Pengertian Quota Sampling Adalah
Pengertian Quota Sampling Adalah

Pengertian Quota Sampling Adalah

SITEKNONEWS.COM – Quota Sampling Adalah, Teknik quota sampling atau disebut juga teknik sampling berjatah adalah salah satu bagian dari klasifikasi non- probability sampling. Tata cara pengambilan sampling ini dicoba dengan menitikberatkan pada pertimbangan dari peneliti yang bersangkutan. Tetapi, dalam prosesnya, ada standar dan ketentuan yang diresmikan tadinya buat diiringi.

Butuh dikenal, quota sampling mempunyai karakter yang mendekati dengan judgement sampling. Oleh sebab itu, uraian mengenai quota sampling dibutuhkan agar proses sampling dapat dicoba dengan lebih maksimum.

Quota Sampling Adalah

Ada sebagian penafsiran mengenai quota sampling yang butuh dikenal. Dengan cara pendek, quota sampling adalah teknik determinasi sample dari populasi khusus yang dicoba untuk memastikan klasifikasi sesuai karakteristik khas khusus hingga menggapai jatah yang diperlukan.

Trending:   Pertunjukan wayang pada mulanya merupakan?

Tidak hanya itu, quota sampling juga dimengerti selaku teknik pengambilan sample yang tidak terpana pada totalitas populasi yang hendak diseleksi selaku pangkal sample. Malah, peneliti hendak memilah populasi keseluruhan dalam sebagian kategori yang berlainan serta setelah itu hendak didapat sample dari tiap- tiap golongan.

Penggunaan Quota Sampling

Dengan cara teknis, quota sampling mengarah lebih banyak dipakai pada studi yang berhubungan dengan demografis serta juga geografis. Tata cara sampling ini juga diaplikasikan pada proses riset yang melingkupi suatu populasi yang mengarah tidak terbatas.

Walaupun begitu, quota sampling termasuk kategori sampling non- random. Maksudnya, sample tidak diseleksi dengan cara random melainkan hendak diseleksi sesuai dengan patokan serta juga standar yang telah diresmikan tadinya.

Tahapan Pengambilan Quota Sampling

Dalam proses pengambilan sample memakai teknik quota sampling, ada sebagian tahapan yang harus dicoba. Pasti saja, proses pengambilan sample harus sesuai dengan tahapan dari awal hingga akhir agar tidak ada kerancuan data.

Trending:   4.Faktor yang mempengaruhi kurs valuta asing, kecuali …

Ada pula tahapan yang diartikan adalah selaku selanjutnya:

  1. Membagi populasi ke dalam unit kelompok yang lebih eksklusif dengan dasar karakteristik masing-masing individu
  2. Setelah populasi dibagi dalam sub-grup, peneliti melakukan identifikasi terkait proporsi masing-masing kelompok dengan pertimbangan populasi secara keseluruhan. Tahap ini akan berpengaruh pada proses pengambilan sample
  3. Terakhir, peneliti melakukan analisis tingkat akhir terkait perbandingan proporsi sub-grup dengan total populasi. Analisis harus dilakukan dengan cara mempelajari serta memahami detail karakteristik dari setiap kelompok yang dijadikan wakil dari keseluruhan populasi sebagai sumber sample

Leave a Reply

Your email address will not be published.