21 Tempat wisata Pacitan yang indah dan nyaman, kamu wajib tau!

21 Tempat wisata Pacitan yang indah dan nyaman, kamu wajib tau!
21 Tempat wisata Pacitan yang indah dan nyaman, kamu wajib tau! (IG/@milamonaa)

Pacitan adalah satu kota kecil dengan julukan “Kota Seribu Satu Goa” merupakan kota dari propinsi Jawa Timur yang paling ujung, berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, yaitu kota Wonogiri. Tempat wisata Pacitan terkenal dengan keindahan yang masih alami, hampir semua destinasi wisata Pacitan adalah wisata alam. Wisata di pacitan sangat memukau, dari wisata goa karst, air terjun dan pantau yang berada di sepanjang pantai selatan, menawarkan keindahan yang memukau.

Jika ingin berlibur bersama keluarga yang ingin melihat kebesaran sang Pencipta, maka destinasi wisata alam salah satu pilihan yang tepat. Tempat wisata pacitan jadi salah satu alternatif tujuan  wisata dengan budget yang sedikit. Keindahan pantai di pacitan, seperti pantai Klayar, pantai Soge tidak kalah dengan keindahan pantai di pulau bali.

Selain keindahan pantai yang memukau, pacitan juga memiliki destinasi wisata lainnya yang tidak kalah indah dengan pantai, yaitu Goa. Salah satu goa di pacitan merupakan destinasi wisata terindah goa terindah se-Asia Tenggara, yaitu goa Gong. Artinya, keindahan goa ini tidak diragukan lagi, sudah diakui dunia bahwa Goa paling indah adalah goa Gong Pacitan.

Nah, tempat wisata pacitan apalagi saja yang paling recomended untuk dikunjungi? Simak ulasan siteknonews.com yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

1. Pantai Klayar

Tempat wisata pacitan yang jadi tujuan utama para pelancong adalah pantai klayar. Pantai Klayar jadi destinasi wisata paling hits yang pasti ramai penunjung, apalagi di hari-hari tertentu, seperti hari libur, bahkan sampai  tempat parkir penuh dengan bus-bus pariwisata dari luar daerah.

Klayar memiliki pantai yang luas, lengkap dengan batu karang dengan ukuran dan bentuk yang indah, bagus banget untuk dijadikan spot foto.

Pantai Klayar terletak di Kecamatan Donorojo, barat kora Pacitan dengan jarak kurang lebih 45 KM. Selain keindahan batu karangnya, Klayar juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya seruling laut. Apa itu seruling laut? Yaitu sebuah batu karang besar dan memiliki celah.

Ketika ombak laut datang  dan masuk kelubang, maka akan menyembur dicelah batu karang (Seruling laut) dan menimbulkan bunyi layaknya seruling. Itulah kenapa diberi nama seruling laut.

2. Pantai Taman

Pantai taman adalah wisata alam dipacitan kedua yang siteknonews rekomendasikan. Wisata alam dipantai taman, selain menikmati keindahan pantai kamu juga bisa berwisata adrenalin, yaitu menikmati wahana flying fox.

Fying fox di pantai taman pacitan ini merupakan flying fox paling panjang di Indonesia, dengan panjang mencapai 450 Meter dan ketinggian 74 Meter. Menaiki wahana ini kamu akan meluncur dari atas bukit dan mendarat dipantai taman.

Mau coba? Santai aja karena wahana fying fox ini aman, karena selalu dilakukan pengecekan sebelum digunakan oleh wisatawan.

Selain flying fox, banyak wisata alam lainnya yang bisa dinikmati di pantai Taman Pacitan ini. Yuk wisata ke Pacitan!

3. Goa Gong

Siapa yang tidak terkagum-kagum ketika melihat keindahan stalagtit di Goa Pacitan. Stalagtit ini tampak seperti iar yang jatuh dari atas, membentuk kerucut-kerucut yang indah dilangit-langit goa. Apalagi ditambah dengan pencahayaan yang bagus, akan meningkatkan keindahan stalagtit.

Goa gong terletak di desa Bomo Kecamatan Punung Pacitan. Panjang Goa ini mencapai 300 meter. Kamu bisa masuk dan menyusuri goa dengan model melingkar, jadi otomatis kamu bisa melihat hampir seluruh dalam goa.

Didalam goa terdapat empat sendang dan tujuh ruang. Air didalam goa sangat jernih, tetesan air dari stalagtit menambah keindahan goa ini. Ornamen dalam gua juga ada yang bisa menghasilkan bunyi, inilah kenapa dinamai dengan Goa Gong.

4. Pantai Banyu Tibo

Tempat wisata pacitan lainnya yang tidak kalah indah adalah Banyu Tibo. Pantai yang terletak di Dewa Widoro Donorojo ini sejajar dengan pantai Klayar. Jadi bisa mampir di dua wisata sekalian ketika berkunjung ke Klayar.

Kenapa pantai ini dinamai Banyu Tibo? Banyu tibo dalam arti bahasa jawa adalah “Air Jatuh” atau air terjun. Di pantai ini terdapat sebuah aliran air yang langsung jatuh ke pantai, jadilah seperti air terjun.

Kamu bisa bermain dipantai sepuasnya, dan bisa membersihkan diri dengan air terjun yang jernih dan tawar.

5. Pantai Srau

Pantai Srau terletak di Desa Canti, Pringkuku, Hanya berjarak kurang lebih 25 KM dari kota Pacitan. Destinasi wisata pantai Srau belum ngehits seperti pantai Klayar, namun keindahannya juga tidak kalah menarik.

Di Srau ada 3 bagian pantai yang berbeda. Pantai pertama kamu akan disuguhi dengan keindahan panai pasir putih. Di pantai kedua, pasir lebih kasar dan bagian ketiga adalah pantai dengan berbagai macam bentuk batu karang yang indah, cocok buat duduk-duduk menikmati keindahan pantai Srau.

6. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan terletak di desa Donorojo. Untuk mencapai pantai ini dari kota Pacitan dibutuhkan waktu kurang lebih 1/.5 jam perjalanan. Dengan pantai yang memanjang garis pantai yang diasi dengan pasir putih dan batu karang.

Batu karang di pantai Srau ini ada yang hanya tampak pucuknya saja ketika air laut pasang, dan juga yang paling menarika adalah terdapat batu Nerada. Kenapa dikaish nama Nerada, karena batu ini mirip dengan tokoh wayang kulit yaitu Netara Nerada.

7. Sungai Maron

Wisata Pacitan terdapat sebuah pantai yang lagi ngehits, yaitu sungai Maron. Sungai ini memiliki kedalam kurang lebih 20 meter, sungai tampak bersih dan indah. Hal ini sudah pasti karena sungai jadi sumber mata pencaharian dan menjadi tempat ikan tawar yang bisa warga manfaatkan.

Layaknya sungai-sungai di eropa, wisatawan dapat menyusuri sungai dengan perahu. Perahu disediakan oleh pengelola dengan sistem sewa. Sungai ini dikelilingi oleh pemandangan yang menawan, bentangan pohon kelapa di dua sisi suangai. Yuk segera coba kunjungi destinasi wisata ini!

8. Pantai Watu Karung

Terleteak satu desa dengan pantai Banyu Tibo, Yaitu Desa Widiri Donorojo. Meskipun agak tersembunyi, dan sedikit perjuangan, kamu akan terbayar sudah ketika melihat keindahan pantai Watu Karung ini.

Pemandangan indah disuguhkan, mulai dari pantai dengan pasir putih yang bersih, terlihat batu karang air lau yang nampak hijau memukau mata yang memandang.

Selain pemandangan laut yang begitu elok, tempat wisata pacitan yang satu ini bisa digunakan untuk selancar, dengan ombak yang cukup kuat, maka sudah pasti digemari pecitan selancar. Dipantai ini juga terdapat kuliner, yang bisa dinikmati sembari melihat hamparan pantai yang indah.

9. Pantai Kasap

Yang tidak kalah dengan pantai lainnya di Pacitan, yaitu Pantai Kasap. Kenapa demikian? Karena pantai ini disebut-sebut sebagai miniatur pantai Raja Ampat! Menarik bukan?

Pantai yang berwarna biru, dihiasi dengan gugusan-gugusan pulau kecil yang terlihat hijau sudah pasti mirip dengan pantai Raja Ampat. Pemandangan ini bisa dinikmati dari atas bukit, di gardu pandang yang mirp banget dengan Raja Ampat.

Trending:   Beberapa Contoh Resep Herbal HNI HPAI Yang Bisa Dicoba Di Rumah

10. Goa Tabuhan

Kenapa sih dinamai dengan Goa Tabuhan? Ya, memang goa ini terdapat stalagtit yang bisa digunakan sebagai media alat music gamelan. Saat kamu memasuki area goa, akan suguhkan iringan music yang dibawakan oleh warga sekitar. Musik ini untuk mengiringi perjalanan sepanjang menyusuri goa. Live musik yang bisa kamu dengar ini tidak menggunakan alat musik pada umumnya, melainkan mengguanakn stalagtit dari goa tabuhan.

Gua yang terletak di Kecamatan Punung Pacitan, memiliki kedalaman sekitar 100 Meter dan mempunyai 2 ruang. Kamu bisa menikmati pemandangan indah stalagtit dan music dari batu stalagtit.

11. Pantai Wawaran

Pantai yang jadi tempat perikanan, namun pemandanganya memang tidak boleh diremehkan. Keindahan pantai pasir putih dan air laut yang berwarna biru membuat pantai ini nyaman untuk dinikmati. Pantai wawaran memang menjadi tempat jual beli ikan, buat yang jauh bisa nih beli ikan dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Dengan pemandangan pasir dan air laut yang biru, pantai ini juga menawarkan spot-spot foto yang menarik, Jangan sampai dilewatkan jika berwisata di pacitan.

12. Pantia Kunir

Pantai Kunir yang dulu masih susah dijangkau, kini jangan kawatir akses masuk tidaklah sulit lagi. Pantai Kunir terletak di Pager Kidul Sudimoro. Pantai ini nyaman banget buat mencari tempat wisata yang tenang.

Dengan keindahan alam yang memukau, deburan ombak tidak begitu besar, bisa bermain di air dengan aman.

13. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong sejajar dengan pantai Klayar, bahkan jalur masuk masih sama dengan pantai Klayar. Pantai karang bolong jadi alternatif wisata pantai yang tidak begitu ramai yang sama indahnya dengan pantai Klayar.

Dengan pemandangan karang bolong yang ada dipantai, deburan ombah menghamtam batu karang jadi pemandangan yang indah untuk dinikmati.

14. Pantai Pidakan

Tempat wisata Pacitan yang satu ini sangat terkenal karena pemandangannya yang indah dan sejuk. Letak pantai ini di daerah tulakan, kurang lebih 50 KM dari kota Pacitan.

Jalan untuk mengakses pantai ini cukup mudah, karena bisa melalui Jalur Lintas Selatan (JLS), dan masuk ke dalam kurang lebih 2 KM. Pantai Pidakan cukup unik dibandingkan dengan pantai lain di Pacitan.

Pantai pidakan didominasi dengan bebatuan sedang dan besar yang terhampar sekitar 70% dari material pantai dan sisanya adalah pasir putih bersih dan lembut.

15. Pantai Kali Uluh.

Bergeser ke pantai lain yaitu pantai Kali Uluh. Pantai ini terletak di Desa Klesem, Kebonangung Pacitan. Pantai ini termasuk paling yang paing asri, karena wisatawan belum banyak yang berkunjung. Dengan sedikit pengunjung, maka sudah pasti lebih nyaman untuk dibuat bersantai bersama keluarga.

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan sambil berekreasi? Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah berkemah, bermain bola voli dan bersantai bersama diatas pasir putih yang lembut. Jika suasan sudah panas, maka bisa berpindah ke lokasi yang sejuk, sekitar pantai terdapat banyak pepohonan rindang yang nyamang banget buat makan bersama. Yuuuk segera ,merapat kepantai Kalu Uluh!.

16. Grojogan Dhuwur.

Sesuai dengan namanya, Grojokan Dhuwur memiliki aliran air dari atas yang menuju kolam besar berwarna biru. Tempat wisata pacitan yang satu ini terletak di Desa Barong Kulon, Candi Pringkuku.

Keindahan alam memang sangat memukau, bagaimana tidak keindahan pepohonan hijau diiringi dengan gemericik suara air terjun yang jatuh di kolam raksasa yang jernih.

Kamu bisa mandi dan bermain air di Grojokan Dhuwur yang memiliki tiga aliran air, kepenatan akan sirna terobati dengan mandi di Grojokan Dhuwur.

17. Sungai Cokel

Destinasi Wisata Pacitan berikutnya yang tidak kalah asyik adalah Sungai Cokel. Sungai yang memanjang dan berwarna biru, dihiasi pohon kelapa sepanjang sungai membuat keindahan ini tampak seperti di Luar Negeri.

Sungai Cokel terletak di Desa Watukarung, Pringkuku Pacitan. Untuk menikmati wisata sungai Cokel, kamu bisa berjalan di pinggir sunagai sambil menikmati keindahanya atau dengan menaiki Stand-Up Paddle Board dan menyusuri suangai yang indah.

18. Curug Gringsing.

Curug atau lebih dikenal dengan sebutan Ari Terjun Gringsing adalah tempat wisata pacitan yang berada di dusun Krajan, Kecamatan Tegalombo.  Selain menjadi sumber penghasilan warga, Curug Gringsing juga jadi destinasi wisata yang menarik.

Wisata Curug Gringsing sangat asri, keindahan air terjun yang dikelilingi alam nan hijau membuat destinasi wisata ini nyaman buat bersantai. Jadi, buat kamu yang ingin melepas penat dari aktifitas kantor, maka cocok nih buat bersantai dan menenangkan diri di curug Gringsing.

19. Hutan Pinus Gemaharjo

Sudah pasti wisata Hutan Pinus ini jadi wisata yang sejuk, karena lebatnya hutan jadi pemandangan utama. Wisata hutan pinus yang ngehits di pacitan adalah hutan pinus Gemaharjo. Pemandangan indah dari atas bukit menjadi nilai lebih dari wisata ini, ditambah kesejukan berada di dalam hutan.

Selain itu, terdapat bermacam-macam object foto yang kenikian dan instagramable. Sebagai contoh, ada spot foto gardu pandang, ini berapa di pohon pinus, ada spot foto hammock dan lain-lain.

20. Air Terjun Mini, Pantai Ngandul.

Sudah pernahkan kamu berwisata ke pantai Buyutan Pacitan? Ya selain pantai yang indah, ternyata ada spot tersebunyi yang rugi jika terlewatkan, yaitu Air Terjun Mini Pantai Ngandul.  Memang Air terjun ini agak tersembunyi, namun bagi yang melihatnya dibuat kagum dan terpesona. Jadi, jika kamu datang ke pantai ini, jangan sampai terlewatkan.

Pantai Ngindul ini tidak berpasir lho, namun lebih tepatnya tebing batu karang yang menghadap kelaut. Dan tebing curam tersebut tepat jadi ujung sebuah aliran sungai, jadilah air sungai jatuh ke laut melalui tebing ini, maka jadilah ari terjun yang indah.

Buat yang ingin berwisata ke air terjun mini, bisa datang lansung yang terletak di desa Widoro, Donorojo Pacitan.

21. Museum Galeri Seni SBY ANI

Ya yang terbaru destinasi wisata pacitan adalah Museum Galeri Seni SBY Ani. Museum ini terletak di Jalan Lintas Selatan, Tepatnya di   Jl. Teluk Tambora No.16, Plelen, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63514.

Dibangunnya museum ini akan menjadi ikon dan landmark baru wisata kota Pacitan, dan pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan manca negara.

Musem SBY serta galeri seni Ani itu terdiri dari puluhan ruangan. Beberapa ruangan besar menunjukkan aksesoris yang berhubungan dengan ekspedisi SBY, semacam susunan narasi semenjak SBY menghabiskan masak anak-anak di Pacitan sampai meniti karir di TNI.

Tidak hanya museum, terdapat Galeri Seni Ani yang menunjukkan koleksi seni serta gambar hasil foto Bunda Ani. Tidak hanya berbentuk gambar lanskap, buatan lain berbentuk gambar humanistik pula hendak dipajang menghiasi ruangan museum.

Museum SBY ini sendiri telah dihuni oleh Kepala negara ke- 6 RI SBY dikala mendatangi Pacitan bulan Desember 2020 kemudian. Kala itu, SBY menginap di balai Drupadi yang terletak di satu lingkungan dengan museum SBY serta galeri seni Ani.

Penutup

Nah, itulah 21 tempat wisata Pacitan yang tidak boleh dilewatkan dan pastinya akan membuat kamu terkagum-kagum dengan keindahan pemandangan alam dan juga kemegahan galery seni SBY Ani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.