Mau Dapat BLT UMKM Rp. 1,2 Juta Ini Caranya
Mau Dapat BLT UMKM Rp. 1,2 Juta Ini Caranya

Mau Dapat BLT UMKM Rp. 1,2 Juta? Ini Caranya

SITEKNONEWS – Kabar baik bagi para pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Seluruh Indonesia,BLT Banpres BPUM Masih terus dilanjutkan. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sudah buka pengajuan atau pendaftaran program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha Mikro atau BPUM.

Kementrian Koperasi dan UKM, Bapak Eddy Menerangkan, Bahwa Program Banpres BPUM akan di bagikan kepada kurang lebih 12,8 Juta para pelaku Usaha Mikro diseluruh Indonesia.

Anggaran yang disiapkan untuk UMKM dengan total 12,8 Juta UMKM mencapai Rp. 15,36 Triliun Rupiah.

Banpres BPUM atau BLT UMKM  disalurkan kepada seluruh pelaku Usaha Mikro yang terimbas adanya pandemi covid19. baik untuk yang sudah pernah menerima Banpres BPUM BLT UMKM tahun 2020 maupun yang sedang di usulkan atau diolah. Keterangan Dari Bapak Eddy Kementrian Koperasi dan UKM.

Trending:   Begini Cara Cek Penerima BLT UMKM Banpres BPUM di eform.bri.go.id

Adapun penyaluran Bantuan BLT UMKM dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pertama yang sudah dilaksananan, anggaran dana yang dikucurkan pemerintah untuk UMKM mencapai Rp. 11,76 Triliun Rupiah, Dana tersebut disalurkan kepada 9,8 Juta UMKM diseluruh Indonesia. Sedangkan anggaran yang kedua ini, pemerintah menyiapkan kurang lebih Rp. 3, triliun Rupiah untuk UMK Seluruh Indonesia.

Ketentuan berkenaan nilai dari BPUM 2021 sendiri tertuang dalam Ketentuan Menteri Koperasi Nomor dua tahun 2021. Dalam ketentuan itu diterangkan, dana untuk UMKM ini tidak dapat dikasih ke aktor usaha micro yang terima KUR.

Syarat Pengajuan Banpres BPUM atau BLT UMKM

Berikut adalah persyaratan untuk Pemilik Usaha Mikro untuk dapat memperoleh Banpres BPUM BLT UMKM:

  1. Tidak pernah atau sudah pernah terima dana BPUM tahun Pertama
  2. Sedang tidak terima kredit Usaha Rakyat (KUR).
  3. Warna Negara Indonesia (WNI)
  4. Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Electronic
  5. bukan Aparat Sipil Negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, karyawan BUMN, atau karyawan BUMD.
  6. Mempunyai usaha mikro yang ditunjukkan dengan surat saran calon yang menerima BPUM dari pengusul BPUM.
Trending:   Ini Solusi Jika Tidak Terdaftar BLT UMKM Rp. 3,6 Juta di eform.bri.co.id

Cara Daftar Banpres BPUM / BLT UMKM

BPUM Untuk mendaftarkan program BPUM 2021, Para pelaku usaha mikro lebih dulu mengajukan diri ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kabupaten atau kota masing-masing.

Sesudah disodorkan ke Dinas Koperasi UKM tingkat kabupaten, karena itu seterusnya akan dilewati proses dengan bertahap dari propinsi sampai KemenkopUKM.

Ada banyak data yang perlu dipenuhi dengan faksi yang ajukan diri untuk memperoleh BPUM.

Data itu yaitu seperti berikut:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) sama sesuai KTP Electronic
  • Nomor Kartu Keluarga 3. Nama Komplet
  • Alamat
  • Sektor Usaha
  • Nomor Telephone

 

Nanti, akan dilaksanakan proses klarifikasi atas data itu. Proses klarifikasi itu mencakup klarifikasi identitas dan kelengkapan document yang sudah dilakukan oleh Dinas Koperasi UKM kabupaten/kota.

 

Proses klarifikasi itu dibutuhkan untuk pastikan yang menerima BPUM tidak mempunyai identitas double atau duplikasi dengan yang menerima BPUM lain dan untuk memasitkan NIK sesuai pola administrasi kependudukan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
Umkm Bantuan Atau Pinjaman - Bantuan Usaha Kecil Menengah -

Leave a Reply

Your email address will not be published.