Tugas dan Fungsi OJK serta tujuannya
Tugas dan Fungsi OJK serta tujuannya

Tugas dan Fungsi OJK serta tujuannya.

SITEKNONEWS – Mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar kata OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, namun tahukah apa saja tugas dan fungsi serta tujuan dari OJK ini? maka dari itu yuks simak ulasan tentang Tugas dan Fungsi OJK serta tujuannya dibawah ini.

Apa Itu OJK?

OJK adalah Otoritas Jasa Keuangan yang mengatur sektor jasa keuangan disebuah negara. Selain itu OJK juga berperan untuk mengawasi lembaga atau industri keuangan secara terintegrasi.

OJK ini di bentuk dengan tujuan untuk menghadirkan lembaga yang mampu membuat dan menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap semua kegiatan di sektor keuangan.

Lembaga perbankan, pasar modal, asuransi, dan lembaga penyedia jasa keuangan merupakan beberapa lembaga atau industri yang masuk dalam pengawasan OJK.

OJK ini hadir untuk menggantikan tugas yang sebelumnya di emban oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan juga Lembaga Keuangan (Bappepam-LK), dan juga mengambil alih tugas pengawasan perbankan yang sebelumnya di emban oleh Bank Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan ini di bentuk pada tahun 2012 yang berdasarkan UU No. 21 Tahun 2011. Dimana OJK ini memeiliki sifat independen dan bebas menjalankan tugas dan fungsinya tanpa adanya campur tangan dari pihak lain. Namun OJK ini baru dijalankan pada akhir tahun 2013, Karena peralihan tugas dari pihak Bappepam-LK dan juga bank Indonesia ini dilakukan secara bertahap.

Tugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Secara singkat tugas  OJK ini adalah sebagai lembaga yang mempunyai tugas utama untuk melakukan pengaturan dan juga pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan, baik itu di sektor perbankan, pasar modal serta sektor IKNB.

Namun jika dijabarkan maka tugas dari OJK adalah Sebagai berikut:

  1. Pertama, Sebagai pengatur dan pengawas jasa keuangan di sektor Perbankan
  2. Kedua, Sebagai pengatur dan pengawas jasa keuangan  di sektor pasar modal
  3. Ketiga, Sebagai pengatur dan pengawas terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor lainnya misalnya dana pensiun, asuransi dan juga lembaga keuangan lainnya.
Trending:   Awas!! 172 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Yang Ditutup 2021

Dengan tugas yang di emban OJK juga memiliki wewenang untuk mencapai tujuannya. Wewenang tersebut adalah bisa menetapkan peraturan di sektor jasa keuangan, Membuat dan menetapkan peraturan dan kebijakan tentang pengawasan dan pelaksanaan lembaga keuangan, serta hal lainnya yang berkaitan dengan industri jasa keuangan.

Fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Fungsi OJK secara umum adalah untuk membuat dan menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap semua kegiatan di sektor jasa keuangan di negara Indonesia.

Dalam penerapan fungsi OJK ini memiliki nilai strategis yang menjadi landasan bagi OJK, yaitu:

1. Integritas

Integritas yang dimaksudkan disini adalah bertindak objektif, adil dan konsisten sesuai dengan kode etik dan kebijakan organisasi dengan menjunjung tinggi kejujuran dan komitmen.

2. Profesionalisme

Profesioalisme adalah bekerja dengan penuh tanggung jawab dengan kompetensi yang tinggi untuk mencapai kinerja yang baik.

3. Sinergi

Sinergi merupakan kemapuan untuk berkolaborasi dengan pemangku kepentingan  baik internal atau eksternal  secara produktif dan berkualitas.

4. Inklusif

Nilai inklusif adalah sikap keterbukaan dalam menerima keberagaman pemangku kepentingan, selain itu juga bisa memperluas kesempatan dan akses masyarakat terhadapa industri keuangan.

5. Visioner

Nilai Visioner adalah kemampuan melihat masa depan dengan didasari wawasan yang luas, serta pola pikir yang lebih maju dibandingkan dengan kebiasaan yang ada.

Tujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Ada pun beberapa tujuan dibentuknya Otoritas Jasa Kauangan adalah sebagai berikut ini:

  1. Keseleruhan kegiatan didalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan dan akuntable
  2. Mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil
  3. Mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Otoritas Jasa Keuangan sendiri memilik visi menjadi sebuah lembaga pengawas industri jasa keuangan yangh terpercaya, mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarkat dan mampu mewujudkan insdustri jasa keuangan menajdi sebuah pilar perokonomian nasional yang memiliki daya saing global dan mampu memajukan kesejahteraan umum.

Demikian lah sedikit ulasan tentang Tugas dan Fungsi OJK serta tujuannya, Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin tahu tentang Tugas dan Fungsi OJK serta tujuannya.

Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published.