Menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP)
Menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP)

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Dan Harga Pokok Penjualan (HPP)

SITEKNONEWS.COM – Cara Menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP) merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku usaha. Sedangkan bagi pengusaha pemula untuk menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP) tentu akan sangat kesulitan.

Kesulitan ini memang terbilang wajar karena masalah perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP) harus dilakukan dengan teliti dan detail, selain itu rumus menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP)yang digunakan juga harus tepat.

Kenapa sebagai pengusaha harus mengetahui cara menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan ? karena perhitungan ini digunakan untuk mengetahui taksiran atas perhitungan margin penjualan serta prediksi laba rugi.

Berikut ini adalah ulasan menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP) untuk sebuah produksi, supaya pebisnis mengetahui perhitungan mergin penjualan serta mengetahui prediksi laba rugi secara akurat.

Trending:   Cari Masji Terdekat? Begini Cara Pakai Google Map

 

Pengertian Harga Pokok Produksi

Harga Pokok Produksi adalah jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan mulai pada saat pembelian bahan baku hingga biaya proses akhir produk yang siap dijual. Atau juga bisa dikatakan harga pokok produksi adalah modal atau nilai biaya proses produksi berdasarkan nilai ganti pada saat pertukaran.

Trending:   Cara Membuat Best Nine IG Terbaru Tanpa Aplikasi

Harga pokok produksi ini adalah jumlah semua biaya yang dikeluarkan secara langsung maupun secara tidak langsung untuk proses produksi barang.

Menentukan nilai harga pokok produksi harus dilakukan terlebih dahulu sebelum menentukan nilai harga pokok penjualan atau HPP.

 

Pengertian Harga Pokok Penjualan (HPP)

Harga pokok penjualan (HPP) adalah harga atau nilai barang yang dijual. Pada umumnya perhitungan harga pokok penjualan ini di lakukan dengan menghitung harga persediaan awal produksi ditambah dengan jumlah harga produksi dan di kurangi dengan persediaan akhir produk.

Nilai harga pokok penjualan merupakan perhitungan jumlah upah langsung, biaya bahan pokok, biaya bahan tambahan dan biaya tak terduga lainya.

Nilai harga pokok produksi dan nilai harga pokok penjualan (HPP) sering dianggap sama oleh pengusaha pemula, Padahal kedua komponen ini berbeda. Adapun biaya produksi mencakup biaya yang dibutuhkan untuk sebuah produksi sedangkan harga pokok penjualan adalah harga pokok produksi yang ditambah dengan keuntungan dari penjualan barang dan jasa.

Trending:   Cara Daftar Grabfood Online Terbaru

 

Pendekatan Laporan Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP)

Untuk membuat laporan laba rugi dan harga pokok produksi, maka ada dua metode pendekatan yang bisa di terapkan yaitu metode Full Costing dan metode Variable Costing

1. Metode Pendekatan Full Costing

Metode ini dilakukan dengan cara menghitung harga pokok produksi (HPP) sekaligus menghitung biaya produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi ke dalam harga poko produksi (HPP). Biaya yang dimaksud dalam perhitungan metode pendekatan full costing adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead yang dikemas menjadi satu kesatuan.

 

2. Metode Pendekatan Variable Costing

Metode ini dilakukan dengan cara menghitung harga pokok produksi dengan hanya menghitung biaya produksi yang masih bersifat variabel kedalam harga pokok produksi. Jadi, cara ini hanya sebatas menghitung harga pokok produksi dengan menghitung biaya bahan baku, biaya tenaga langsung dan biaya overhead pabrik variabel secara terperinci dan terpisah dalam periode tertentu.

Trending:   Cara Daftar DANA dan Upgrade DANA Premium

 

Komponen-Komponen dalam Harga Pokok Penjualan (HPP)

Komponen-komponen harus dipahami sebelum menentukan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP). Adapun komponennya adalah sebagai berikut:

 

1. Biaya Bahan Baku

Biaya bahan baku adalah seluruh biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku produksi. Perhitungan biaya bahan baku ini tidak hanya dihitung dari biaya pembelian bahan baku saja melainkan juga biaya untuk lain dalam proses pembelian bahan baku.

Jadi perhitungan biaya bahan baku meliputi perhitungan biaya bahan baku, perhitungan biaya bahan tambahan, perhitungan biaya distribuasi dan perhitungan biaya-biaya lainnya.

 

2. Biaya Tenaga Kerja Langsung

Biaya tenaga kerja adalah seluruh biaya yang dikeluarkan untuk membayar upah tenaga kerja yang dipekerjakan untuk memproduksi barang.

Jadi biaya tenga kerja langsung ini adalah jumlah seluruh biaya gaji karyawan baik itu biaya gaji pokok dan biaya gaji tunjangan serta biaya fasilitas untuk keperluan kerja karyawan.

Trending:   Download Tema Whatsapp iOS 12 Terkeren Tema Wa Paling Baru 2022

 

3. Biaya Overhead

Biaya overfhead adalah semua biaya yang dibayarkan untuk kegiatan produksi bahan baku sampai menjadi barang yang siap untuk dijual. Perhitungan biaya overhead ini meliputi biaya tenaga kerja tidak langsung, biaya penyusutan alat produksi, biaya perawatan dan servis alat produksi.

 

4. Persediaan Awal Barang

Persediaan awal barang adalah semua barang yang tersedia di awal tahun buku berjalan atau juga bisa dikatakan saldo yang dimiliki perusahaan pada laporan neraca tahun sebelumnya.

 

5. Persediaan Akhir Barang (End Inventory)

Persediaan akhir barang adalah semua barang-barang persediaan pada akhir suatu periode tertentu.

 

6. Pembelian Bersih

Pembelian bersih adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk pembelian barang untuk produksi, baik biaya bahan baku maupun biaya bahan pelengkap.

 

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

Setelah mengetahui semua komponen-komponennya, maka tahap berikutnya adalah menghitung besarnya nilai Harga Pokok Produksi (HPP). Tahapan dalam menghitung harga pokok penjualan (HPP)adalah sebagai berikut ini:

Trending:   Cara Membuat Top Nine Instagram 2021 di Top 9 Instagram Gratis

 

1. Tahap 1 (Menghitung Nilai Biaya Bahan Baku)

Perhitungan biaya bahan baku ini dihitungan dengan cara menjumlahkan jumlah nilai awal bahan baku dan jumlah nilai pembelian bahan baku, lalu dikurangi jumlah nilai akhir bahan baku.

Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Biaya Bahan Baku = nilai awal bahan baku + nilai pembelian bahan baku – nilai akhir bahan baku

 

2. Tahap 2 (Menghitung Nilai Biaya Produksi)

Menghitung nilai biaya produksi dilakukan dengan menjumlahkan tiga nilai biaya komponen harga pokok penjualan yaitu nilai biaya bahan baku, nilai biaya tenaga kerja dan nilai overhead.

Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Biaya produksi = nilai biaya bahan baku + nilai biaya tenaga kerja langsung + nilai biaya overhead Produksi

 

3. Tahap 3 (Menentukan Nilai Biaya Pokok Produksi)

Menghitung Nilai biaya pokok produksi dilakukan dengan mejumlahkan nilai biaya produksi dan nilai awal persediaan barang, lalu dikurangi dengan nilai akhir persediaan barang.

Trending:   5 Situs Game Gratis PC Online, Cocok Banget dimainkan untuk mengisi waktu luang

Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Nilai harga produksi = Total nilai biaya produksi + nilai awal persediaan barang – Nilai akhir persediaan barang

 

4. Tahap 4 (Menghitung nilai Harga Pokok Penjualan)

Menghitung nilai harga pokok penjualan dilakukan dengan menjumlahkan nilai harga pokok produksi dengan nilai awal persediaan barang lalu di kurangi nilai akhir persediaan barang.

Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Harga Pokok Penjualan (HPP) = Harga pokok produksi + nilai awal Persediaan barang – Nilai akhir Persediaan barang

 

Contoh Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Dan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Cara Menghitung Harga Pokok Produksi Dan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Contoh perhitungan diatas merupakan contoh perhitungan dengan biaya produksi yang sederhana. Hal ini akan berbeda jika terdapat variabel produksi yang lebih kompleks tentu akan membutuhkan perhitungan yang lebih rumit lagi.

Itulah sedikit ulasan mengenai Menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan (HPP). Semoga bermanfaat !

Trending:   Contoh Naskah Podcast Dan Tips Membuat Podcast Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.