Bid Price.

Selain itu ada hal yang perlu diperhatikan yaitu simbol emas dunia  adalah XAU.

Cara melihat harga emas dunia

Cara yang melihat harga emas dunia adalah dengan cara mengunjungi website melalui website financial, atau juga bisa mengunjungi website yang fokus di emas.

Setelah mengunjungi website tentu akan mengetahui harga emas dunia. (ambil contoh harganya adalah: $1,284). Harga emas tersebut merupakan harga emas per troy ounce, jika di konversikan dalam bentuk gram adalah 31,1 gram. Selain itu perlu diingat jika harga emas dunia selalu dalam bentuk satuan US Dollar.

Trending:   7 Aset Kripto yang Prospektif di Tahun 2022

Cara mengkonversi harga emas ke rupiah

Setelah mengetahui harga emas dunia maka tahap berikutnya adalah mengkoversikan harga tersebut ke dalam harga rupiah.

Hal pertama yang harus diketahui untuk menghitung atau mengkonversi harga emas dari US Dollar ke Rupiah adalah harga tukar rupiah ke USD. Misal di ambil contoh nilai tukar rupiah ke USD adalah Rp. 14.183/USD.

Jadi perhitungannya adalah:

Harga Emas di Konversikan dulu kedalam satuan gram

$1,284/31.1 = $41.28/gram

Berikutnya adalah mengkalikan dengan nilai tukar rupiah

$41,28 x 14,183 = Rp. 585.474,-

Jadi dapat di ambil kesimpulan bahwa harga emas di pasar internasional adalah Rp. 585.474,- / Gram.

Hal yang perlu di garis bawahi adalah jika ada bebrapa faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga emas di indonesia, yang pertama adalah harga emas dunia, dan juga nilai tukar rupiah terhadap USD.

Trending:   Aplikasi Investasi Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia

Demikian sedikti ulasan tentang Cara menghitung harga emas dunia terbaru, Semoga bermanfaat!