Pengertian dan Jenis Obligasi Konversi
Pengertian dan Jenis Obligasi Konversi
Pengertian dan Jenis Obligasi Konversi

Pengertian dan Jenis Obligasi Konversi

SITEKNONEWS – Bagi yang ingin yang ingin tahu apa itu Obligasi Konversi dan apa saja jenis nya yuk simak ulasan pengertian dan jenis obligasi konversi berikut ini.

Instrumen dalam investasi sangatlah banyak dan beragam, dimana setiap instrumen memiliki jenisnya sendiri-sendiri. Dapat diambil contoh yaitu Obligasi, dimana salah satu jenisnya adalah Obligasi Konversi. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ulasan tentang obloigasi konversi.

Apa itu Obligasi?

Obligasi adalah sebuah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah yang ditawarkan kepada ivestor. Surat tersebut memiliki nilai atau nominal tertentu dan juga tanggal jatuh tempo.

Obligasi bagi sebuah perusahaan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan modal guna memperluas bisnis atau untuk mendanai sebuah proyek besar.

Sedangkan obligasi yang dikeluarkan pemerintah digunakan untuk pembiayaan APBN yang lebih besar dari investor pasar modal.

Lalu apa perbedaan Obligasi dengan Obligasi Konversi?

Apa itu Obligasi Konversi?

Obligasi Konversi (Convertible Bond) adalah jenis obligasi yang bisa di konversikan menjadi sebuah saham dari perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut.

Pada umumnya Obligasi konversi ini memiliki suku bunga kupon yang cukup rendah, hal tersebut disebabkan invertor dianggap menerima kompensasi yaitu kesempatan menukarkan efek tersebut menjadi saham biasa dengan harga yang leboih rendah dengan harga saham yang sebenarnya di pasar saham.

Keuntungan Investasi Obligasi Konversi

1. Dari sisi penerbit

Obligasi Konversi merupakan solusi terbaik bagi penrbit, mengingat pembayaran bunga di tahap awal lebih ringan.

Selain bunga yang ringan, juga memiliki keuntungan dengan berkurangnya kewajiban membayar utang, karena investor diperbolehkan menukar efeknya ke bentuk saham.

2. Dari sisi Pemodal

Obligasi Konversi ini dapat di ubah ke dalam bentuk saham, namun harga yang ditawarkan lebih rendah dengan harga saham yang ada di pasar saham. Hal ini sangat cocok bagi investor pemula, yang ingin investasi dengan cara aman.

Jenis – jenis Obligasi Konversi

1. Obligasi Tukar (Exchangeable Convertible)

Merupakan Obligasi yang asset dasarnya berasal dari perusahaan yang berbeda dari penerbit obligasi.

2. Obligasi Konversi Saham Preferen (Convertible Preffered Stock)

Hmapir mirip dengan obligasi lainnya hanya tingkat senioritasnya dalam struktur permodalan lebih rendah.

3. Obligasi wajib Konversi (Mondatory Convertible)

Jenis obligasi ini mewajibkan invertor untuk mengkonversi obligasi yang dimilik ke bentuk saham pada saat jatuh tempo. Terdapat dua harga konversi yng tersedia yaitu harga yang setara nilai saham dan harga diatas nilai pilar.

Investasi jenis ini memiliki waktu jatuh tempo yang sangat pendek dan juga imbal balik atau hasil yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk investasi jangka pendek.

4. Obligasi Konversi bersyarat

Obligasi jenis ini adalah jenis obligasi yang apabila ingin mengkonversi ke bentuk saham mak ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu harga saham yang berada di pasar saham harus mencapai presentase tertentu.

5. Vanilla Convertible Bonds

Obligasi ini merupakan jenis obligasi yang memberikan hak kepada investor untuk mengkonversikan sejumlah saham dengan harga yang telah ditentukan pada saat jatuh tempo.

Pada saat masa berlaku maka investor akan mendapatkan sejumlah kupon bunga dan ketika jatuh tempo mendapatkan hak atas nominal obligasi atau dikonversikan dalam bentuk saham.

6. Reverse Convertible

Jenis Obligasi ini memberikan hak untuk melakukan konversi kepada penerbit obligasi. Opsi tersebut adalah dengan membeli kembali obligasi secara tunai atau di konversikan ke bentuk ekuitas dengan harga dan kurs yang telah di tentukan ketika waktu jatuh tempo.

Resiko Investasi Obligasi Konversi

  1. Bunga lebih  rendah dibandingkan dengan bunga obligasi lainnya
  2. Pada saat di konversi ke dalam bentuk saham, belum tentu harga saham dalam kondisi tinggi.
  3. Penerbit memiliki resiko tidak membayar kupon obligasi, sehingga investor dibayar dalam bentuk saham.
Trending:   Aplikasi Trading Crypto Terbaik dan Terpopuler 2021

Nah, demikianlah sedikit ulasan tentang Pengertian dan Jenis Obligasi Konversi, semoga bermanfaat bagi kalian yang mencari referensi tetang investasi ini.

Terimakasih !