Mengenal Apa Itu Reksa Dana, Jenis Dan Manfaatnya
Mengenal Apa Itu Reksa Dana, Jenis Dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Reksa Dana, Jenis Dan Manfaatnya

SITEKNONEWS – Bagi yang ingin tahu apa itu Reksa Dana? lalu apa saja jenis dari Reksa Dana serta manfaat dari Reksa Dana? yuk simak artikel Mengenal apa itu Reksa Dana, Jenis Dan Manfaatnya ini sampai selesai.

Pengertian Reksa Dana

Reksa Dana adalah sebuah alternatif investasi untuk masyarakat atau perorangan yang memiliki modal, khususnya modal kecil yang tidak memiliki waktu dan juga tidak memiliki keahlian untuk menghitung resiko dari investasi yang diikuti poleh pemodal.

Trending:   Investasi Reksa Dana Saham dengan Modal Awal Rp100.000,-

Atau Resa Dana juga dapat diartikan sebagai wadah yang dapat digunakan untuk menghimpun dana investasi dari perorangan atau masyarakat yang selanjutnya akan di investasukan dalan portofolio efek oleh menager investasi.

Reksa Dana ini di rencang untuk menghimpun dana dari perorangan atau masyarakat yang memiliki modal dan keinginan untuk melakukan investasi. Sedangkan perorangan atau masyarakat tersebut dinilai kurang memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas tentang  resiko atas investasinya.

Selain itu Reksa Dana juga dapat membarikan edukasi yang dapat meningkatkan peran pemodal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Dari pengertian diatas maka dapat di ambil tiga poin pokok yaitu Pemodal, Dana Investasi, dan Manager investasi sebagai pengelola dana. Dengan demikian maka dana yang ada di Reksa Dana merupakan dana bersama dari pemodal, sedangakan menager investasi merupakan pihak mewadahi dana dan dipercaya menglola dana tersebut.

Trending:   Broker Forex Terbaik dan terpercaya Tahun Ini

Manfaat Reksa Dana

Bagi calon pemodal yang ingin tahu manfaat yang didapat dari Reksa Dana maka dapat menyimak penjelasan dari manfaat yang akan didapat dari berinvestasi melalui Reksa Dana berikut ini:

1. Dapat melakukan Investasi dengan dana kecil

Dengan dana yang kecil pemodal tetap dapat melakukan diversifikasi investasi delam efek, sehingga dapat memperkecil resiko. Dimana pemodal dengan dana kecil atau terbatas tettap dapat memiliki portofolio obligasi. Portofolio obligasi adalah sesuatu yang tidak mungkin dimiliki jika tidak berinvestasi dana dakam jumlah besar.

Akan tetapi melaui sarana Reksa Dana, dana yang kecil tersebut akan terkumpul menjadi dana yang besar sehingga akan memudahkan diversifikasi baik untuk intrumens pasar modal maupun pasar uang. Atau dapat di artikan investasi dapat dilakukan pada semua jenis instrumens seperti deposito, saham, dan obligasi.

Trending:   Cara Memulai Investasi Cryptocurrency

2. Mepermudah dalam berinvestasi

Dengan Reksa Dana ini akan mempermudah bagi pemodal dalam melakukan investasi di pasar modal. Karena dalam menentukan saham-saham yang baik untuk dibeli bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Dan tentu membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus untuk itulah Reksa Dana hadir untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

3. Efisiensi Waktu

Berinvestasi melalui Reksa Dana akan menghemat waktu  karena dana pemodal akan dikelola oleh manager investasi profesional, sehingga pemodal tidak perlu repot-repot memantau perkembangan investasinya karena hal tersebut telah dialihkan kepada manager investasi.

Resiko Reksa Dana

Dalam Sebuah investasi tentu memiliki sisi yang mendatangkan peluan keuntungan, namun disisi lain tentu juga memiliki peluang resiko. Berikut ini adalah beberapa peluang resiko pada reksa dana:

1. Resiko Berkurangnya Nilai unit penyertaan

Hal ini dipengaruhi oleh turunnya harga dari efek (saham, obligasi, dan surat berharga lainnya) yang masuk dalan portofolio Reksa Dana.

Trending:   Investasi Leher Ke Atas

2. Resiko Likuiditas

Resiko ini berkaitan dengan kesulitan yang akan dihadapi oleh manager investasi jika sebagian besar unit melakukan penjualan kembali atas unit unit yang dipeganngnya.

3. Resiko Wanprestasi

Resiko Wanprestasi merupaka resiko terburuk yang timbul ketika perusahaan asuransi yang mengasuransikan kekayaan Deksa Dana tidak segera membayar ganti rugi atau melekukan pembayaran lebih rendah dari nilai yang  seharusnya ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jenis-jenis Reksa Dana

1. Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Funds)

Merupakan jenis Reksa Dana yang dapat digunakan untuk melakukan investasi pada Efek yang bersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun yang memiliki tujuan untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed income Funds)

Merupakan jenis Reksa Dana yang dapat digunakan untuk melakukan investasi sekurang-kurangnya 80 % dari  aktivanya dalam bentuk Efek yang bersifat utang.  Tujuan nya adalah untuk menghasilkan tingakt pengembalian yang stabil.

Trending:   Investasi di OVO Cara Daftar dan Keuntungannya

3. Resa Dana Saham (Equity Funds)

Merupakan jenis Reksa Dana yang dapat digunakan untuk melakukan investasi sekurang-kurangnya 80 % dari  aktivanya yang bersifat Ekuitas. Resikonya lebih tinggi dibandingkan dengan 2 investasi lainnya di atas, namun tingkat pengembalian lebih tinggi.

4. Reksa Dana Campuran

Merupakan jenis Reksa Dana yang dapat melakukan investasi delam Efek bersifat ekuitas dan Efek bersifat Utang.

Demikianlah ulasan tentang Mengenal Apa Itu Reksa Dana, Jenis Dan Manfaatnya, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *