Develop Android - Cara Aktifkan Android Developer
Develop Android - Cara Aktifkan Android Developer
Develop Android - Cara Aktifkan Android Developer

Develop Android – Cara Aktifkan Android Developer

SITEKNONEWSDeveloper options adalah suatu fitur opsi yang tersedia pada pengaturan sistem HP Android. Dengan mengaktifkan Developer Option HP sangat bermanfaat untuk android Anda.

Dengan Developer options Anda bisa mempunyai akses lebih banyak untuk menampilkan beragam fitur di perangkat Android, seperti dapat melakukan modifikasi, melakukan flashing atau rooting dan lain sebagainya.

Cara dan Manfaat Mengaktifkan Developer Option HP

Saat ini Developer atau Opsi Pengembang merupakan menu yang tersembunyi pada pengaturan android  Anda.

Ada beberapa manfaat dalam fitur ini seperti USB debugging, melihat proses pemakaian RAM pada CPU lebih detil dan masih banyak lainnya. Fitur ini awalnya diperuntukkan oleh pengembang untuk dapat lebih mengoptimalkan penggunaan produk mereka.

Memahami Developer Option

Developer Option adalah sebuah alat yang pengaturannya telah dirancang untuk membantu para pengembang aplikasi untuk mengoptimalkan produk.

Dengan Developer Option kesalahan bisa terdeteksi, misal dalam sebuah opsi seperti Pointer Location akan memberikan pembacaan yang lebih akurat berhubungan dengan input pengguna.

Dengan fitur ini bisa menampilkan informasi yang berhubungan dengan koordinat atas layar yang terakhir disentuh. Opsi Show Touches adalah tampilan setelah Anda mengaktifkan Developer Option HP, sangat berguna untuk menampilkan sentuhan di layar.

Masih banyak yang bisa dilakukan dengan mengaktifkan Developer Option, seperti Take bug report, Stay Awake, Desktop Backup Password dan lain sebagainya.

Cara Mengaktifkan Developer Option HP

Berikut ini cara untuk mengaktifkan Developer Options HP antara lain:

  • Pertama-tama buka pengaturan Android
  • Kemudian gulir ke bawah pada tulisan “About Phone” atau “Tentang Ponsel”, atau “Tentang Tablet”.
  • Klik dan masuk ke dalamnya
  • Gulir ke bawah lagi lalu klik pada ” Build Number” atau “nomor bentukan”
  • Maka muncul berapa kali Anda harus mengklik, sampai Anda menjadi pengembang. Terus klik sampai memenuhi jumlah yang diinginkan.
    Beda ponsel akan memiliki cara yang berbeda juga.
  • Setelah menjadi Developer atau pengembang pada build number, selanjutnya kembali ke menu pengaturan utama.
  • Pada tampilan muncul “Opsi Pengembang” atau “Developer Options” pada menu Setting utama, jika tidak ada carilah pada menu setting tambahan di HP anda.

Ada beberapa tipe Android yang langsung menampilkan Developer Options tanpa harus mengikuti cara-cara seperti di atas. Terlebih bagi pengguna OS Android seri di bawah Android 4.4.4 (KitKat).

Peringatan untuk Penggunaan Developer Options pada HP

Perlu diingat bahwa Developer Options sebenarnya berisi sejumlah item yang khusus tersedia bagi para ahli yang terlatih. Sebaiknya Anda tidak mengubah apapun psaat sudah bisa mengaktifkan Developer Option HP. Berhati-hatilah bila tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Buatlah catatan mngenai pengaturan bawaan sehingga bisa mengembalikan ke posisi bawaan.

Trending:   Cara Mengaktifkan Android Develop Oppo - Android Developer