Pemerintah Kucurkan Tambahan Dana Bansos Rp. 39,19 Triliun
Pemerintah Kucurkan Tambahan Dana Bansos Rp. 39,19 Triliun

Pemerintah Kucurkan Tambahan Dana Bansos Rp. 39,19 Triliun

SITEKNONEWS – Imbas pemberlakuan PPKM Darurat Pemerintah Mengucurkan Penambahan Bantuan Sosial senilai Total Rp. 39.19 Triliun. Seperti yang dikatakan Menko Maritim dan Invenstasi Luhut Binsar Pandjaitan, PPKM Darurat bukan pilihan mudah, Pemerintah mengetahui Implementasi peraturan PPKM Darurat ini berpengaruh besar ke perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu pemerintah akan menambah buget Bansos (bantuan sosial).

“PPKM darurat bukan keputusan gampang. Di satu segi pemerintahan harus tekan penebaran Virus Variasi Delta yang eksponensial, di lain sisi imbas ekonomi rakyat kecil lumayan besar karena pengurangan mobilisasi dan kegiatan warga,” seperti dikutip suara surabaya.

“Untuk mengurangi beban rakyat terimbas PPKM Genting, Bapak Presiden memerintah kami beberapa menteri untuk memberinya tambahan kontribusi. Pemerintahan akan memberinya tambahan bansos sejumlah Rp39,19 triliun yang bakal selekasnya dikocorkan oleh Menteri Keuangan dan Menteri Sosial,” ucapnya.

Aturan PPKM Darurat

  1. Sektor non-esensial menerapkan 100 % work from home (WFH)
  2. Seluruh kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara daring atau online
  3. Untuk sektor esensial diberlakukan 50% maksimum staf WFO dengan syarat protokol kesehatan ketat. Untuk sektor kritikal diperbolehkan sebanyak 100% staf WFO dengan protokol kesehatan ketat.
    • Cakupan sektor esensial meliputi keuangan, perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non-penanganan karantina, serta industri orientasi ekspor.
    • Cakupan sektor kritikal yakni energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan, minuman dan penunjangnya, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar, serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.
    • Untuk supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50%. Untuk apotek dan toko obat bisa buka 24 jam.
  4. Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan tutup.
  5. Pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum baik yang berada pada lokasi tersendiri atau lokasi di pusat perbelanjaan hanya menerima delivery dan tidak menerima makan di tempat.
  6. Pelaksanaan kegiatan konstruksi (tempat konstruksi dan lokasi proyek) beroperasi 100% dengan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat.
  7. Tempat ibadah dan tempat umum lain yang difungsikan sebagai tempat ibadah ditutup sementara.
  8. Fasilitas umum ditutup sementara.
  9. Kegiatan seni budaya, olahraga, dan sosial kemasyarakatan, ditutup sementara.
  10. Transportasi umum dan kendaraan sewa diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70% dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.
  11. Resepsi pernikahan dihadiri maksimal 30 orang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan tidak diperkenankan makan di tempat
  12. Makanan dapat disediakan dengan wadah tertutup untuk dibawa pulang.
  13. Pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi jarak jauh harus menunjukkan kartu vaksin dan PCR H-2 (untuk pesawat) dan H-1 untuk moda transportasi jauh lain.
  14. Masker tetap dipakai saat melaksanakan kegiatan di luar rumah. Tidak diizinkan penggunaan face shield tanpa penggunaan masker.
  15. Pelaksanaan PPKM Mikro di RT/RW zona merah tetap diberlakukan.
Trending:   Link Pendaftaran CPNS Kota Samarinda 2021 | Formasi Jadwal dan Soal SKD

Dengan adanya peraturan PPKM Darurat diatas, maka beban masyarakat akan semakin besar. Bagi masyarakt yang untuk kebutuhan harian harus mencari diluar rumah, maka sangat berpengaruh. Dengan kucuran Bantuan Sosial maka kebutuhan mereka akan sedikit terbantu.

Kontribusi itu mencakup kontribusi beras bulog sekitar 10 kg untuk 18,sembilan juta keluarga yang menerima faedah (KPM). Pemberian tambahan sembako sepanjang tiga bulan untuk 18,sembilan juta KPM. Selanjutnya bansos tunai untuk 10 juta KPM. Bantuan sosial tambahan untuk 5,sembilan juta KPM saran wilayah.

Disamping itu, kata Luhut, Bantuan sosial itu termasuk juga untuk tambahan kontribusi kartu prakerja sebesar Rp10 triliun. Bantuan listrik rumah tangga tegangan 450 volt dan 900 volt yang diundur sampai 3 bulan. perpanjangan kontribusi paket internet sepanjang 6 bulan untuk guru, pelajar, mahasiswa, dan dosen.

“Selainnya tambahan bujet bansos itu pemerintahan tingkatkan peruntukan bujet untuk kesehatan sejumlah Rp33,21 triliun. Diantaranya untuk tambahan biaya anggaran perawatan pasien Covid-19 di dalam rumah sakit, tambahan stimulan nakes dan tenaga vaksinasi, pembuatan rumah sakit lapangan, pembelian oksigen, dan pembagian 2 juta obat gratis yang telah diawali presiden tempo hari,” katanya.(den)

Trending:   Link Pendaftaran CPNS Kabupaten Bintan 2021 | Formasi Jadwal dan Soal SKD

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.