Pengertian Arti dan Sejarah Warna Bendera Singapura
Pengertian Arti dan Sejarah Warna Bendera Singapura
Pengertian Arti dan Sejarah Warna Bendera Singapura

Pengertian Arti dan Sejarah Warna Bendera Singapura

SITEKNONEWS.COM – Warna Bendera Singapura, Bendera Singapura bisa dibilang mirip dengan bendera Indonesia ialah terdiri dari dua garis horizontal di mana bagian atas bercorak merah dan bagian dasar bercorak putih. Pada bagian merah ada bulan sabit bercorak putih yang dikelilingi oleh 5 bintang yang tertata dalam bentuk pentagon.

Bendera Singapura melambangkan bukti diri negaranya dan dengan begitu, penting untuk dewan menteri buat membuat suatu yang bisa menolong buat mengekspresikan dan mewujudkan keyakinan dan aspirasi rakyat Singapura. Bendera ini dikira sebagai agama mereka, semangat buat demokrasi, perdamaian, dan keadilan.

Bendera Singapura
Bendera Singapura

Arti Bendera Singapura

Merah pada bendera melambangkan kesetaraan dan rasa persatuan di antara seluruh masyarakat Singapura. Warna putih pada bendera mewakili rasa keaslian dan kebajikan. Sebaliknya bulan sabit dipakai buat melambangkan rasa kemudaan Singapura sebagai negeri yang lagi maju.

Kelima bintang yang disusun berbentuk pentagon mewakili cita- cita yang diasosiasikan Singapura sebagai negeri demokratis. Kelima bintang itu melambangkan kesetaraan, demokrasi, kemajuan, perdamaian, dan keadilan.

Sejarah Bendera Singapura

Pada dini era ke- 19, industri India Timur Britania, bagian dari Kerajaan Inggris yang lebih besar memiliki pos perdagangan di Singapura, semacam perihalnya di beberapa besar tempat lain di bumi. Sebab alibi ini, bendera yang dikibarkan ialah bendera garis- garis yang bercorak merah dan putih dengan lambang Union Jack( dari Inggris) di ujung kiri atas.

Setelah itu, Singapura dikelompokkan jadi Penang dan Malaka, yang juga diketahui sebagai Pemukiman Antara. Bendera yang dipakai di Singapura pada dikala ini terdiri dari bagian bercorak biru bersama dengan bendera persatuan Inggris di bagian kiri atas dan juga ada bundaran bercorak putih pada bagian kanan. Pada bagian putih itu ada warna merah semacam bentuk belah ketupat, garis putih berbentuk Y, dan 3 buah mahkota di dalam garis putih.

Sejarah Bendera Singapura
Sejarah Bendera Singapura

Pada tahun 1942, Jepang menjajah Singapura. Sepanjang era kolonialisme, bendera Jepang dipakai sebagai bendera Indonesia. Tetapi setelah itu Jepang sukses dikalahkan sehabis peperangan bersama dengan Amerika Sindikat pada tahun 1945. Semenjak dikala ini, Inggris setelah itu balik dengan menggunakan bendera lebih dahulu ialah aspek biru, lambang bendera persatuan Inggris, dan lambang putih, merah, dan mahkota di bagian kanan.

Pada tahun 1959, Singapura mendapatkan era pemerintahannya sendiri setelah itu kesimpulannya bisa menggunakan bendera kenegaraan Singapura sendiri yang sampai dikala ini diketahui dan secara resmi dilembagakan.

Setelah itu pada tahun 1963, Singapura berasosiasi dengan Tanah Melayu berbarengan dengan Sarawak dan Sabah yang setelah itu diketahui sebagai Malaysia. Tetapi setelah itu Singapura dikeluarkan dan kesimpulannya menyudahi buat jadi republik pada tahun 1965.

Dokter. Toh Chih memiliki peranan yang penting dalam pembuatan bendera buat Singapura. Ia ditugaskan oleh panitia buat meningkatkan bendera Singapura. Beliau menekuni bendera di negara- negara yang tertera di PBB setelah itu membuat saran pada dewan menteri mengenai kemungkinkan desain- desain yang telah terbuat.

Trending:   Mau Dapat BLT UMKM Rp. 1,2 Juta? Ini Caranya

Awal mulanya beliau ragu dengan warna merah dan putih yang terbuat sebab negeri yang lain bisa saja terbuat bimbang dengan bendera negeri Polandia dan Indonesia. Tetapi pada kesimpulannya Badan Legislatif Singapura mengesahkan bendera merah putih pada tahun 1959 yang sampai dikala ini diketahui oleh bumi.

Tidak hanya bendera merah putih dengan lambang bulan sabit dan bintang, Singapura juga memiliki bendera yang lain semacam bendera awam, standar bendera kepresidenan, bendera rezim, bendera angkatan bersenjata, bendera opsir. Tiap- tiap bendera ini memiliki konsep yang berbeda dan tiap- tiap memiliki tujuan penggunaan dan makna yang berbeda.