Siapkan KTP! Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Juni 2021 Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id
Siapkan KTP! Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Juni 2021 Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Siapkan KTP! Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Juni 2021 Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

SITEKNONEWS – Kabar gembira!! Siapkan KTP! Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Juni 2021 Cek Penerima  dengan login cekbansos.kemensos.go.id.  Untuk lebih jelasnya  Simak cara cek Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bansos Tunai sebesar Rp 300 ribu dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk bulan Juni 2021.

Kementrian Sosial masih terus memperpanjang Program BLT atau Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300 Ribu hingga Juni 2021. Program BST ini bertujuan untuk memberikan keringanan beban masyarakat saat pandemi Covid-19, lebih lebih bagi mereka yang terdampak. Kegiatan dan usaha masyarakat banyak sekali yang terdampak, benyak yang mengalami kerugian yang signifikan, bahkan ada beberpa usaha yang tutup karena panemi covid19.

Daftar Isi

Pemerintah melalui Kemensos, telah menyalurkan Bantuan Sosial (BST) atua Bantuan Langsung Tunia (BLT) kepada masyarakat dan terakhir di salurkan BLT / BST pada bulan April 2021. Jadi sempat terjeda belum dicairkan yaitu pada bulan Mei dan kini akan di lanjutkan kembali penyaluran BLT/BST pada bulan Juni 2021.

Baca juga: Bisakah Daftar Bansos Online? Bagaimana Cara Daftar Bansos 2021

Jadi, pemyaluran BLT/BST yang akan diterima masyarakat akan di rapel mulai bulan Mei dan Juni 2021. Cukup menggembirakan karena masyarakat dapat menerima dalam jumlah yang lebih, karena di rapel selama dua bulan. Lalu bagaimana cara cek daftar penerima bansos tunai (BST) atau BLT sebesar Rp 300 Ribu?

Cara Cek Penerima Bansos (BST) / Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp. 300 Ribu.

Pengecekan data penerima Bansos (BST)/ BLT sangatlah penting, agar anda tidak kecewa ketika datang ke bank penyalur yaitu Bank BRI dan Bank BNI untuk mengambil BLT, teteapi ternyata anda tidak terdaftar.  Untuk mengecek apakah terdaftar sebagai penerima bansos (BST) atau BLT dari Kemensos atau tidak, masyarakat secara mandiri dapat mengecek melalui  cekbansos.kemensos.go.id. Caranya sangat mudah kok!

Trending:   Info CPNS Kota Gorontalo 2021 - Formasi dan Jadwal Pendaftaran Serta Soal SKD
Halaman cekbansos.kemensos.go.id. (cekbansos.kemensos.go.id.)
Halaman cekbansos.kemensos.go.id. (cekbansos.kemensos.go.id.)

Bentuk form pengecekan data penerima BLT Bansos dari Kemensos adalah seperti gambar ditas. Setelah memasukan data yang di minta, Nantinya, Anda akan dapat melihat apakah terdaftar sebagai penerima bansos (BLT) atau tidak.

Berikut cara cek BST/BLT Kemensos Sebesar Rp. 300 Ribu:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Kemudian, Masukkan data yang di minta, seprti  Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.
  • Kemudian, masukkan nama lengkap sesuai KTP.
  • kemudian, itu masukkan kode pada kolom yang telah disediakan, bila kode ini salah, maka silahkan diulangi lagi.
  • Setelah seluruh data dimasukkan, silahkan klik tombol “Cari”.

Baca Juga: Mau Dapat BLT UMKM Rp. 1,2 Juta? Ini Caranya 

Tunggu beberapa saat, sampai proses pencarian data selesai. Setelah itu akan muncul hasil pada data pencarian, berupa alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima jika data yang dimasukkan terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos Rp. 300 Ribu. Jika tidak terdaftar, maka data tidak akan ditampilkan.

Trending:   Inilah 3 Langkah Sederhana Check Nomor Rekening Bank BRI

Cara kerja sistem pencarian data Penerima BLT Kemensos Rp. 300 Ribu ini adalah mencocokkan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Selain Melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. masyarakat dapat mencari data penerima BLT Kemensos melalui Bank penyalur BLT, yang tergabung dalam Himbara atau himpunan bank negara seperti, Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri dan juta Bank BTN.

Perlu dicatat, bahwa BLT dari kemensos tidak serta merta disalurkan kepada seluruh lapisan masyarakat, dan tidak semua masyarakat terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos secara otomatis. Setiap Bantuan Langsung atau Bansos memiliki syarat dan mekanisme masing-masing. Jadi, tidak semua Bantuan Sosial dapat diterima masyarata, ada syarat dan ketentuan dari masing-masing BLT yang disalurkan.

Adapun syarat dan mekanisme pemberian BLT akan ditentukan oleh penyelenggara, disesuaikan dengan viriabel yang dibutuhkan dalam DTKS dan dengan kuota yang telah ditentukan.

Trending:   Tutorial Cek Dashboard dan Login Prakerja.go.id Gelombang 23 Terbaru Januari 2022

Baca Juga: Begini Cara Cek Penerima BLT UMKM Banpres BPUM di eform.bri.go.id

Kabar gembiranya, bagi masyarakat yang sudah terdaftar dalam DTKS, nanti bisa diusulkan sebagai penerima program bantuan sosial atau BLT dan bantuan pemberdayaan masyarakat baik dari Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Cara Pencairan Bansos (BST)  Rp. 300 Ribu

Inti dari BLT adalah Pencairan, lalu bagaimana cara pencairan bansos BLT Rp. 300 Ribu jika ada masyarat yang terdaftar? Sebenarnya, Penerima Bansos Rp 300 ribu akan menerima surat undangan dari pihak pejabat daerah, atau dalam hal ini Ketua RT. Pihak pemerintah akan memberikan informasi kepada masyarakat penerima untuk datang ke kantor penyalur bansos.

Undangan tersebut berisi barcode serta informasi dasar penerima bantuan dan wajib dibawa saat akan mengambil bansos. Selain undangan, masyarakat juga harus membawa KTP atau Kartu Keluarga (KK).

Trending:   Belum Terdaftar Penerima Dana Bantuan Sosial? Yuk Daftar Dana Bantuan Sosial Pakai Aplikasi Resmi Ini!

Cukup menunjukkan undangan dan KTP atau KK kepada petugas, selanjutnya akan melakukan scanning barcode pada surat undangan. Setelah proses verifikasi data penerima, penerima dapat langsung menerima BLT Rp. 300 ribu.

Baca Juga: Inilah Syarat dan Cara Daftar BLT UMKM 2021 Serta Cek Data Penerima Banpres BPUM Rp.1,2 Juta

Sasaran Penerima Basos (BST) Kemensos

Kementrian Sosial, Sudah melakukan penyaringan siapa saja yang bisa menerima BST Kemensos. Penyelenggara Bansos berupaya penyaluran BST/BLT tidak salah sasaran, sehingga benar-benar membantu masyarakat yang mengalami kesulitan disaat pandemi.

Dan, siapakah sasaran penerima BST/BLT Kemensos?

Berikut adalah sasaran penerima BST/BLT Kemensos sebesar Rp. 300 Ribu:

  • Keluarga anggota Program Keluarga Harapan (PKH) yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  • Keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang belum menerima bansos.
Trending:   Presiden Jokowi Perintahkan Bansos Diskon Listrik Segera di Salurkan Minggu Ini

Itulah Bansos BST/BLT  Rp 300 Ribu yang akan Cair  bulan Juni 2021. Selamat, jika anda menjadi salah satu penerima Bansos BST/BLT Kemensos Juni 2021.

Baca Juga: Ini Solusi Jika Tidak Terdaftar BLT UMKM Rp. 3,6 Juta di eform.bri.co.id