Cara merawat telinga yang tepat
Cara merawat telinga yang tepat

Cara merawat telinga yang tepat

SITEKNONEWS.COM – Cara merawat telinga yang tepat sering terabaikan padahal telinga adalah indera pendengar yang tentu bagian penting dari tubuh kita.

Cara membersihkan telinga adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai masalah telinga. Contoh dari masalah telinga adalah infeksi, gangguan pendengaran atau tuli mendadak.

Selain masalah pendengaran, jika telinga tidak sehat maka juga bisa menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh lainnya yaitu vertigo. Oleh sebab itu menjaga kebersihan telinga adalah hal yang perlu dilakukan agar indera pendengaran dan keseimbangan tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Cara merawat telinga yang tepat

1. Hentikan kebiasaan mengorek lobang telinga

Mengorek telinga menggunakan cotton bud atau alat lainya adalah yang sering atau sudah umum dilakukan untuk membersihkan telinga. Padahal cara tersebut adalah cara yang kurang tepat karena cara tersebut dapat membuat kotoran justru masuk ke dalam atau dapat juga melukai bagian lobang telinga.

Trending:   Atasi Gusi Bengkak dan Sariawan Dengan Obat di Apotik, Terbukti Ampuh!

Adanya kotoran dalam jumlah sedikit di bagian lobang telinga adalah hal wajar. Kotoran telinga yang ada di lobang telinga dibentuk sebagai cara untuk melindungi lobang telinga dari kotoran yang masuk.

Namun jika lobang telinga terasa ada kotoran yang menumpuk serta terdapat gangguan pendengaran sebaiknya kunjungi dokter untuk pemeriksaan dan untuk pembersihan lobang telinga.

2. Hindarkan telinga dari suara yang keras

Bagi yang suka mendengarkan musik atau film menggunakan headphone atau earphone harus berhati-hati jangan sampai menggunakan headphone sampai 1 jam lebih secara terus menerus. Karena hal tersebut dapat mengganggu fungsi dari indera pendengaran.

Untuk itu jaga volume jika menggunakan headphone, hindari mendengarkan musik atau film dengan volume keras dalam jangka waktu yang lama.

Atau jika berada di lingkungan yang sangat bising dalam waktu yang lama, maka gunakan earplug (sumbat telinga) untuk melindungi telinga dari suara bising yang berlebihan.

Trending:   Daftar Nickname FF Keren Logo Love yang Viral

3. Hindari menggunakan ear candle

Di kalangan masyarakat penggunaan ear cadle untuk membersihlan telinga sangatlah populer.

Namun faktanya banyak dokter yang tidak menyarankan untuk penggunaan ear candle, karena metode penggunaan ear candle dalam membersihkan telinga tidak terbukti efektif.

Penggunaan ear candle ini cenderung berbahaya karena bisa menyebabkan luka atau cedera pada telinga, seperti terbakar atau juga tersumbatnya saluran telinga.

4. Menjaga lobang telinga agar tetap kering

Kondisi lobang telinga yang sering basah akan mebuat bakteri atau jamur lebih mudah berkembang biak. Hal inilah yang menjadi penyebab iritasi dan infeksi pada telinga.

Jika anda bekerja di tempat yang sering terkena air misal nya penjaga pantai maka gunakanlah pelindung telinga atau penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam telinga. Sehingga lobang telinga selalu terjaga dari kondisi basah.

Trending:   Tiktok 18 2022 APK Mod Download Tiktok 18th Plus v5.0

Selain itu setelah mandi jangan lupa bersihkan atau keringkan telinga dengan handuk atau tisu yang lebih halus.

5. Pemeriksaan telinga secara rutin

Memeriksakan telinga ke dokter merupakan hal yang jarang dilakukan padahal ini omerupakan hal sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga. Dengan pemeriksaan maka dapat dilakukan evaluasi kondosi kesehatan telinga serta tingkat fungsi dari indera pendengaran.

Hal ini dilakukan juga untuk mendekteksi dini apabila bila ada gangguan pada telinga sehingga penganan yang tepat dapat dilakukan secara cepat.

Sayangilah indera pendengaran anda dengan cara merawat telinga yang tepat, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengetahui tingkat fungsi dari indera pendengaran anda.

Namun jika terdapat keluhan pada telinga anda maka segera periksakan ke dokter agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Demikian Cara merawat telinga yang tepat, lakukan lah mulai dari sekarang jangan menunggu ada gangguan pada telinga anda baru memperhatikan kesehatan telinga.

Trending:   Cara Menghapus Akun Google Dengan Aman

Terimakasih, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published.