Cara Pengajuan NUPTK Dan Verval PTK Kemdikbud 2022
Cara Pengajuan NUPTK Dan Verval PTK Kemdikbud 2022

Cara Pengajuan NUPTK Dan Verval PTK Kemdikbud 2022

SITEKNONEWS.COM – Verval PTK, NUPTK menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan( PTK) di Indonesia. NUPTK ialah nomor induk yang digunakan untuk pendataan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor ini harus dimiliki oleh semua PTK, bagus negeri maupun swasta di bermacam jenjang pendidikan.

Tetapi, NUPTK memiliki masa aktif dan tanggal kadaluwarsa. Supaya nomor senantiasa aktif, hingga PTK lewat operator sekolah harus melakukan verval cocok dengan data tertera di aplikasi Dapodik. Dengan begitu, operator sekolah tidak cuma bekerja melakukan verval PD namun pula verval PTK. Lalu, gimana melakukan verval PTK?

Daftar Isi

Persiapan Saat sebelum Proses Verval

Proses verval mengarah menyantap durasi lama sebab banyaknya data yang harus dimasukkan serta jumlah PTK yang lumayan banyak dalam satu sekolah. Walaupun begitu, hal ini tidak sepatutnya menjadi halangan untuk melakukan proses verval dengan bagus dan betul tanpa halangan.

Supaya proses verval berjalan mudah, terdapat sebagian persiapan yang butuh Kamu jalani lebih dahulu. Persiapan itu mencakup persiapan data, jaringan internet, serta uraian mengenai menu- menu yang terdapat pada aplikasi verval. Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan selanjutnya hal tiap- tiap persiapan:

Pengajuan NUPTK Dan Verval PTK Kemdikbud
Pengajuan NUPTK Dan Verval PTK Kemdikbud

Persiapan data

Proses verval PTK membutuhkan beberapa data dan keseluruhan. Saat sebelum mengawali proses verval, yakinkan Kamu sudah mempersiapkan data berbentuk nama komplit, NUPTK, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu kandung, agama, jenis PTK, serta status validasi data. Janganlah hingga proses verval tersendat sebab data yang kurang komplit.

Trending:   Info CPNS DKI Jakarta 2021 – Formasi & Jadwal Pendaftaran Dan Soal SKD

Koneksi internet

Proses verval menginginkan jaringan internet yang stabil. Koneksi internet yang kurang stabil dapat mengusik jalannya proses verval, apalagi dapat pengaruhi kesuksesan proses itu. Tidak tidak sering proses verval kandas sebab permasalahan internet yang tidak stabil. Oleh sebab itu, Kamu harus mempersiapkan koneksi internet yang stabil dengan kecekatan memenuhi.

Mengetahui Fungsi menu

Pada aplikasi verval PTK, Kamu hendak menciptakan bermacam menu yang memiliki guna berlainan. Mengenali guna dari tiap- tiap menu itu amat berarti supaya Kamu tidak melakukan kekeliruan. Selanjutnya sebagian menu selanjutnya gunanya yang butuh Kamu tahu:

  • Menu Data PTK: menu ini menampilkan data PTK yang sudah tersimpan namun belum diubah.
  • Menu Pengelolaan: menu ini dapat digunakan untuk melakukan perbaikan data maupun verval PTK.
  • Menu NUPTK: menu ini menampilkan calon penerima, status penerima, serta pengajuan penutupan NUPTK.
  • Menu Pencarian: menu ini membantu melakukan pencarian data yang dibutuhkan.
  • Menu Log Out: dipakai untuk keluar dari aplikasi.
Trending:   Link Pendaftaran CPNS Kabupaten Bolaang Mongondow Timur 2021 | Formasi Jadwal dan Soal SKD

Langkah Verval PTK

Sehabis membenarkan semua data dan keseluruhan serta koneksi internet yang stabil, Kamu dapat mengawali proses verval. Terdapat paling tidak 9 langkah yang harus dicoba untuk menuntaskan verifikasi dan validasi PTK. Yakinkan Kamu menguasai tiap langkah dengan bagus supaya tidak terjalin kekeliruan. Selanjutnya langkah- langkah yang butuh dicoba:

Buka website

Kamu bisa mengakses web http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id untuk mendatangi halaman verval. Dikala membuka, yakinkan proses loading sudah betul- betul berakhir saat sebelum meneruskan ke proses selanjutnya.

Log in

Sehabis proses loading berakhir, log in dengan username dan password Kamu. Teliti dan telitilah kala memasukkan username serta password supaya proses login dapat berhasil.

Pilih menu Pengelolaan

Sehabis laman verval PTK terbuka, temui menu dengan catatan Pengelolaan. Menu ini terdapat pada bagian atas laman.

Pilih Perbaikan Data Master

Sehabis memencet menu opsi, Kamu hendak memandang menu drop down. Temui setelah itu pilih Perbaikan Data Master.

Trending:   Diguyur 10 T Untuk Program Kartu Prakerja, Ayo Daftar Pelatihan kerja di prakerja.go.id

Isi kolom

Berikutnya, Kamu hendak memandang sebagian kolom yang telah diadakan. Masukkan keseluruhan data yang sudah disiapkan lebih dahulu, semacam nama komplit, NIK, dan berikutnya. Yakinkan data diisi dengan betul dan cermat. Bila terdapat perintah untuk menyertakan dokumen, hingga unggah dokumen yang diartikan.

Upload Dokumen

Sehabis semua kolom data terisi dengan betul, berikutnya Kamu harus unggah gambar PTK. Klik Upload Dokumen, setelah itu menunggu sampai timbul bentuk verifikasi. Pada persoalan verifikasi untuk mengganti data, klik OK.

Menunggu persetujuan

Menunggu sebagian dikala sampai gambar PTK berhasil diperlihatkan pada layar. Berikutnya, Kamu harus menunggu persetujuan.

Pengecekan kembali

Untuk membenarkan semua data terisi dengan betul, Kamu dapat melakukan pengecekan balik. Pengecekan verval PTK bisa dicoba lewat menu Pengelolaan. Pada menu drop down, tekan opsi Status Perbaikan Data Master.

Trending:   Link Pendaftaran CPNS Kabupaten Bojonegoro 2021 – Formasi Jadwal dan Soal SKD

Menunggu status berhasil

Proses verval PTK oleh operator sekolah berakhir dicoba. Pada jenjang ini, Kamu cuma butuh menunggu sampai timbul status berhasil.

Tidak bisa dibantah kalau proses verval PTK tidaklah hal yang gampang. Operator sekolah butuh melakukan verval dengan cermat dan teliti supaya tidak terjalin kekeliruan data. Aplikasi verval yang memiliki banyak menu pula menjadi tantangan tertentu. Dengan mencermati tiap langkah verval dengan saksama, diharapkan Kamu dapat melakukan proses itu dengan bagus tanpa permasalahan.

Metode Pengajuan NUPTK( PNS dan Non- PNS)

Selanjutnya metode pengajuan NUPTK( Nomor Istimewa Pendidik dan Tenaga Kependidikan) untuk tendik yang telah mempunyai akun Dapodik, sebaliknya untuk yang belum tertera di aplikasi Dapodik, harus memohon persetujuan terlebih dulu dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait.

Saat sebelum mendaftar untuk memperoleh NUPTK, terdapat sebagian ketentuan yang harus dipadati oleh tenaga pendidik, selanjutnya syaratnya:

  1. Scan KTP
  2. Ijazah SD hingga S1
  3. Scan SK Penugasan dari atasan langsung
  4. Scan SK Pengangkatan PNS/CPNS
Trending:   Pencipta Lagu Apuse dan Asal Daerahnya

Spesial untuk GTK yang berkedudukan non- PNS, hingga SK PNS atau CPNS bisa ditukar dengan Scan SK dari Bupati atau Walikota atau Gubernur terkait. Ada pula langkah pengajuannya cocok dengan panduan di dasar ini:

  1. Buka situs http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
  2. Log-in dengan akun aplikasi Dapodik
  3. Pilih “NUPTK” di bagian menu atas portal Verval PTK
  4. Pilih pada submenu dropdown “Calon Penerima NUPTK
  5. Upload dan masukkan data yang diminta sesuai persyaratan di atas termasuk nama ibu kandung, nama sekolah dan lain-lain
  6. Jika semua data sudah diisi lengkap dan berkas ijazah sudah dipastikan terupload sempurna, langkah selanjutnya adalah mengakhiri dengan mengklik tombol “OK

Bersumber pada sebagian pangkal, proses pengajuan NUPTK ini hendak menginginkan durasi yang tidak sesaat sebab panjangnya jenjang yang harus dicoba sampai kesimpulannya di- approve oleh pihak LPMP. Untuk memandu nomor NUPTK yang Kamu punya, para GTK pula dapat melakukan pengecekan dengan cara online lewat gerbang gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status.

Trending:   Trend Olah Raga Bulutangkis di Masa Pandemi dan Efektifitasnya
Metode Pengajuan NUPTK( PNS dan Non- PNS)
Metode Pengajuan NUPTK( PNS dan Non- PNS)

Begitu panduan komplit hal proses verval PTK dan pengajuan NUPTK tipe terkini yang dapat SITEKNONEWS.COM merangkup, semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.