Pengertian dan Contoh Systematic Sampling Adalah
Pengertian dan Contoh Systematic Sampling Adalah

Pengertian dan Contoh Systematic Sampling Adalah

SITEKNONEWS.COM – Systematic Sampling Adalah, Guna memudahkan proses pengambilan sample, hingga membedakan sampling yang hendak diambil menjadi penting. Dalam perihal ini, butuh dikenal kalau terdapat sebagian teknik pengambilan sample yang dapat digunakan, salah satunya adalah systematic sampling.

Systematic sampling ialah salah satu bagian dari probability sampling. Dengan cara pendek, probability sampling adalah teknik sampling yang digunakan di mana subjek dalam penelitian memiliki kesempatan yang sama guna diseleksi sebagai subjek dalam penelitian.

Pengertian Systematic Sampling Adalah

Dengan cara pendek, pengertian systematic sampling adalah cara pengambilan sample di mana sample awal hendak didetetapkan dengan cara random. Setelahnya, sample yang diambil belakangan hendak didasarkan pada satu interval khusus.

Dalam teknik ini, setiap elemen populasi hendak dipilih dengan aplikasi jarak interval yang sudah diresmikan lebih dahulu. Salah satu perihal yang butuh dicermati untuk periset adalah detail dari nama semua populasi. Teknik systematic sampling tercantum teknik yang dapat digunakan dengan kilat.

Pengertian Systematic Sampling Adalah
Pengertian Systematic Sampling Adalah

Contoh Systematic Sampling

Bila sesuatu penelitian memiliki keseluruhan badan populasi sebesar 5000 orang dengan sample yang dikehendaki adalah 200 sample saja, hingga setiap sample elemen populasi hendak ditandai dengan nomor urut mulai dari 0001 sampai 5000.

Trending:   Berikut Yang Termasuk Makna Kewajiban Adalah?

Dengan pengangkaan itu, hingga guna menentukan jarak interval dari sample satu dan sample selanjutnya legal metode K= N/n.

Penjelasan dari metode itu adalah:

  • K: jarak interval
  • N: jumlah populasi
  • n: jumlah sample

Dengan metode di atas, hingga jarak interval pada ilustrasi penelitian adalah K= 5000 atau 200, diperoleh nilai 25. Dengan begitu, hingga 25 menjadi jarak interval buat pengambilan sample.

Bila sample awal yang diperoleh dengan cara random adalah populasi nomor 0002, hingga sample selanjutnya adalah nomor 0027 dengan jarak 25. Kalkulasi dilakukan lalu menembus sampai( n) ataupun jumlah sample terkabul cocok yang dibutuhkan, ialah 200 buah sample dalam permasalahan ini.

Dengan pemakaian systematic sampling, hingga proses pengambilan sample dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan tergolong mudah. Teknik ini dapat menjadi opsi yang tepat, paling utama buat penelitian dengan jumlah populasi yang mengarah besar.

Deskripsi: systematic sampling adalah salah satu teknik sample yang lumayan mudah dilakukan. Teknik ini memakai jarak interval dalam proses pengambilan sample.

Leave a Reply

Your email address will not be published.