Investasi Saham - Bagaimana Cara Mulai Investasi Saham
Investasi Saham - Bagaimana Cara Mulai Investasi Saham

Investasi Saham – Bagaimana Cara Mulai Investasi Saham

SITEKNONEWS – Investasi Saham dan bagaimana cara mulai investasi saham dengan benar agar terhindar dari kerugian? Investasi saham memang dipandang memberikan keuntungan untuk beberapa orang. Tetapi cukup banyak yang menjelaskan investasi saham mempunyai risiko tinggi.

Saham pasti identik dengan grafik naik turun yang rumit, sangat tidak familir bagi investor saham pemula melihat grafik yang rumit. Ditambah dengan angka-angka prosentasi yang beragam. Namun, dibalik angka dan grafik yang rumit itu, ada nilai keuntungna yang besar bagi para investor profesional.

Keuntungan yang ditawarkan investasi saham memang menggiurkan, apalagi bagi mereka yang sudah profesioanal dalam dunia saham. Untung 100% itu bukan hal sulit lho bagi sebagian orang.

Gambaran-gambaran itu membuat investor pemula ingin segera terjun berinvestasi di Saham, terjun ke pasar modal agar harta modal mereka segera berkembang.

Trending:   Stockbit Aplikasi Saham Online Terbaik Bagi Semua Investor

Meskipun risiko investasi saham tinggi, namun bukan halangan bagi sebagain orang untuk menginvestasikan harta mereka di Saham. Resiko Tinggi pasti Untung juga tinggi.

Indonesia memiliki Bursa Efek Indonesia (BEI) yang merupakan pusat bisnis pasar modal. Tempat pertemuan antara pemodal dan perusahaan yang membutuhkan modal.

Pemilik modal adalah orang yang ingin menginvestasikan hartanya, dalam kasus ini investasi di saham. Mereka disebut investor, sekaligus sebaga konsumen (akan membeli saham).

Lalu Penjualnya adalah perusahaan yang membutuhkan modal dengan menjual saham mereka ke Investor.

Dalam proses bisnis jual beli saham, Investor didampingi oleh Perusahaan Sekuritas. Jadi, Perusahaan sekuritas ini yang membantu investor dengan perusahaan melalui manager investasi.

Dengan adanya manager investasi, investor makin mudah menemukan perusahaan yang menjual sahamnya.

Memulai Investasi Saham

Untuk memulai investasi saham, prosesnya memang hampir sama dengan cara buka rekeking di Bank. Yaitu, mendaftarkan diri dengan melengkapi data pribadi seperti KTP, NPWP, buku tabungan dan materai.

Trending:   Cara Investasi Reksa Dana Saham Dengan Modal Rp. 100 Ribu, Bisa?

Namun, saat ini untuk mulai investasi saham tidak harus lho datang ke perusahaan sekuritas, cukup daftar online dari rumah melalui aplikasi perusahaan sekuritas yang anda inginkan. Gampang banget!

Keuntungan Investasi Saham

Apa saja keuntungan investasi saham yang pasti akan membuat hati senang. Keuntungannya antara lain:

  • Biaya investasi murah, Setiap perusahaan menawarkan biaya yang berbeda-beda, tetapi banyak yang menawarkan biaya mulai Rp. 10.000
  • Mudah karena pengelolaan saham dibantu oleh Manager Investasi
  • Gampang dicairkan dikarenakan sistem investasi saham sangat fleksibel
  • Keuntungan atau Hasil pengembalian tinggi

Kerugian Investasi Saham

  • Periode waktu yang lama. Untuk hasil maksimal tabungan saham harus dilaksanakan dengan teratur dengan periode penyimpanan lama
  • Pengurangan Nilai Saham. Pada kondisi tertentu, nilai saham dapat turun setiap saat dengan factor risiko yang tidak dapat diterka
  • Terdampak likuidasi. Perusahaan mana saja tidak dapat menghindar likuidasi, satu diantaranya kemunduran. Factor ini pada akhirnya berpengaruh pada tabungan saham kita.
Trending:   Investasi Leher Ke Atas

Keuntungan dan kekurangan investasi saham pasti menjadi pertimbangan matang dan akan menjadikan kita jeli menganalisa saham apa yang dapat memberikan keuntungan dan layak kita beli.

Investasi saham adalah salah satu usaha untuk mepersiapkan masa depan keuangan keluarga yang mapan, dan akan memberikan keuntungan yang besar.

Itulah yang perlu di pahami sebelum investasi saham. Banyak tips menarik lainnya untuk investor pemula didalam dunia saham dalam blog ini.