Pengertian Dan Contoh Pengaplikasian Snowball Sampling Adalah

SITEKNONEWS.COM – Snowball Sampling Adalah Snowball sampling adalah salah satu teknik non- probabilitas yang diterapkan, terutama dalam sebuah penelitian sosial. Seperti namanya, teknik pengambilan sample ini nantinya akan memperbesar populasi sesuai dengan kriteria khusus yang ditafsirkan seperti bola salju yang menggelinding dan terus membesar.

Pengertian Snowball Sampling
Pengertian Snowball Sampling

Pengertian Snowball Sampling

Secara singkat, snowball sampling adalah teknik yang diterapkan untuk menentukan sample di mana mula- mula jumlahnya kecil. Setelah itu, sample yang tersaring disuruh untuk memilah sahabatnya ataupun perihal lain yang berhubungan dengan kriteria untuk dijadikan sample dan berikutnya. Dengan teknik ini nantinya jumlah sample akan semakin besar dan banyak.

  1. snowball sampling linear, di mana pembentukan kelompok sample akan dimulai dengan satu subjek individu yang akan memberikan berbagai informasi tentang satu subjek lain. Kemudian, rantai berlanjut dengan satu rujukan dari satu objek
  2. snowball sampling non-diskriminatif eksponensial, di mana subjek pertama dijadikan sumber dan ia akan memberikan lebih banyak referral untuk referensi. Referral tersebut akan membentuk referral lagi hingga jumlah subjek untuk sample terpenuhi
  3. snowball sampling diskriminatif eksponensial, di mana subjek memberikan banyak rujukan. Hanya saja, dalam rujukan yang berbeda hanya akan diambil satu subjek saja sebagai sumber sample
Trending:   backup wa

Keuntungan snowball Sampling

Teknik snowball sampling membagikan beberapa keuntungan untuk peneliti. Dengan teknik ini, hingga peneliti akan cenderung lebih kilat untuk menciptakan sample yang dikehendaki. Tidak hanya itu, penelitian dengan memakai teknik ini pula cenderung lebih hemat dari segi biaya.

Keuntungan snowball Sampling
Keuntungan snowball Sampling

Contoh snowball Sampling

Untuk membagikan cerminan lebih nyata mengenai snowball sampling, selanjutnya terdapat contoh hal pemakaian metode pengambilan sample ini.

Contoh:

Seseorang peneliti mau mewawancarai imigran yang tidak memiliki dokumen di Belanda. Misalnya, beliau mau mewawancarai beberapa individu yang bisa beliau temui di dini. Setelah itu, beberapa individu di dini mulanya jadi agen untuk membantu peneliti memperoleh individu lain yang ialah imigran tanpa dokumen di Belanda.

Cara ini nantinya akan membuat sample jadi lebih banyak dan lebih khusus. Peneliti dapat mengembangkan penelitian sampai memperoleh jumlah sample yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.