Pengertian Apa Itu Blockchain dan Bagaimana Cara Kerjanya Dalam Dunia Kripto?
Pengertian Apa Itu Blockchain dan Bagaimana Cara Kerjanya Dalam Dunia Kripto?

Pengertian Apa Itu Blockchain dan Bagaimana Cara Kerjanya Dalam Dunia Kripto?

Siteknonews.com – Popularitas cryptocurrency/cryptocurrency terus berlanjut dari tahun ke tahun, tentunya hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Nah, dalam transaksi digital kripto ini ada istilah blockchain, apa itu blockchain dan bagaimana cara kerjanya?

Bagi mereka yang masih baru di dunia kripto, diskusi tentang pemahaman tentang blockchain dan cara kerjanya tentu menjadi suatu keharusan untuk lebih memahami transaksi masa depan yang melibatkan mata uang kripto seperti Bitcoin atau Dogecoin.

Pengertian Blockchain

Evolusi teknologi yang kita bagikan saat ini tentu memaksa kita untuk beradaptasi dengan perubahan pola aktivitas yang ada dimana awalnya setiap transaksi yang kita lakukan menggunakan uang fisik, namun sekarang kita bisa melakukan pembayaran digital. Salah satu area fokus terbesar adalah teknologi blockchain.

Blockchain adalah kumpulan catatan yang dikelola oleh sistem komputer yang tidak dimiliki oleh entitas mana pun.

Kriptografi adalah prinsip yang digunakan untuk menghubungkan dan melindungi berbagai blok data yang dikandungnya. Jaringan yang dikandungnya tidak memiliki otoritas pusat karena merupakan catatan yang dibagikan dan tidak dapat diubah, semua informasi yang dikandungnya terbuka bagi siapa saja yang ingin melihatnya.

Untuk alasan ini, semua yang dibangun di blockchain sebagian besar transparan dan semua orang yang terlibat di dalamnya bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Menariknya, sistem blockchain ini tidak memerlukan biaya transaksi seperti infrastruktur. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa blockchain adalah cara paling sederhana dan termudah untuk mentransfer informasi dengan cepat, aman, dan otomatis.

Misalnya ketika kita membeli tiket kereta api di sebuah aplikasi atau di situs web. Penyedia kartu kredit akan memproses transaksi.

Cara Kerja Teknologi Blockchain

Blockchain dimulai ketika sebuah blok menerima informasi baru. Sistem blockchain terdiri dari transaksi dan blok yang berisi serangkaian hash kriptografi dan blok sebelumnya untuk membentuk jaringan. Blockchain bekerja dengan merekam informasi yang tidak dapat diubah.

Sifat dari blockchain yang terdesentralisasi membuat teknologi ini tidak bergantung pada otoritas eksternal untuk validasi dan integritas keaslian data. Proses ini adalah proses terdesentralisasi yang umum antara node jaringan untuk memastikan informasi valid.

Setelah proses deenterisasi, data ditambahkan ke blok baru. Setiap blok berisi hash atau kode unik. Meskipun rata-rata transaksi blockchain adalah investasi, blockchain dapat menyimpan berbagai jenis informasi di blok yang sama.

Kelebihan Blockchain

Seperti yang diketahui, adalah fakta bahwa blockchain ini sangat populer dan disukai oleh berbagai kelompok di seluruh dunia. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari blockchain yang menjadikannya favorit di antara berbagai kelompok di seluruh dunia.

1. Kualitas keamanan data terjamin

Database di blockchain adalah Append Only yang hanya dapat menambahkan dan tidak memberikan akses untuk mengubah data atau tidak. Hal ini menyulitkan para peretas yang ingin meretas data di dalam blockchain.

2. Penggunaan sistem yang lebih transparan

Seperti yang telah kami jelaskan di awal, teknologi blockchain menawarkan keunggulan berupa penyimpanan transaksi yang efisien dan pelacakan informasi. Hal ini juga tercermin dalam keamanan dan transparansi data yang disimpan. Hal ini tercermin dari fakta bahwa dalam suatu transaksi, akses publik dapat dilihat oleh semua pihak tanpa harus melalui proses login terlebih dahulu.

Berbeda dengan sistem bank sendiri, sistem blockchain sendiri berbeda karena menggunakan semua teknologi yang telah berhasil digunakan dalam blockchain, semua data, informasi bahkan dana yang diberikan oleh pengguna tidak akan jatuh ke tangan orang lain. tanpa sepengetahuan pengguna itu sendiri.

3. Kualitas ujian yang jauh lebih baik

Ada keuntungan yang ditawarkan blockchain ketika pengguna diberikan akses untuk mengetahui seluruh sejarah dan jejak aset Audi yang dimiliki oleh pengguna. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi risiko penyelewengan dana yang saat ini marak terjadi di lingkungan bisnis.

4. Dapat menghindari kemungkinan biaya perantara

Keberadaan blockchain tidak hanya akan membantu menghilangkan biaya perantara. Perantara, atau biasa disebut dengan makelar, sering kali menambahkan biaya transaksi sebagai bentuk balas jasa atas jasanya sebagai imbalan atas peran sesuatu.

Nah, itulah kelebihan dari blockchain, dimana setiap tindakan atau aktivitas menjadi lebih terorganisir, terstruktur dan terarah untuk mencatat sejarah dan jejak. Itu juga akan menjadi lebih abadi dan tahan lama.

Manfaat blockchain

Teknologi Blockchain dapat digunakan di segala bidang, terutama di bidang keuangan. Karena blockchain selalu dibandingkan dengan buku kas dalam bentuk digital, yang hanya memiliki keunggulan dapat diakses dan diakses oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja dengan cara yang sangat sederhana, tanpa perlu izin persetujuan dari lembaga keuangan. seperti bank.

Keberadaan blockchain dapat memudahkan dan memberikan rasa aman karena prinsip transparansi yang telah kami jelaskan. Ketika kebijakan tersebut bertujuan untuk meminimalkan frekuensi penyelewengan dana oleh elemen tertentu.

Trending:   7 Aset Kripto yang Prospektif di Tahun 2022

Blockchain juga dapat digunakan di bidang keuangan dengan bukti Pada tahun 2018, McKinsey pernah menyusun tabel peluang blockchain tertentu yang dapat memverifikasi kemungkinan blockchain di berbagai bidang lain seperti media, real estat, telekomunikasi, kedokteran, pertanian. , dan banyak lagi.

Perbedaan antara blockchain dan cryptocurrency

Perbedaan dari dua hal di atas adalah bahwa cryptocurrency adalah sistem dengan properti di mana-mana. Apa artinya? Tujuan dari fitur ini adalah bahwa cryptocurrency ini tidak dapat dikendalikan oleh orang atau perusahaan lain.

Inilah Pengertian Apa Itu Blockchain dan Bagaimana Cara Kerjanya Dalam Dunia Kripto. Perlu diketahui bahwa blockchain ini sangat luas dan memiliki banyak aplikasi di berbagai bidang, terutama di sektor keuangan.