Daftar Lima Daerah Penghasil Hutan Yang Ada Di Indonesia
Daftar Lima Daerah Penghasil Hutan Yang Ada Di Indonesia

Daftar Lima Daerah Penghasil Hutan Yang Ada Di Indonesia

SITEKNONEWS.COM – Daerah Penghasil Hutan, Hutan merupakan wilayah yang identik dengan tumbuhan lebat, pepohonan, rumput, jamur, dan berbagai ekosistem yang lain. Di Indonesia sendiri memiliki hutan dengan luas mencapai 133. 300. 543, 98 hektar yang dibagi ke dalam sebagian daerah. Kehadiran hutan menghasilkan daerah hijau yang berperan sebagai paru- paru dunia dan mencegah terjadinya kekeringan di bumi

hutan lindung, hutan produksi, dan hutan suaka alam
hutan lindung, hutan produksi, dan hutan suaka alam

Tipe hutan di Indonesia bermacam- macam seperti hutan lindung, hutan produksi, dan hutan suaka alam.

Tiap daerah pasti memiliki tipe yang berbeda- beda. Kamu dapat menjumpainya di dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, maupun pulau- pulau kecil.

Di antara tempat- tempat itu terdapat daerah yang merupakan penghasil hutan terbesar seperti selanjutnya ini:

Daftar Isi

Daerah Penghasil Hutan Terbesar di Indonesia

1. Daerah Penghasil Hutan = Papua

Banyak wilayah di Papua yang belum terjamah oleh orang. Di situ masih ditemukan kaum maupun adat yang amat menempel dengan alam. Kelestarian alam di area tempat tinggal warga masih terpelihara dengan baik.

Papua memiliki luasan dekat 40. 546. 360, 00 hektar. Tidak sedikit pula orang asing yang berkeinginan buat menancapkan pemodalan. Indonesia amat memercayakan daerah ini sebagai penyumbang hutan terluas di seluruh dunia.

Papua menjadi salah satunya impian untuk Indonesia buat memiliki hutan yang utuh. Pada tahun 2012, sisa hutan pokok yang terdapat di Indonesia 38% nya dari Papua dan terdapat di 2 provinsi, ialah Papua dan Papua Barat.

Keistimewaan hutan tropis di Papua adalah memiliki tingkat keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia. Sebesar 20. 000 spesies tumbuhan, 125 binatang menyusui, 602 tipe kukila, dan 223 reptil dapat Kamu temui. Tidak bingung bila sumber mata pencaharian beberapa besar warga masih tergantung pada hutan.

Trending:   Video Lucu Tik Tok - Bocak Kecil Thailand Mengacungkan Jari Tengah

2. Kalimantan Tengah

Saking luasnya hutan di Kalimantan Tengah menjadikan banyak orang yang menggeluti bidang perkebunan. Apalagi, banyak pula industri yang mengatur area- area di hutan yang luasnya 15. 300. 000, 00 hektar ini.

Kalimantan Tengah memiliki hutan rawa gambut yang menjadi Halaman Nasional Sebangau, sehingga dipakai sebagai lingkungan berbagai flora maupun fauna, seperti orangutan, reptil, dan lain- lain.

3. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur tidak cuma populer hendak kekayaan dari zona penambangan saja, melainkan pula sebab hutannya yang sedemikian itu luas, ialah sebesar 14. 651. 053 hektar. Salah satu rupanya adalah hutan produksi yang besarnya 60% dari zona hutan.

Terdapat 4 daerah di Kalimantan yang oleh WWF dideklarasikan menjadi wilayah ekoregion. Di ekoregion itu ada‘ Jantung Borneo’, ialah wilayah yang banyak hendak hutan hujan. Diperkirakan hutan hujan memiliki baya lebih berumur dibanding hutan Amazon. Jantung Borneo terluas salah satunya terdapat di Kalimantan Timur.

Trending:   Mengapa Sagu Menjadi Makanan Pokok? Ini Alasannya

4. Daerah Penghasil Hutan = Riau

Riau dan Kepulauan Riau bergabung menjadi satu yang mana luas hutannya mencapai 9. 456. 160, 00 hektar. Hendak namun amat disayangkan pada sebagian tahun ini terjalin kebakaran dampak terdapatnya pengerjaan tanah gambut.

Salah satu hutan di Provinsi Riau ada di Kabupaten Siak yang terdiri atas hutan produksi, hutan mangrove, hutan alterasi, dan hutan cagar alam. Persentase penjatahan hutan Siak berdasarkan fungsinya adalah 1, 6% hutan lindung, 14, 4% hutan suaka alam, 37, 9% hutan produksi, 44, 5% hutan produksi terbatas, dan 1, 4% buat hutan yang lain.

Kedatangan hutan produksi amat mensupport perkembangan pabrik hasil hutan. Materi dasar yang didapat dari alam diolah menjadi berbagai benda yang sepanjang ini sudah dipasarkan hingga ke luar negeri.

Di Riau terdapat 2 hutan adat yang terdapat di Kabupaten Kampar. Hutan adat ini berperan sebagai penjaga area hutan, lingkungan binatang dan menanggulangi berbagai bentrokan sumber daya alam.

Trending:   Info CPNS Kabupaten Banyumas 2021 – Formasi & Jadwal Pendaftaran Dan Soal SKD

Hutan adat senantiasa dilindungi dengan baik oleh warga sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan. Di dalamnya terdapat bibit kulim, ialah tumbuhan asli yang menjadi ciri khas hutan tropis di Sumatera.

5. Kalimantan Barat

Pulau Kalimantan ikut memerintah hutan Indonesia. Alasannya, banyak hutan luas yang terhambur dari Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, hingga Kalimantan Barat. Ekspedisi ke Kalimantan Barat bukanlah gampang sebab jalannya berliku dan curam. Tipe hutannya adalah tropis yang mana ditemukan beraneka ragam ekosistem dan lingkungan. Luas hutannya adalah 9. 101. 760, 00 hektar.

Hutan itu menjadi salah satu penyumbang oksigen terbesar yang diperoleh dari karbondioksida yang diserap tumbuhan. Logikanya, di satu pulau saja hutan yang ada ribuan hingga jutaan hektar, jumlah pohonnya juga banyak. Jadi, dapat Kamu bayangkan berapa produksi oksigen per harinya bukan?

Trending:   Segera Cek Bansos Tunai (BST) Kemensos Rp. 300 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id, Dicairkan Bulan Ini

Betung Kerihun adalah hutan tropis di Kalimantan Barat sekalian berperan sebagai halaman nasional. Terdapat puluhan tipe binatang menyusui yang hidup di Halaman Nasional Betung Kerihun. Sebaliknya, tipe floranya hingga mencapai ribuan dan sebagian di antara lain termasuk spesies endemik.

Hutan Terbesar di Indonesia
Hutan Terbesar di Indonesia

Walaupun hutan pada tiap- tiap daerah lumayan luas, tetapi Kamu wajib tetap mengelolanya dengan baik mengenang umur bumi yang terus menjadi berumur dan keadaannya telah lemah. Tidak hanya itu, usaha itu tertuju untuk terciptanya keseimbangan ekosistem dan menjaga sumber resapan air terbesar, sehingga mencegah terjadinya musibah alam

Leave a Reply

Your email address will not be published.