Pedulilindungi. com Solusi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul
Pedulilindungi. com Solusi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Pedulilindungi. com Solusi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

SITEKNONEWS.COM – Pedulilindungi. com, PeduliLindungi sudah menjadi syarat untuk masuk dan mengakses fasilitas dan layanan umum yang terdapat di Indonesia. Tidak bingung, sudah banyak warga Indonesia yang memakainya.

Anda mau cek apakah sertifikat vaksin sudah jadi? Pula dapat mengeceknya dengan aplikasi PeduliLindungi. Metode cek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi amat gampang, tetapi lebih dahulu Anda wajib ketahui fitur dan manfaat aplikasi PeduliLindungi terlebih dulu.

Metode Cek Sertifikat Vaksin dengan PeduliLindungi

Seperti yang akan kita bahas di postingan ini, PeduliLindungi dapat Anda maanfaatkan untuk cek ataupun download sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin diperlukan bila Anda mau pergi ke suatu tempat yang mengharuskan vaksin.

Metode cek dan unduh sertifikat vaksin di PeduliLindungi gampang, selanjutnya dapat diperiksa langkah- langkahnya:

  1. Pertama, Anda harus download aplikasi PeduliLindungi di Google Play
  2. Selanjutnya buka aplikasi dan klik Register untuk daftar. Anda bisa daftar menggunakan alamat email atau nomor telepon.
  3. Jika sudah memiliki akun PeduliLindungi, Anda bisa klik Login.
  4. Selanjutnya masukkan data diri Anda, seperti nama lengkap, NIK dan nomor HP.
  5. Kemudian cek kode verifikasi yang akan dikirimkan lewat SMS.
  6. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima di kolom yang tersedia.
  7. Selanjutnya klik nama Anda di sudut kanan atas
  8. Lalu klik Sertifikat Vaksin.
  9. Jika sertifikat Anda sudah jadi, maka akan ditampilkan
  10. Terakhir Download sertifikat vaksin.
  11. Selesai.

Nanti, sertifikat vaksin tersebut bisa Anda tunjukkan kepada siapa pun yang membutuhkan bukti jika Anda sudah divaksin.

Cek Sertifikat Vaksin dengan PeduliLindungi
Cek Sertifikat Vaksin dengan PeduliLindungi

Solusi Jika Sertifikat Vaksin tidak Muncul di PeduliLindungi

Adakalanya, saat kamu sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 baik dari program pemerintah maupun swasta status sertifikat vaksin kamu tidak atau belum muncul.

#1 Cek Status Vaksin Covid-19 tanpa Aplikasi

Solusinya, kamu dapat mengecek lewat situs Pedulilindungi tanpa install aplikasi. Berikut cara cepatnya:
  1. Buka situs https://www.pedulilindungi.id/
  2. Masukkan nama lengkap serta NIK (Nomor KTP) pada kolom yang tersedia
  3. Klik tombol verifikasi Captcha
  4. Ketuk tombol “Periksa
  5. Jika muncul status “Sudah vaksin kedua” maka sertifikat vaksin kamu sudah siap diunduh lewat aplikasi Peduli Lindungi

Solusi sertifikat vaksin tidak muncul via email

Jika lewat cara diatas status vaksin 1 ataupun2 tidak muncul padahal kamu sudah menerima vaksin tersebut, kamu perlu mengajukan keluhan secara langsung ke tim Kemenkes lewat Peduli Lindungi. berikut langkah-langkahnya:
  1. Kirim email ke alamat [email protected]
  2. Masukkan judul/subjek pesan “Sertifikat Vaksin Tidak Muncul
  3. Sampaikan keluhan bahwa sertifikat kamu tidak muncul dengan memberikan detil informasi berikut ini: nama sesuai KTP, NIK, tempat tanggal lahir, dan nomor ponsel.
  4. Attach dokumen berupa kartu vaksin yang kamu terima saat divaksin
  5. Jangan lupa sertakan swafoto sambil memegang KTP dengan tulisan dan wajah terlihat dengan jelas.
  6. Kirim email tersebut dan tunggu konfirmasi dari tim PeduliLindungi

Selesai, dengan mengikuti langkah-langkah diatas, sertifikat vaksin tidak muncul berhasil terselesaikan dalam beberapa hari kerja.

Manfaat Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi ini yang dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, yang mempunyai manfaat untuk menolong melacak dan mengakhiri penyebaran Covid- 19.

Aplikasi dapat Anda miliki free dari Google Play. Sedangkan ini, sudah terdapat 10 juta warga Indonesia yang menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Nilai itu tercantum jauh dari harapan Pemerintah Indonesia, mengenang jumlah WNI yang menggapai 273, 4 juta.

Memanglah, seluruh warga diharapkan menggunakan aplikasi ini demi supaya dapat berhasil melawan endemi Covid- 19. PeduliLindungi akan membuat warga aktif dan partisipatif dalam menolong pemerintah.

Supaya Anda lebih mengerti mengenai aplikasi PeduliLindungi, dapat membaca manfaat- manfaatnya di dasar ini:

1. Memberi Informasi Terkait dengan Zonasi

Kala Anda melakukan perjalanan ke suatu kota, wajib cek terlebih dulu status dari kota itu. Perihal ini dapat Anda jalani dengan gampang bila menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Alasannya, aplikasi akan langsung memberitahu Anda kala awal kali masuk ke alam. Alam sendiri dipecah menjadi 4, ialah alam merah, oranye, kuning dan hijau.

Alam itu ditentukan oleh KPCPEN, atau Panitia Penindakan Covid- 19 dan Penyembuhan Ekonomi Nasional. Jadi bisa ditentukan keabsahannya.

Berkah aplikasi ini, Anda akan lebih aware kala masuk ke alam merah atau oranye misalnya. Kebalikannya, kala masuk ke alam hijau, Anda dapat lebih bebas. Tetapi senantiasa wajib menerapkan protokol kesehatan.

2. Contact Tracing

Menggunakan aplikasi terkini satu ini pula dapat memaksimalkan tingkatan keamanan pengguna. Fitur contact tracing akan melayankan notifikasi misal pengguna sempat bersinggungan dengan tersangka penderita Covid- 19.

Nah, setelah menerima notifikasi dari PeduliLindungi, diharapkan pengguna melakukan protokol kesehatan seperti yang direkomendasikan pemerintah.

Setelah menerima notifikasi, Anda dapat isolasi mandiri di rumah sepanjang kurang lebih 2 pekan. Dengan demikian ini mata kaitan penyebaran Covid sukses dihentikan.

Sedemikian itu pula bila Anda di nyatakan positif Covid- 19, PeduliLindungi akan memohon contact tracing Anda sepanjang 14 hari terakhir.

Trending:   Jadwal Imunisasi IDAI Untuk Anak Usia 0-18 Tahun 2020

Esoknya orang yang sempat kontak dengan Anda akan menerima notifikasi untuk melakukan isolasi mandiri. Bila terdapat pertanda gawat, dapat langsung bertamu Satgas Covid setempat.

3. Menampilkan Statistik Kasus Covid- 19

Dengan PeduliLindungi, Anda pula dapat mengakses statis kasus Covid- 19 yang terletak di dekat posisi Anda. Jadi Anda dapat ketahui dengan nyata apakah tempat itu betul- betul rawan atau tidak.

Nyatanya, seluruh informasi yang masuk mempunyai ketepatan yang baik, walaupun tidak 100%. Tetapi, apa juga statistiknya, Anda wajib senantiasa cermas dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Statistik kasus Covid- 19 di PeduliLindungi terdiri dari kasus positif, kasus tewas dan kasus membaik. Terdapat pula track record dari posisi itu, apakah lagi naik atau turun.

4. Memberitahu Pengguna di Keramaian

PeduliLindungi pula akan memberitahu Anda bila lagi terletak di keramaian. Perihal ini berarti sebagai pengingat supaya Anda senantiasa cermas dan melindungi jarak dengan orang lain.

Bila dapat, segera bisa jadi berupaya untuk meninggalkan tempat itu. Terus menjadi lama Anda terletak di keramaian, terlebih tempat tertutup, terus menjadi besar kesempatan Anda untuk tertular Covid- 19.

Tetapi, bila memanglah tidak penting- penting amat, upayakan untuk menjauhi keramaian. Bila untuk hal remeh seperti berbelanja, nangkring dan semacamnya, dapat Anda jalani dengan gampang dari rumah.

5. Paspor Digital

Saat ini ini, pergi ke mana- mana tidak cuma menginginkan karcis, paspor dan semacamnya, tetapi pula sertifikat vaksin dan uji Covid- 19. Tanpa keduanya, Anda tidak dapat masuk atau mengakses fasilitas umum.

PeduliLindungi dapat menjadi paspor digital, yang dapat Anda tunjukkan ke petugas bila menginginkan. Seluruhnya asi sebab berawal dari makmal yang bertugas serupa dengan terafiliasi dengan pemerintah.

Bila memerlukan, Anda pula dapat mengunduh sertifikat vaksin dari PeduliLindungi. Bila Anda sudah divaksin, dapat menggunakan PeduliLindungi untuk cek apakah sertifikatnya sudah muncul atau belum.

6. Registrasi Vaksin

Bila terdapat registrasi vaksin yang dibuka oleh pemerintah, PeduliLindungi akan membagikan notifikasi pada Anda. Jadi Anda dapat catatan dengan kilat dan tidak terlalui orang lain.

Aplikasi terkini satu ini pula mempermudah pengguna dengan fitur akses dengan cara online. Triknya pula gampang, sediakan saja informasi diri yang diperlukan seperti foto KTP dan semacamnya.

Vaksin memanglah tidak akan menghindarkan Anda dari Covid- 19, tetapi dapat meminimalisir pertanda bila Anda tertular. Sebab itu, bila terdapat peluang segera daftarkan diri Anda.

7. Diari Perjalanan

Kala Anda menggunakan aplikasi PeduliLindungi, hingga wajib berkenan dilacak oleh pemerintah. Aplikasi ini diaktifkan berbarengan dengan GPS, jadi history perjalanan Anda akan direkam.

PeduliLindungi dapat menaruh dan menampilkan riwayat perjalanan Anda lebih dahulu. Perihal ini amat menolong pemerintah dalam melakukan contact tracing dan tracking.

Jadi, siapa juga yang positif Covid- 19 dan banyak orang yang sempat kontak dengannya akan ditemui dengan gampang. Berikutnya mereka diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri dalam durasi yang ditentukan.

8. Telemedisin

Fitur dan manfaat yang lain dari aplikasi PeduliLindungi merupakan teledokter dan telemedisin. Artinya, Anda dapat diskusi dengan dokter kemudian memperoleh obat dari jauh.

Anda tidak butuh tiba lansgung ke tempat dokter, yang rawan berjumpa dengan orang sakit. Dengan teledokter dan telemedisin, Anda akan lebih aman dari tertular Covid- 19.

Teledokter dan telemedisin sendiri akan difasilitasi oleh aplikasi PeduliLindungi atau pihak ketiga. Seluruhnya lezat dan terpercaya, Anda tidak butuh takut serupa sekali.

9. e- Hac

Anda pula dapat membuat e- Hac atau electronic health alert card di aplikasi PeduliLindungi. Apa sih sesungguhnya e- Hac itu?

Jadi, e- Hac merupakan kartu kecermatan, ialah blangko yang harus diisi oleh pengguna yang mau melakukan perjalanan. E- Hac ini esoknya dapat ditunjukkan ke petugas kesehatan di bandara kedatangan atau tujuan.

Perihal ini amat berarti, sebab petugas kesehatan akan ketahui situasi Anda. Ini demi mengakhiri penyebaran Covid- 19 di rute penerbangan, yang memanglah kerap lulus.

10. Sebagai Bukti untuk Mengakses Layanan Umum

XX

Tanya- jawab Aplikasi PeduliLindungi Terbaru

Selanjutnya sebagian pertanyaan jawab terkenal yang kerap diajukan pengguna terkait pemakaian fitur dan hambatan yang muncul di aplikasi PeduliLindungi.

Bagaimana Metode Untuk Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi?

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda cuma wajib melakukan scan isyarat QR dikala akan masuk ke tempat yang dituju. Akan namun Anda wajib login dahulu saat sebelum melakukan scan QR ini.

Kenapa Muncul Warna Kuning di Aplikasi PeduliLindungi?

Bila warna merah menunjukkan belum divaksinasi covid- 19, hingga warna kuning tandanya Anda sudah divaksin 1 kali saja dan belum mendapatkan vaksin komplit. Perihal itu pula menunjukkan kalau Anda tidaklah penderita covid- 19 atau bukan seorang yang kontak akrab dengan penderita.

Apakah di Bandara Wajib Scan PeduliLindungi?

Sebab tercantum tempat umum, hingga bandara mengharuskan untuk scan aplikasi PeduliLindungi ini. Saat sebelum masuk pesawat, para calon penumpang umumnya wajib melakukan scan isyarat QR dahulu di petugas check in cuma demi memastikan segala persyaratan sudah terpenuhi.

Begitu juga sudah diulas komplit oleh SITEKNONEWS.COM, PeduliLindungi mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk cek dan unduh sertifikat vaksin. Sertifikat vaksin diperlukan kala Anda wajib ke tempat khusus yang mengharuskan pengunjung untuk vaksin terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.