Application Programming Interface( API) dari WhatsApp
Application Programming Interface( API) dari WhatsApp

Tutorial Integrasi WhatsApp Business API dengan 5 Langkah

SITEKNONEWS.COMWhatsapp API, WhatsApp mendapat peringkat teratas sebagai aplikasi perpesanan favorit pengguna. Merujuk pada pada perihal tersebut. WhatsApp tidak henti meningkatkan fitur- fitur di dalamnya untuk kian tingkatkan jasa untuk kebahagiaan pengguna. Whatsapp juga mencanangkan jadi pengawal untuk pengawal bisnis- bisnis besar dengan meluncurkan WhatsApp Business API.

Application Programming Interface( API) dari WhatsApp

API ataupun Application Programming Interface akan menghasilkan Whatsapp berfungsi sebagai chatbot ataupun chat commerce yang akan memudahkan pengguna. Kelebihan Whatsapp yang dapat digunakan pada sebagian device sekalian pula mendukung Whatsapp untuk dimerger oleh OneTalk messaging platform sebagai agen pemasaran, marketing and support. Kombinasi antara messaging platform bersama WhatsApp for business API akan membuat seakan pengguna memiliki customer service yang standby 24 jam. Dengan begitu komunikasi customer dengan pengusaha sebagai pengguna perangkat lunak tersebut berjalan dengan baik.

Trending:   Cara Screenshot Di Laptop - Cek 3 Caranya

Untuk dapat memakai kemampuan 2 platform pendukung pejualan tersebut, pengguna dapat mengunduh WhatsApp pada device yang di idamkan, semacam laptop dan hp, setelah itu menyingkronkan kedua device dan men- scan isyarat QR yang terdapat pada hp. Sepanjang keduanya tersambung dengan jaringan internet, WhatsApp dapat melaksanakan tugasnya sebagai live chat commerce.

Integrasi whatsapp sebagai chat commerce dapat melaksanakan sebagian perihal selanjutnya:

  • mengirim pesan masal
  • sistem sales customer service
  • verifikasi WhatsApp business
  • berperan sebagai agen routing
  • mengirim template pesan broadcast hingga menjadi manajemen basis data pelanggan sekaligus obrolan dan laporan kinerja.

Cara Praktis Membuat Link WhatsApp

Cara praktis untuk memudahkan pemakaian WhatsApp yang dapat tersambung dengan platform messaging ataupun email merupakan dengan lewat link. Untuk menempelkan link tersebut sebagai tahap mudah pemasaran, pengguna dapat membuat link WhatsApp dengan mudah. Selanjutnya langkah- langkah yang dapat dicoba untuk lekas memakai WhatsApp sebagai aplikasi pendukung pemasaran.

  • Menuliskan link WhatsApp yaitu, https://api.whatsapp.com/send?phone=
  • Memasukan kode internasional nomor handphone, contoh 62 untuk negara Indonesia. Link tersebut akan terlihat seperti contoh  ini, https://api.whatsapp.com/send?phone=6282180885808.
  • Menuliskan teks yang diinginkan. Kode text= untuk memasukan teks, kode %20 untuk spasi dan kode %0 untuk ganti baris atau tindakan enter. Link tersebut akan tampak seperti pada contoh ini,  https://api.whatsapp.com/send?phone=6282180885808&text=Selamat%20Datang%20datang%20Di%20Tempat%20Penjualan%20Terbaik. Kode %20 bisa diganti untuk memberikan baris pada teks yang ditampilkan. Untuk mempersingkat tulisan tersebut, pengguna dapat menggunakan fasilitas bit.ly.
Trending:   Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Nomor HP, 98% Akurat tanpa Aplikasi Tambahan

Satu lagi kemudahan WhatsApp yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan customer tanpa harus repot, pengguna dapat menseting tombol yang akan langsung menuju email pengguna.

  • Akses ke api.whatsapp.com
  • Klik tombol Insert WhatsApp
  • Memasukan nomor WhatsApp yang digunakan untuk bisnis
  • Menuliskan teks yang kita inginkan untuk menyambut customer
  • Memilih jenis tombol yang akan muncul pada email pengguna

Apakah kalian pernah mendengar WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API merupakan platform yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Terdapat banyak profit dengan pemakaian Whatsapp API Business.

Sehabis kamu sudah memahami cara- cara di atas, saat ini waktunya menguasai keunggulan WhatsApp Business API untuk bisnis Anda. Terdapat sebagian profit yang dapat membantu Anda dalam melaksanakan kegiatan bisnis. Ayo, kita ikuti kelebihan- kelebihan dari WhatsApp Business API tersebut.

Trending:   Aplikasi mySF, Cara Cek Nomor Smartfren lewat SMS Atau Kode UMB

1. Terdapat sistem komunikasi untuk konsumen

Keunggulan yang awal merupakan, WhatsApp Business API memiliki guna pemberitahuan. WhatsApp Business API membolehkan Anda membagikan pemberitahuan ataupun pemberitahuan pada konsumen ataupun pasar target bila saja. Ini dapat berbentuk pembaruan terbaru ataupun pengingat.

2. Tersedia Chatbot untuk membantu membalas pertanyaan

Kedua, bisnis WhatsApp API pula memiliki fitur chatbot yang amat membantu untuk berbicara. Fitur ini membolehkan Anda untuk membalas pesan dengan cara otomatis dikala Anda tidak bertugas ataupun di luar jam kegiatan.

Ini sebab fitur chatbot ini memiliki AI( Artificial Intelligence) ataupun intelek ciptaan yang dapat merespon bermacam pesan yang dikirim. Anda apalagi dapat berangkat liburan dengan hening dan melaksanakan bisnis Anda alhasil Anda tidak butuh lagi khawatir ataupun takut.

3. Memiliki fitur Chat Panel

WhatsApp Business API pula memiliki fitur chat panel yang membolehkan Anda menanggapi bermacam keluhkesah dan pertanyaan dengan cara berbarengan memakai fitur ini. Menarik, bukan?

Trending:   Download Dazz Cam APK iPhone for Android Mod Versi Terbaru 2022

Fitur ini sendiri berlainan dengan fitur chatbot, sebab memiliki layanan pelanggan yang langsung paham. Pastinya akan amat berlainan dengan chatbot. Dengan menjawab percakapan konsumen lewat chat panel, Anda dapat berkata kalau mereka ketahui dan ketahui apa yang mereka mau.

4. Menyediakan fitur Schedule Messages

Schedule Messages itu sendiri merupakan fitur dari WhatsApp Business API yang menata perinci durasi, semacam bila antaran dikirim. Pastinya dengan terdapatnya fitur ini, Anda tidak akan kurang ingat untuk mengirimkan data ataupun pembaharuan terkini pada konsumen Anda. Anda dapat membenarkan kalau pelanggan Anda akan menerima pembaharuan terkini hal bisnis Anda dan Anda dapat menjalakan ikatan yang baik dengan pelanggan.

Tidak hanya khasiat di atas, terdapat banyak khasiat yang dapat didapat dikala memakai WhatsApp Business API untuk tingkatkan kemampuan bisnis dan konektivitas dengan konsumen. Salah satunya merupakan untuk tingkatkan opini baik pelanggan Anda kepada bisnis Anda.

Trending:   Youtube Vanced Mod APK Versi Terbaru 2022 - Download Di Sini

Bagaimana Cara Menghubungkan Bisnis Dengan WhatsApp Business API?

Langkah- langkah di dasar ini membagikan data tentang cara mempersiapkan klien bisnis WhatsApp API, memasukkan no telepon, menginovasi pengaturan, dan mengirim pesan pengetesan. Kita akan bahas berakhir seluruhnya!

Saat sebelum melaksanakan tahap untuk tahap untuk mengaitkan dan memakai layanan bisnis WhatsApp API, Anda membutuhkan:

  • Akun manajer bisnis Facebook
  • Bisnis yang terverifikasi
  • Akun bisnis WhatsApp
  • Fasilitas Kredit untuk Akun WhatsApp Business

Sehabis memandu bisnis yang Anda mengurus, bisnis yang Anda punya ditinjau kesesuaiannya dengan Persyaratan Layanan WhatsApp dan Kebijaksanaan Perdagangan WhatsApp. Tahap ini diawali dengan cara otomatis dan Anda dapat mengecek konfirmasi bisnis dan status konfirmasi bisnis di tab pengaturan akun bisnis WhatsApp dari administrator bisnis. Sertifikasi bisnis membuktikan status bersertifikat dan status akun membuktikan status disetujui sehabis persetujuan.

Trending:   Cara Mengaktifkan USB Debugging XIAOMI - Developer Option

Tahap 1: Siapkan akun WhatsApp Anda

Tambahkan informasi semacam julukan dan no telepon Anda ke akun WhatsApp Business Anda. Saat ini, bila Anda mau mengganti julukan bentuk akun Anda bila saja, Anda cuma dapat mengubahnya 2 kali dalam 30 hari ataupun 1 bulan.

Sehabis seluruh konfirmasi dan kata kepala informasi ini berakhir, Anda dapat memandang dan mengakses akta yang dikodekan base64 yang dibutuhkan untuk memasukkan klien WhatsApp Business API. Anda dianjurkan untuk mencatat memakai julukan bentuk yang disetujui untuk mengawali integrasi. Anda dapat mengganti julukan bentuk tiap dikala sehabis pencampuran, saat sebelum membuat pergantian lebih lanjut pada julukan bentuk.

Tahap 2: Siapkan klien bisnis WhatsApp API

Klien WhatsApp API Business didasarkan pada Docker. Klien bisnis WhatsApp API berjalan di pc yang memiliki koneksi internet dan melaksanakan Docker. Misalnya, Anda dapat melaksanakan uji simpel di laptop. Untuk server penciptaan, WhatsApp sendiri mengusulkan minimun 250 GB SSD, RAM 16 GB, dan CPU 4 core. HDD tidak dianjurkan sebab kecekatan I atau O menimbulkan kertas macet dikala lagi muat.

Trending:   Membuat Desain Logo Dengan Tools Dan Editor Desain Grafis Terbaik

Dalam mayoritas permasalahan, Anda butuh melaksanakan database di server raga yang terpisah dari kontainer Coreapp dan Webapp.

Pemasangan sendiri klien WhatsApp Business API dapat dicoba dengan 2 cara:

Penginstalan di tempat: Anda dapat menggunakan wizard penginstalan untuk menyiapkan container Docker Anda sendiri. WhatsApp merekomendasikan untuk memulai pengaturan pengembang untuk mempelajari proses pengaturan dan pengiriman pesan.

Solusi ini dapat digunakan di komputer sebelum bermigrasi ke lingkungan produksi.

Amazon Web Services (AWS): Jika Anda menggunakan AWS atau menginginkan solusi yang lebih mandiri, lihat Panduan AWS. Solusi AWS menyiapkan solusi API bisnis WhatsApp lengkap termasuk pencadangan, pemulihan, dan lainnya.

Tahap 3: Pendaftaran

Sehabis sukses meluncurkan klien bisnis WhatsApp API, Anda dapat memasukkan no telepon Anda dengan mengirimkan panggilan API ke endpoint akun Anda ataupun memuat blangko pendaftaran di pengaturan bisnis website.

Trending:   Download Alight Motion Pro MOD APK No Watermark Terbaru 2022

Tahap 4: Perbarui pengaturan

Pada titik ini, Anda dapat mengganti pengaturan aplikasi sehabis klien WhatsApp API Business berjalan. Namun sisi negatifnya merupakan Anda tidak akan dapat mengakses pengaturan profil klien bisnis WhatsApp API hingga pendaftaran berakhir.

Semacam perihalnya cara pendaftaran, Anda dapat mengganti banyak pengaturan klien WhatsApp Business API memakai panggilan API ataupun pengaturan bisnis website.

Pengaturan aplikasi memastikan gimana klien bersikap, semacam menata callback, webhook, pager, status yang ditransfer, dan media unduh.

Catatan: Sebaiknya siapkan URL webhook untuk menerima pemberitahuan tentang pesan masuk dan kesalahan.

Pengaturan profil bisnis dan pengaturan profil melingkupi data bisnis semacam alamat, email, web website, pabrik, data tentang bisnis yang Anda mengurus, dan lukisan profil.

Tahap 5: Kirim pesan percobaan

WhatsApp Business API membolehkan Anda mengirim 4 tipe pesan pengetesan: bacaan, templat pesan, akta, ataupun media. Dengan catatan, Anda wajib memiliki template pesan yang disetujui di akun WhatsApp API Business Anda untuk mencoba gunanya.

Trending:   SSSTiktok : Download Video Tanpa Watermark, MP3, Mp4, Audio Online Gratis

Anda pula dapat memakai endpoint messages untuk mengirim pesan pengetesan. Awal, cek status no telepon yang Anda maanfaatkan untuk pengetesan. Esok, Anda butuh mengirim pesan dari no telepon percobaan Anda ke akun WhatsApp Anda untuk membenarkan fitur ini berperan dan berperan cocok kemauan. Anda dapat dengan lebih mudah mengirim seluruh tipe pesan dalam durasi 24 jam setelah itu.

Setelah itu kirim pesan bacaan ke no telepon uji. Kala pesan datang, itu sukses diinstal. Bila tidak hingga, cek webhook untuk pemberitahuan yang dapat memberitahu Anda tentang permasalahan dan perkaranya.

Cara Mendapatkan WhatsApp Business API di Indonesia dengan Mudah?

Ingin ketahui cara lain yang lebih mudah dibandingkan seluruh langkah- langkah memakai WhatsApp Business API tersebut? Anda dapat bertamu PT. Tap Talk Teknologi untuk mendapatkan akun WhatsApp Business API. Sebab PT. Tap Talk Teknologi merupakan fasilitator layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia.

Trending:   Download Dazz Cam APK iPhone for Android Mod Versi Terbaru 2022

Tahap termudah dan tercepat yang dapat digunakan untuk menghasilkan WhatsApp Business API sebagai kaki tangan andal bisnis pemasaran merupakan dengan memakai Onetalk Messaging Platform. Platform ini akan membantu pengguna sebagai pengusaha bisnis dalam banyak perihal, tidak hanya untuk menggolkan sasaran pemasaran, pengguna dapat mengirit pos pengeluaran untuk pangkal energi orang yang berfungsi sebagai customer service, dan tugas- tugas administratif lain sebab paduan kedua perangkat lunak ini akan mengambil alih banyak kewajiban yang lazim dicoba oleh pangkal energi orang.

Akhirnya, kedua kombinasi perangkat lunak ini akan efisiensi megah pada sisi pengguna. Jadi, yang mau lekas menaiki pucuk pemasaran teratas dengan menangkap customer dengan mudah, pengguna dapat lekas mengadopsi perangkat lunak masa digital ini sebagai satu tahap pas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.