Facebook Buka Messenger API untuk Instagram
Facebook Buka Messenger API untuk Instagram
Facebook Buka Messenger API untuk Instagram

Facebook Buka Messenger API untuk Instagram

SITEKNONEWS – Kabar terbaru dari Facebook Raksasa Sosial Media, Facebook membuka Messenger API untuk Instagram ke semua Ingrid Lunden @ingridlunden / 24 jam F8 Refresh, konferensi pengembang tahunan Facebook dengan sentuhan baru — lebih ringan daripada tahun-tahun sebelumnya, dan virtual — akan dimulai hari ini, dan sebelum itu Facebook meluncurkan beberapa berita: semua bisnis sekarang dapat menggunakan Messenger API untuk berinteraksi dengan pengguna di Instagram.

Fitur messenger API untuk Instagram ini pertama kali dibuka untuk semua pengembang secara global, dengan pendekatan bertahap untuk bisnis:

Fase #1 Akun Instagram yang bisa menggunakan Messenger API akan melihat dengan jumlah pengikut lebih dari 10.000 dan di bawah 100.000 terhubung ke API. Ia berencana untuk memperluasnya ke akun dengan pengikut berjumlah antara 1.000 dan 100.000 pada bulan Juli (fase 2), dengan akun yang tersisa online pada Q3.

Fitur ini pertama kali diumumkan sebagai beta tertutup pada bulan Oktober dengan bisnis tertentu — 30 pengembang dan 700 merek secara keseluruhan. Sekarang, merek atau organisasi apa pun yang menggunakan Instagram untuk berinteraksi dengan pelanggan dapat menggunakan Messenger API.

Poin kunci dengan terintegrasinya Messenger API  dengan Instagram ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam cara perusahaan dapat memanfaatkan platform Facebook yang lebih luas.

Di masa lalu, merek yang ingin berinteraksi dengan pelanggan harus melakukannya secara langsung melalui Instagram, atau melalui kotak masuk bisnis terpadu Facebook, yang terbatas penggunaannya, terutama oleh perusahaan yang mungkin menangani volume lalu lintas yang besar, atau ingin dapat menghubungkan interaksi pelanggan tersebut dengan database layanan pelanggan yang lebih luas.

Messenger API, sebaliknya, dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi pihak ketiga mana pun yang mungkin digunakan oleh perusahaan atau merek untuk mengelola komunikasi, baik itu platform manajemen media sosial seperti Hootsuite atau Sprinklr, atau aplikasi CRM yang dapat membawa jenis lain data pelanggan, misalnya informasi garansi atau nomor kartu loyalitas.

Facebook mencatat bahwa salah satu takeaways utama dari beta tertutup adalah bahwa merek dan perusahaan menginginkan cara yang lebih baik untuk mengelola komunikasi dari satu tempat; dan yang lainnya adalah banyak dari mereka melakukan lebih banyak investasi dalam perangkat lunak untuk mengelola komunikasi dan alur kerja mereka dengan lebih baik. Jadi memperluas Messenger API ke Instagram adalah fitur yang sudah lama dibutuhkan dalam hal itu.

Langkah untuk memperluas Messenger API ke Instagram masuk akal dalam beberapa cara berbeda. Sebagai permulaan, Facebook telah menaikkan volume untuk beberapa waktu tentang bagaimana memanfaatkan potensi komersial Instagram, dimulai dengan periklanan tetapi berkembang ke area seperti percakapan antara merek atau bisnis dan pengguna, dan yang terbaru, fitur belanja yang ditingkatkan.

Facebook juga mencatat bahwa 90% pengguna Instagram saat ini mengikuti setidaknya satu bisnis, jadi membuat rute yang lebih baik untuk mengelola percakapan tersebut adalah langkah yang logis.

Pada saat yang sama, Facebook telah berupaya untuk menghubungkan berbagai aplikasi dan platformnya dengan lebih baik, yang mencakup Facebook itu sendiri, Messenger, WhatsApp, Instagram, dan Oculus, tidak hanya bagi pengguna untuk berinteraksi di seluruh aplikasi dan platform tersebut, tetapi juga untuk membantu bisnis memanfaatkannya dalam strategi sosial yang lebih terpadu.

Meluncurkan Messenger API untuk Instagram awalnya dibuat untuk membantu merek berinteraksi dengan bot dan mengelola percakapan di Messenger, untuk menyertakan dukungan untuk Instagram sesuai dengan kedua strategi yang lebih besar tersebut.

Dan bagi mereka yang bertanya-tanya mengapa diumumkan sebelum F8 Refresh? Mungkin ini adalah petunjuk tentang apa yang menjadi prioritas utama jejaring sosial untuk acara tahun ini: kemitraan untuk memungkinkan lebih banyak bisnis berlangsung di platform raksasa jejaring sosial yaitu Facebook.

Trending:   Link Pendaftaran CPNS Kabupaten Nakegeo 2021 | Formasi Jadwal dan Soal SKD