Mensos Risma Nyatakan Bansos Rp. 600 Ribu Akan Segera Dicairkan Juli 2021
Mensos Risma Nyatakan Bansos Rp. 600 Ribu Akan Segera Dicairkan Juli 2021

Mensos Risma Nyatakan Bansos Rp. 600 Ribu Akan Segera Dicairkan Juli 2021

SITEKNONEWS – Kabar Gembira, Bansos Tunai Bulan Mei dan Juni Di Rapel Bulan Ini, Senilai Rp. 600 Ribu Rupiah. Tri Rismaharini Menteri Sosial menjelaskan buat akselerasi program pelindungan sosial di periode PPKM Genting, faksinya selekasnya cairkan bansos (bantuan sosial) sejumlah Rp600.000.

Menteri Sosial Tri Risma
Menteri Sosial Tri Rismaharini

“Pada Mei dan Juni akan diberi Rp600 ribu sekalian. Tetapi saya meminta tidak boleh diijonkan (digadai) dan cuman untuk penuhi keperluan primer saja,” katanya seperti disampaikan Di antara, Senin (5/7/2021).

Risma menjelaskan, tindak lanjuti instruksi Presiden, Menteri Sosial Tri Rismaharini siap percepat pencairan bansos untuk warga terimbas wabah Covid-19.

Menurut Risma, data yang menerima bantuan sosial sempat terhalang oleh bank. Ini karena nama yang tertera pada data bank tidak sama persis dengan data punya Kementerian Sosial yang telah padan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Trending:   Bisakah Daftar Bansos Online? Bagaimana Cara Daftar Bansos 2021

“Di bank itu nama minimum 3 huruf dan tidak berupa angka, seperti nama ‘IT’, NA70, tetapi untuk kekeliruan minor yang lain bisa dikoordinasikan,” kata Bu Risma.

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Bansos Diskon Listrik Segera di Salurkan Minggu Ini

Presiden memberikan instruksi untuk Program Keluarga Harapan (PKH) supaya pencairannya dimajukan pada triwulan ke-3 pada bulan Juli. Dengan keinginan, dapat menolong warga terimbas wabah.

Selainnya PKH, Sidang Cabinet Pleno menyentuh dua tipe bansos lain dari Kemensos yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

BPNT/Kartu Sembako yang sekarang ini mencapai 15,93 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kembali dipertingkat capaiannya untuk 18,delapan juta KPM. BST dengan capaian 10 juta KPM jalan sepanjang 2 bulan, dengan dibayar pada Juli ini.

PKH dan BPNT/Kartu Sembako sebagai bantuan sosial reguler dalam rencana turunkan angka kemiskinan dengan sasaran berbasiskan Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pendistribusian PKH dan BPNT/Kartu Sembako dilaksanakan lewat jaringan Himpunan Beberapa bank Negara (Himbara).

Trending:   Presiden Jokowi Perintahkan Bansos Diskon Listrik Segera di Salurkan Minggu Ini

Baca Juga: Inilah Cara Dapat Diskon Token Listrik Gratis PLN Secara Online di stimulus.pln.co.id Sampai September 2021

PKH mencapai 10 juta KPM dengan index berdasar elemen dalam keluarga. BPNT/Kartu Sembako, sekarang ini, mencapai 15,93 juta KPM dengan index Rp200.000/KPM/bulan. Adapun BST sebagai bantuan sosial khusus dengan sasaran 10 KPM dengan index Rp300.000/KPM/bulan. BST diteruskan lewat kantor pos.

Yang menerima BST sebagai warga miskin yang belum terdata pada DTKS dan terimbas wabah. BST diteruskan pada Mei dan Juni, di mana pencairan bujetnya selekasnya dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *