Google Docs Voice - Mengetik Dokumen Dengan Suara
Google Docs Voice - Mengetik Dokumen Dengan Suara

Google Docs Voice – Mengetik Dokumen Dengan Suara

SITEKNONEWS.COM – Google Docs Voice,Google Docs adalah software untuk mengolah kata yang gunanya serupa semacam Microsoft Word. Tetapi, Google docs mempunyai kelebihan sendiri apabila dibanding microsoft word, yakni fleksibel karena aplikasi dan dokumennya diakses dengan cara online. Tidak hanya mengolah teks atau tulisan, Google Docs juga punya fitur yang menarik yang juga ada di Microsoft Word, fitur tersebut adalah mengetik dengan suara nama lain voice typing.

Apa itu Google Docs Voice Typing?

Untuk seseorang yang berprofesi sebagai penulis, dituntut bisa bekerja dengan cepat untuk menghasilkan tulisan- tulisan terbaik. Tetapi sering- kali sebagai orang merasakan letih dan berat kaki dikala akan menggerakan jari- jari untuk mengetik. Nah, hening kamu bisa menggunakan fitur voice typing di Google docs untuk menolong kamu menghasilkan tulisan terbaik dengan cepat dan mudah.

Trending:   Cara Membuat Suara Google Di Capcut Dengan Situs

Google docs voice typing adalah fitur yang ada di Google docs yang bisa mengganti suara jadi teks. Di mari kamu lumayan melafalkan apa yang akan diketik di dekat Hp atau laptop ataupun Komputer kamu. Setelah itu gunakan program text- to- speech, berikutnya suara tersebut akan diketikkan dengan cara otomatis pada dokumen.

Dengan memakai voice typing tersebut pekerjaan kamu bisa jadi lebih efisien. Google docs voice typing ini bisa ganti suara dalam bermacam wujud teks. Kamu bisa memakainya untuk melakukan semua aktivitas yang berkaitan dengan menulis, semacam konten writer, wartawan, penulis roman, dan serupanya. Voice typing ini bisa dipakai di Hp android ataupun di laptop dan Komputer.

Cara Mengetik dengan Suara di HP Android.

Untuk bisa melaksanakan perintah suara dan menuliskannya dalam suatu teks di Google docs kamu wajib mengaktifkan fitur voice typing di Google docs kamu. Ada pula untuk mengaktifkannya lumayan mudah, selanjutnya langkah- langkahnya:

  • Pertama kamu download dan pasang aplikasi Google Docs di perangkat android dari Google Play Store atau App Store
  • Bila sudah terinstal, kemudian kamu buka dan klik tombol ‘+’, dan klik ‘New Document
  • Selanjutnya akan muncul menu pop-up di layar. Kemudian klik titik 3 yang ada di pojok kanan atas layar Hp
  • Kemudian pilih menu ‘Voice Input
  • Pilih bahasa masukan yang tersedia. Bila kamu biasa menggunakan bahasa Indonesia, maka pilih  Bahasa Indonesia di layar.
  • Setelah itu, coba ucapkan beberapa kata atau kalimat di dekat speaker Hp android kamu
Trending:   Tentang Metaverse - Pengertian dan Apa Saja Yang Bisa Di Lakukan
Cara Aktifkan Google Docs Voice Typing di Laptop atau PC
Cara Aktifkan Google Docs Voice Typing di Laptop atau PC

Cara Aktifkan Google Docs Voice Typing di Laptop atau PC

Tidak hanya di Hp android kamu juga bisa maanfaatkan Google Docs Voice Typing ini di laptop dan Komputer. Selanjutnya langkah- langkah

cara mengaktifkannya:

  • Buka Google document di alamat https://docs.google.com/ pada laptop atau PC
  • Selanjutnya pilih tools pada menu bar di atas.
  • Kemudian pilih voice typing
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk izinkan microphone PC atau laptop lalu klik “Allow
  • Kemudian akan muncul ikon microphone kamu pilih bahasa yang diinginkanSilahkan mulai mendikte atau mengucapkan kata-kata yang ingin di tuliskan pada google dokumen

Bagi sebagian PC atau laptop, fitur Voice Typing di Google Docs  tersebut tidak muncul bila pengaturan bahasa di Google Docs menggunakan Bahasa Indonesia. Oleh karena itu kamu harus mengubah bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Caranya seperti berikut:

  • Masuk ke akun google di PC atau laptop kamu di https://myaccount.google.com/ 
  • Selanjutnya pilih bagian “Personal Info
  • Scroll ke bawah terus hingga pada bagian menu “General Preferences For The Web
  • Silahkan pilih “Language”
  • Kemudian klik ikon pensil lalu pilih bahasa “English-United States”
  • Selanjutnya kembali ke Google Docs dan fitur Voice Typing akan muncul di sana
Trending:   Suara Google Menjadi Nada Dering Super Keren Dengan VO.Codes

Keuntungan Mengetik dengan Google Docs Voice Typing

Mengetik dengan suara mempunyai banyak keuntungan untuk konsumennya, semacam:

1. Proses Menulis Jadi Lebih Cepat

Keuntungan awal yang dialami konsumennya dengan memakai suara untuk mengetik membuat proses menulis dokumen lebih cepat. Paling utama kamu yang bekerja sebagai penulis, pastinya sangat bermanfaat dan menguntungkan.

Dimana kecepatan menulis pun berkat voice typing ini membuat penulis lebih produktif lagi dalam menghasilkan buatan tulisnya.

2. Melatih Bicara

Menulis dengan suara bisa juga melatih bicara, kenapa bisa? Pasti saja karena dikala melaksanakan voice typing itu otomatis kita berdialog. Dan ini bisa melatih bunyi kita untuk banyak bicara.

Keahlian bicara hubungan akrab dengan komunikasi, dimana keahlian ini sangat diperlukan di masa alat sosial dikala ini. Berdialog atau berkomunikasi juga jadi cara efektif untuk mengantarkan catatan pada banyak orang.

Trending:   Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Nomor HP, 98% Akurat tanpa Aplikasi Tambahan

3. Bisa Diakses Dimana Saja

Keuntungan yang lain dari Google Docs voice typing yakni bisa dipakai di fitur mana saja dan bila saja. Bukan cuma melalui Komputer atau laptop apalagi Hp pun bisa dan lebih efisien. Dikala kamu mau mengetik tetapi berat kaki menggerakan jari- jari kamu, lumayan maanfaatkan cara ini dan perkenankan google yang akan menorehkan apa yang mau kamu catat.

4. Kemudahan Dalam Mengedit Dokumen

Google docs voice typing bukan cuma hanya sanggup menulis teks saja. Tetapi juga bisa menambahkan atau mengedit format teks tersebut, teks miring,

teks tebal, teks bergaris bawah, kapitalisasi satu karakter, semua huruf kapital, penandaan karakter, penggandaan jarak baris, pembesaran ukuran font, rata tengah, atau penambahan dua kolom.

Seperti itu data hal cara mengetik dengan suara melalui fitur google docs voice typing dari SITEKNONEWS.COM yang pastinya menginginkan akun Google aktif. Dengan fitur ini nyatanya menulis akan lebih cepat selesai.

Trending:   Download Profil Tiktok Dengan Situs Tinggal Klik Link Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.