Konsep Dasar Investasi Untuk Pemula
Konsep Dasar Investasi Untuk Pemula

Konsep Dasar Investasi Untuk Pemula

SITEKNONEWS – Konsep dasar investasi untuk pemula yang perlu dipahami agar dalam mneginvestasikan sebagian dari kekeyaan yang dimiliki benar-benar tepat sasaran dan yang paling utama adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Investasi merupakan hal yang menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini Karena kebanyakan orang memandang investasi merupkan hal yang bisa mendatangkan keuntungan yang besar, hingga banyak orang yang mencoba masuk ke dunia ini walupaun belum memiliki ilmu yang memadai dalam dunia investasi.

Karena tingginya minat dari kebanyakan orang tehadap investasi inilah yang membuat banyak bermunculan perusahaan yang menyediakan produk investasi dari dana kecil sekalipun. dari sinilah banyak pula orang yang rela menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk di investasikan ke sebuah produk investasi.

Namun sebelum masuk ke dunia investasi sebaiknya mempelajari dahulu konsep dasar investasi bagi pemula, karena akan sangat berguna ketika sudah masuk ke dalam dunia investasi kedepannnya.

Trending:   Stockbit Aplikasi Saham Online Terbaik Bagi Semua Investor

Baca Juga : Daftar Aplikasi investasi terdaftar OJK 2022

Konsep Dasar Investasi Untuk Pemula

1. Bunga majemuk

Bunga mejemuk yang menguntungkan ini jika di artikan adalah bunga yang menghasilkan bunga.

Contoh sederhananya adalah ketika berinvestasi sebesar Rp. 1 juta dengan bunga sebesar 10% pertahun, maka uang yang berkembang menjadi Rp. 1,1 juta pada tahun depan. Sehingga pada tahun selanjutnya maka besaran bunga yang diberikan bukan lagi dari Rp. 1 juta seperti modal awal melainkan berdasarkan tahun kedua yaitu Rp. 1,1 juta. Dimana besaran bunga akan menjadi total Rp. 1,21 juta.

Tentu bunga majemuk ini tentu sangat menguntungkan bagi investor. dan tentu akan sangat menggoda bagi siapa saja yang mengetahuinya.

Maka mulailah untuk berinvestasi sejak sekarang dengen menyisihkan sebagian dari pendapatan yang telah diterima, Karena ini akan sangat menguntungkan kedepannnya.

Trending:   Awas 3 Kelemahan Trading Kripto dan Bedanya dengan Investasi Reksadana

2. Alokasi aset

Alokas aset ini merupakan hal dasar yang perlu dilakukan, dimana tujuan utamanya adalah agar aset yang dimiliki bisa berkembang serta menghasilkan keuntungan.

Alokasi aset adalah menyebarkan modal yang dimiliki untuk membeli berbagai produk investasi yang dipandang memiliki nilai tinggi dimasa mendatang atau akan menghasilkan keuntungan.

Ketepatan dalam melakukan alokasi aset ini juga akan mempengaruhi tingkat pengembalian yang akan didapatkan dimasa mendatang.

3. Memilih investasi yang tepat.

Untuk memilih investasi yang tepat in tentu bukan perkara yang mudah, karena setiap produk investasi ini memiliki nilai profit yang nilai resiko sendiri-sendiri. Namun semua itu kembali lagi ke nilai resiko yang berkaitan dengan jumlah modal yang dimiliki dan jangka waktu investasi yang dilakukan.

Jika memiliki modal yang besar, berani mengambil resiko yang tinggi dan berinvestasi dengan jangka waktu yang panjang maka investasi membeli saham sebuah perusahaan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Trending:   Investasi Leher Ke Atas

Selain itu Investasi melalui Reksa Dana juga merupakan pilihan yang tepat, apalagi jika belum memiliki ilmu atau dasar yang memadai untuk melakukan investasi secara mendiri. Karena dengan reksa dana maka akan dibantu untuk memilih investasi dan juga menganalisa investasi yang menguntungkan kedepannya.

Namun jika ingin memilih investasi yang tingkat resikonya rendah maka dapat memilih investasi emas, bank atau lainnya yang tingkat resiko investasinya rendah.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Konsep Dasar Investasi Untuk Pemula, semoga bermanfaat!

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.