KLIK Di Sini! Cara Daftar dan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan serta Fitur Vaksin Covid-19
KLIK Di Sini! Cara Daftar dan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan serta Fitur Vaksin Covid-19

KLIK Di Sini! Cara Daftar dan Menggunakan PCare BPJS Kesehatan serta Fitur Vaksin Covid-19

SITEKNONEWS.COM – Pcare Vaksin, BPJS Kesehatan memiliki sebagian platform digital yang mempermudah masyarakat Indonesia buat mengakses layanan jaminan kesehatan, salah satunya ialah Primary Care BPJS Kesehatan( PCare BPJS Kesehatan).

PCare BPJS Kesehatan merupakan platform berbasis situs web, yang diadakan BPJS Kesehatan buat Fasilitas Kesehatan Tingkatan Awal( FKTP), semacam Puskesmas, Klinik Pratama, serta Dokter Praktik Mandiri. PCare BPJS Kesehatan mempunyai sistem data terintegrasi yang melingkupi sebagian data, antara lain semacam data kepesertaan, riwayat pelayanan kesehatan, data rujukan, serta serupanya.

Sedangkan itu, PCare BPJS Kesehatan pula memiliki sebagian fitur yang mempermudah penyediaan layanan kesehatan pada pasien, semacam terdapatnya pendataan pendaftaran serta pelayanan pada pasien BPJS Kesehatan.

Dengan fitur itu, FKTP dapat menemukan bermacam keringanan, misalnya pendataan pasien jadi lebih efisien, aparat FKTP cuma butuh menginput data pasien di kolom yang ada. Setelah itu, cara penaksiran pasien pula dapat dicoba lebih kilat, dampak terdapatnya data riwayat kesehatan yang terintegrasi di PCare BPJS Kesehatan.

Trending:   Download Reels IG Dengan Daftar Aplikasi Ini

Biarpun PCare BPJS kesehatan memiliki beraneka ragam keringanan semacam di atas, tetapi platform ini sejatinya belum dapat dipakai ataupun diakses dengan cara biasa. Dengan tutur lain, tidak seluruh konsumen dapat memakai PCare BPJS Kesehatan.

Dikutip dari Indonesia. go. id, Senin( 14 atau 3 atau 2022), orang ataupun pihak yang dapat daftar PCare BPJS Kesehatan merupakan fasilitas kesehatan yang sudah sah memasukkan diri ke BPJS. BPJS akan berikan username serta password pada FKTP supaya dapat mengakses layanan PCare BPJS kesehatan. Ada pula cara daftar PCare BPJS Kesehatan butuh dicoba dengan cara offline ataupun mendatangi langsung kantor BPJS terlebih dulu.

Cara daftar PCare Vaksin BPJS Kesehatan

  • Kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat di wilayah Anda dan ajukan pendaftaran PCare BPJS Kesehatan
  • Petugas bakal memandu Anda untuk menyelesaikan proses pendaftaran PCare BPJS Kesehatan, berikut dengan memberi username dan password-nya.
  • Setelah mendapat username dan password tersebut, kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di tautan ini https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim
  • Di halaman awal, isi username dan password yang tadi telah diberikan, untuk login ke PCare BPJS Kesehatan
Trending:   Link 9 Aplikasi Lowongan Kerja - Job Vacancy Recruitment 2022

Setelah berhasil login, Anda kini bisa mengakses layanan PCare BPJS Kesehatan dengan cara sebagai berikut:

Cara menggunakan PCare Vaksin BPJS Kesehatan

  • Untuk mendata pendaftaran pasien BPJS Kesehatan, caranya klik opsi “Pendaftaran Peserta” di menu bar “Entry Data”, pada halaman awal PCare BPJS Kesehatan
  • Isi data pasien BPJS Kesehatan yang terdaftar di FKTP, meliputi jenis kunjungan, poli tujuan, hasil pemeriksaan fisik serta tekanan darah, dan sebagainya.
  • Sementara untuk mendata pelayanan yang telah diberikan pada pasien, caranya klik opsi “Pelayanan Pasien”.
  • Kemudian, masukkan data pasien BPJS Kesehatan sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga medis atau dokter, seperti diagnosa, jenis pelayanan yang diberikan (misalnya berobat jalan, rujuk lanjut, atau rawat inap), dan sebagainya.

Pendataan ini berperan buat memudahkan FKTP dalam klaim bayaran pelayanan yang sudah diserahkan pada pasien pada BPJS. Tidak hanya pendataan pendaftaran serta layanan pada pasien dengan cara biasa, saat ini PCare BPJS Kesehatan pula memiliki fitur yang bisa menolong pendataan terpaut berjalannya program vaksinasi COVID- 19. Fitur PCare BPJS Kesehatan program vaksinasi ini didatangkan dengan cara spesial dengan bentuk aplikasi. Dikutip dari siaran film YouTube saluran Pusat Penataran pembibitan SDM Kesehatan kepunyaan Departemen Kesehatan, selanjutnya cara membukukan vaksinasi melalui PCare BPJS Kesehatan:

  • Kunjungi laman berikut ini https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/vaksin  Atau, bisa juga dengan mengunduh aplikasi PCare Vaksinasi melalui toko aplikasi Google Play Store
  • Setelah itu, masukkan username dan password yang tadi telah didapatkan untuk login ke PCare Vaksinasi
  • Untuk mulai mendata peserta vaksinasi, klik opsi “Pencatatan Pelaksanaan Vaksin” di menu bar “Entry Vaksinasi”
  • Masukkan data peserta vaksinasi, seperti nama, NIK, profesi, dan sebagainya.
  • Selanjutnya, Anda sebagai petugas registrasi vaksinasi bisa menyimpan data tersebut
  • Lalu, klik opsi “pencatatan vaksinasi” dan cari peserta yang sedang menjalani skrining atau pemeriksaan kelayanan mendapat vaksin, dengan menginput identitasnya di kolom yang tersedia.
  • Ubah status petugas jadi “Pencatatan dan Observasi” setelah sebelumnya adalah “Pre-Registrasi”
  • Masukkan hasil skrining peserta, seperti suhu badan, tekanan darah, dan sebagainya.
  • Setelah peserta selesai diregistrasi dan di-skrining, tambahkan data pemberian jenis vaksin dan klik opsi “simpan”.
Trending:   Download MOD Yukle Com APK GTA V Mod Gratis

Data vaksinasi PCare BPJS Kesehatan ini akan tersembunyi serta terintegrasi langsung dengan aplikasi PeduliLindungi. Buat data sepenuhnya, Kamu dapat bertamu Pusat Layanan Data BPJS Kesehatan di nomor“ 1500400”. Butuh dikenal, PCare BPJS Kesehatan ini memanglah didesain buat mempermudah aparat kesehatan, bukan konsumen lazim. Sebaliknya konsumen lazim, dapat mengakses layanan digital BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Begitu cara daftar serta memakai PCare BPJS Kesehatan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.