Rumus dan Tabel Pythagoras abc Lengkap Triple Pythagoras
Rumus dan Tabel Pythagoras abc Lengkap Triple Pythagoras

Rumus dan Tabel Pythagoras abc Lengkap Triple Pythagoras

SITEKNONEWS.COM – Triple Pythagoras, Teorema pythagoras merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam pelajaran Matematika dasar. Pada biasanya, materi ini telah diserahkan buat anak didik SD. Perihal itu disebabkan teorema pythagoras mempunyai bermacam berbagai manfaat dalam kehidupan satu hari.

Salah satu manfaat teorema pythagoras merupakan mengenali jauh tangga yang dibutuhkan buat menggapai tembok yang mempunyai ketinggian. Biar Kamu lebih mengerti hal materi ini, hingga ikuti pembahasan berikut:

Pengertian Teorema Pythagoras

Teorema pythagoras merupakan ketentuan atau materi yang dipakai buat memastikan jauh salah satu sisi segitiga siku- siku yang belum dikenal. Teorema ini cuma legal buat tipe segitiga siku- siku saja. Oleh sebab itu, teorema pythagoras tidak dapat dipakai buat memastikan jauh dari wujud atau segitiga yang lain.

Jadi, sifat yang dimiliki teorema pythagoras ada dua, yakni:

  1. Hanya dapat digunakan pada segitiga siku-siku.
  2. Minimal terdapat 2 sisi yang diketahui jumlahnya terlebih dahulu sebelum mencari panjang salah satu sisi.

Mengidentifikasi Segitiga Siku-Siku

Biasanya kita akan mengalami kebingungan saat menentukan bagian-bagian pada segitiga siku-siku. Bagian yang perlu ditentukan meliputi sisi miring dan sisi lainnya. Oleh karena itu, Anda juga harus paham terlebih dahulu mengenai komponen yang ada pada segitiga siku-siku.

Berikut beberapa karakteristik yang dimiliki oleh segitiga:

  • Apabila kuadrat sisi miring segitiga sama dengan jumlah kuadrat dari sisi lainnya, maka dinamakan sebagai segitiga siku-siku.
  • Apabila kuadrat sisi miring lebih kecil daripada jumlah kuadrat sisi lainnya, maka dinamakan segitiga lancip.
  • Apabila kuadrat sisi miring lebih besar daripada jumlah kuadrat sisi lainnya, maka dinamakan sebagai segitiga tumpul.

Segitiga siku- siku sisinya terdiri dari sisi tegak, sisi dasar, serta sisi miring. Ujung siku- siku pada tipe segitiga ini berdekatan langsung dengan sisi miringnya. Pada biasanya ujung siku- siku hendak diisyarati dengan cerminan kotak kecil.

Rumus Teorema Pythagoras

Pada dasarnya teorema pythagoras merupakan materi yang menerangkan ikatan jauh sisi yang dipunyai oleh segitiga siku- siku. Kuadrat sisi sangat jauh dari teorema pythagoras serupa dengan jumlah kuadrat pada kedua sisi penyikunya.

Trending:   Struktur Penulisan Surat Penawaran Barang Yang Tepat Yaitu

Misalnya ada sebuah segitiga siku-siku yang mana sudut siku-sikunya terletak di A. Diketahui panjang kedua sisi yang bukan sisi miring adalah b dan c. Sedangkan panjang sisi miring yang berhadapan langsung dengan sudut siku-siku adalah A.

Berikut rumus teorema pythagoras nya:

a2 = b2 + c2

Keterangan:

  • a = panjang sisi miring
  • b = panjang sisi tinggi
  • c = panjang sisi alas

Biasanya teorema pythagoras lebih banyak digunakan digunakan menentukan panjang sisi miring. Akan tetapi, Anda juga dapat memakai rumus tersebut untuk menentukan panjang sisi tinggi dan panjang sisi alas.

  • Rumus panjang sisi tinggi:

b2 = a2 – c2

  • Rumus panjang sisi alas:

c2 = a2 – b2

Triple Pythagoras

Triple pythagoras merupakan 3 angka bundar yang positif, dimana angka yang kuadratnya sangat besar serupa dengan jumlah kuadrat angka dari kedua sisinya. Ada 2 berbagai triple pythagoras, ialah:

Triple Pythagoras Primitif

Triple pythagoras primitif merupakan triple pythagoras yang seluruh bilangannya memiliki FPB atau faktor persekutuan terbesar serupa dengan 1. Misalnya yakni angka 3, 4, serta 5.

Triple Pythagoras Non Primitif

Triple pythagoras non primitif merupakan triple pythagoras yang memiliki FPB berbeda- beda atau tidak cuma serupa dengan 1. Misalnya angka 15, 12, serta 16 yang merupakan sisi tegak segitiga siku- sikut yang bisa membuat triple pythagoras, sepenuhnya hal triple pythagoras ini bisa nampak pada tabel di bawah ini:

B C A (SISI MIRING)
3 4 5
5 12 13
7 24 25
8 15 17
9 40 41
11 60 61
12 35 37
13 84 85
15 112 113
16 63 65
17 144 145
19 180 181
20 21 29
20 99 101
21 220 221
23 264 265
24 143 145
25 312 313
27 364 365
28 45 53

Untuk mendapatkan tabel seperti diatas menggunakan aplikasi Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan formula berikut untuk mencari panjang sisi miring jika diketahui sisi tegak dan sisi alasnya. Berikut formula untuk mendapatkan sisi miring dengan asumsi sisi tegak dan sisi alas berada pada sel A1 dan B1:

  • =SQRT($A1^2+$B1^2)

Semakin Anda paham mengenai triple pythagoras, maka Anda akan semakin mudah dalam mengerjakan soal atau menentukan panjang sisi miring.

Teorema pythagoras tidak hanya digunakan untuk menentukan panjang sisi miring atau salah satu panjang sisi saja. Akan tetapi, materi ini juga digunakan dalam perhitungan menentukan panjang diagonal sebuah persegi dan diagonal balok atau kubus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.