Daerah Plat Nomor PB Dan Huruf Kode Belakang
Daerah Plat Nomor PB Dan Huruf Kode Belakang

Daerah Plat Nomor PB Dan Huruf Kode Belakang

SITEKNONEWS.COM – Plat PB, Sejatinya plat nomor kendaraan dijadikan selaku bukti diri atau tanda ciri- ciri dari kendaraan yang berhubungan. Masing- masing kode atau seri huruf pada bagian depan plat nomor kendaraan merupakan tanda asal daerah, wilayah atau kota. Semacam perihalnya wilayah eks Karesidenan Papua Barat yang mempunyai kode atau seri“ PB”. Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami infokan tentang Plat nomor PB serta daftar kode belakangnya pada Kamu.

Plat Nomor PB serta Huruf Kode Belakangnya

Berdialog hal plat no kendaraan, spesialnya buat daerah Karesidenan Papua Barat ditetapkan oleh Kakorlantas Irjen Pudji Hartanto pada Gubernur Papua Barat yang bernama Abraham Octavian Atururi. Tujuan dibuatnya plat no kendaraan dengan kode PB sendiri tidak lain buat pemekaran.

Plat No PB serta Huruf Kode Belakangnya
Plat No PB serta Huruf Kode Belakangnya

Pada dasarnya wilayah Papua sendiri dipecah jadi 2, ialah Papua serta Papua Barat. Peresmian plat nomor kendaraan terkini pula diisyarati dengan dimulainya Samsat online di Papua Barat, mencakup 11 kabupaten serta 1 kotamadya. Balik ke utama ulasan di dini, berikut merupakan daftar plat nomor PB serta daftar kode belakangnya yang wajib Kamu ketahui.

  • Kabupaten Teluk Bintuni memiliki plat nomor PB dan kode belakang B*.
  • Kabupaten Fakfak memiliki plat nomor PB dan kode belakang F*.
  • Kabupaten Kaimana memiliki plat nomor PB dan kode belakang K*.
  • Kabupaten Manokwari memiliki plat nomor PB dan kode belakang M*.
  • Kota Sorong memiliki plat nomor PB dan kode belakang S*.
  • Kabupaten Sorong Selatan memiliki plat nomor PB dan kode belakang T*.
  • Kabupaten Maybrat memiliki plat nomor PB dan kode belakang V*.
  • Kabupaten Teluk Wondama memiliki plat nomor PB dan kode belakang W*.
Trending:   Tutorial Cek Dashboard dan Login Prakerja.go.id Gelombang 23 Terbaru Januari 2022

Butuh dikenal, pada awal mulanya belum terdapat julukan Maybrat, yang terdapat merupakan wilayah 11 kecamatan di Sorong Selatan. Kemudian di tahun 2008 terkini pergi ketetapan Bupati Sorong Selatan Nomor 133 Tahun 2008 yang bersuara hal,“ Penyerahan beberapa jangkauan wilayah anak buah kabupaten Sorong Selatan ke Kabupaten Sorong”.

Kemudian di tahun 2009 terkini tercipta kabupaten Maybrat selaku hasil dari pemekaran kabupaten Sorong. Tidak bingung bila pada kesimpulannya seluruh tipe kendaraan bermotor yang tertera di wilayah atau kabupaten Maybrat memakai kode atau seri PB. Maybrat saat ini tercampur dengan kota serta kabupaten yang terdapat di provinsi Papua Barat. Tetapi begitu, buat membedakannya dapat diamati dari kode huruf yang terdapat di belakangnya.

Mengenang akan berartinya plat nomor buat kendaraan bermotor, belum lama ini banyak ditemui konsumen plat nomor yang tidak cocok dengan ketentuan yang sudah diberlakukan. Berikut terdapat sebagian wujud pelanggaran pemakaian plat nomor kendaraan yang tidak cocok peraturan kepolisian, antara lain:

  • Plat nomor dengan angka yang diubah, seperti halnya diarahkan ke bagian belakang.
  • Plat nomor dengan huruf yang diubah seperti huruf digital.
  • Plat nomor yang diberi tempelan logo, stiker, dan lain – lain.
  • Plat nomor yang menggunakan huruf miring dan huruf timbul.
  • Plat nomor yang dibuat dengan ukuran yang tidak sesuai ketentuan yang diberlakukan, yakni terlalu besar atau kecil.
  • Plat nomor dengan huruf angka sebagian yang diubah, yakni lebih ditebalkan dan sebagiannya lagi dihapus menggunakan cat piloks atau lainnya. Alasannya, yang demikian membuat nomor asli pada plat nomor kendaraan tersebut sulit terbaca.
Trending:   Segera Cek Bansos Tunai (BST) Kemensos Rp. 300 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id, Dicairkan Bulan Ini

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang plat nomor PB dan daftar kode belakangnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.